25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui Umat Islam

0
207
25 nabi dan rasul

Sebagai umat Islam selain mempercayai bahwa Allah itu Esa dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah. Kita juga perlu meyakini bahwa ada Nabi dan Rasul yang mana terdapat 25 Nabi dan Rasul yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an.

Meyakini adanya Nabi dan Rasul adalah salah satu rukun Iman. Kembali mengingatkan tentang apa saja rukun Iman. Jumlahnya ada 6 yang terdiri dari,

A. Iman Kepada Allah,
B. Iman Kepada Malaikat,
C. Iman Kepada Kitab,
D. Iman Kepada Nabi,
E. Iman Kepada Hari Akhir,
F. Iman Kepada Qadha dan Qadhar.

Artinya ketika seseorang mengakui keesaan Allah dan kenabian Nabi Muhammad SAW tetapi tidak mengakui Nabi-nabi yang lain yang mana terdapat di dalam Al-Qur’an maka ia tidak tergolong orang yang beriman.

Selama ini yang diajarkan kepada kita adalah bahwa jumlah Nabi dan Rasul ada sebanyak 25. Padahal jumlah sebenarnya jauh lebih banyak dari itu.

Berdasarkan hadist sahih riwayat At-Turmuzy dijelaskan bahwa jumlah sebenarnya Nabi yang pernah ada di muka bumi ini adalah sebanyak 124 ribu. Adapun Rasul yang diutus adalah sebanyak 312 orang.

Lantas mengapa sering disebutkan bahwa jumlah Nabi dan Rasul sebanyak 25? Karena memang hanya ada 25 nama Nabi dan Rasul yang disebutkan di dalam Al-Qur’an.

25 Nabi dan Rasul
sumber: pexels

Perbedaan Nabi dan Rasul

Lantas apa bedanya Nabi dan Rasul? Nabi adalah orang yang menerima wahyu dari Allah yang diperuntukkan untuk dirinya sendiri. Bila diambil dari maknanya, Nabi diambil dari kata Naba yang artinya secara lughawi adalah, “dari tempat yang tinggi”.

Bila diartikan secara harfiah maka maknanya adalah “orang yang ditinggikan oleh Allah”. Yap ditinggikan derajatnya.

Adapun Rasul diambil dari kata “Risala” yang memiliki arti yaitu “penyampaian”. Sebagaimana artinya, Rasul menerima wahyu dari Allah dan diwajibkan untuk menyampaikan pesan wahyu tersebut kepada umatnya.

Jadi bisa dikatakan Nabi belum tentu Rasul tetapi Rasul sudah pasti Nabi. Sehingga wajar bila jumlah Rasul lebih sedikit dibandingkan Nabi.

Nabi yang pertama kali diangkat adalah Nabi Adam AS sedangkan Rasul pertama adalah Nabi Nuh A.S.

Baca Juga: Doa Nabi Adam (Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan)

25 Nabi dan Rasul
sumber: unsplash

25 Nama Nabi dan Rasul

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sebenarnya jumlah Nabi ada ribuan dan Rasul ada ratusan. Tetapi yang disampaikan kisahnya di dalam Al-Qur’an ada 25 dan berikut nama-namanya:

1Adam
2Idris
3Nuh
4Hud
5Shaleh
6Ibrahim
7Luth
8Ismail
9Ishaq
10Yaqub
11Yusuf
12Ayub
13Syuaib
14Musa
15Harun
16Dzulkifli
17Daud
18Sulaiman
19Ilyas
20Ilyasa
21Yunus
22Zakaria
23Yahya
24Isa
25Muhammad SAW
Tabel urutan Nama Nabi dan Rasul

Tabel di atas merupakan urutan Nabi dan Rasul yang berjumlah 25. Disarankan untuk kamu menghafalnya dan memaknai kisah-kisah para Nabi tersebut.

Nabi Adam AS adalah nabi pertama yang diutus ke muka bumi dan Nabi Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus untuk seluruh umat manusia.

Baca Juga: Maulid Nabi beserta Hukumnya

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 40:

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَٰكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Artinya:

Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Kemudian hadist Nabi SAW yang mana Nabi Muhammad SAW bersabda,

Rantai Kerasulan dan Kenabian telah sampai pada akhirnya. Tidak akan ada lagi rasul dan nabi sesudahku“. (Tirmidzi, Kitab-ur-Rouya, Bab Zahab-un-Nubuwwa; Musnad Ahmad; Marwiyat-Anas bin Malik).  

Baca Juga: Sholawat Nabi Muhammad SAW

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang 25 Nabi dan Rasul yang perlu kamu ketahui karena mengetahui dan meyakini adanya mereka adalah bagian dari rukun iman.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.