Inilah 3 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan dari Sekarang!

0
485
Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan

Mencatat keuangan itu penting gak sih?

Banyak diantara kita yang memperlakukan uang sekedar punya dan pakai apalagi diera teknologi sekarang yang semakin mudah kita keluar uang. Pernahkah kita berpikir untuk mencatat penggunaan uang kita atau darimana uang kita berasal? Kelemahan kebanyakan orang adalah saat ia tidak mencatat pemasukan dan pengeluarannya. 


Padahal pencatatan itu penting loh. Allah SWT berfirman, Q.S. Al-Baqarah : 282 yang intinya memberikan perintah untuk melakukan pencatatan dalam bermuamalah.  

Dari dalil saja sudah tegas bahwa mencatat itu penting.

Nah, sekarang mengapa sih melakukan pencatatan keuangan itu penting?

Setidaknya ada 3 alasan, yaitu :

1. Mengetahui kondisi keuanganmu saat ini.

Ketika kamu melakukan pencatatan kamu akan mengetahui berapa uang yang masuk dan berapa uang yang kamu harus keluarkan. Sehingga kamu akan tahu kondisi keuanganmu saat ini, apakah defisit atau surplus.

2. Mengetahui efisiensi penggunaan uang.

Sering merasa boros? Sering merasa uang tiba-tiba tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, padahal kamu sedang butuh banget uang? Mungkin itu karena kamu tidak efisien dalam menggunakan uang. Artinya pengalokasian uangmu tidak diarahkan pada kadar yang tepat. Bisa jadi kamu kelebihan dalam menganggarkan sesuatu. Makanya, catat keuanganmu

3. Menjadi lebih bijak.

Mau sedekah gak punya uang? Mungkin itu karena kamu tidak menyisihkan uangmu untuk itu. Mulai catat keuanganmu dan catat pengalokasian uang untuk sedekah. Itu akan membuatmu lebih bijak karena uangnya tidak kamu pakai sendiri.  Ingat loh didalam harta kita ada hak orang lain.

Baca Juga : 3 Alasan Perlunya Memisahkan Uang Pribadi dengan Bisnis


Nah, Itulah alasan pentingnya melakukan pencatatan keuangan, sudahkah kamu melakukannya?

Untuk kamu yang punya target terkait keuangan ditahun ini, yuk mulai catat keuanganmu supaya kamu bisa tau progress kamu!

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini bila kamu merasa mendapatkan manfaatnya.


Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here