3 Alasan Perlunya Memisahkan Uang Pribadi dengan Bisnis

0
842
3 Alasan Perlunya Memisahkan Uang Pribadi dengan Uang Bisnis

“Bisnis online ku padahal sudah lancar. Pembelinya banyak, tapi kok uangku tidak bertambah ya? Kamu pernah mengalami hal tersebut?”

Pernah merasakan hal tersebut? Hati-hati, bisa jadi itu dikarenakan kamu mencampur uang pribadimu dengan uang bisnismu. Ada banyak kejadian dimana Uang tidak kunjung bertambah dikarenakan kebanyakan orang yang sedang memulai bisnis dan lagi kenceng-kencengnya penjualan tapi lupa memisahkan uang pribadi dengan uang bisnisnya.

Alhasil pas mau berbelanja atau memenuhi kebutuhan pribadinya malah uang bisnisnya yang kepakai, padahal itu seharusnya digunakan untuk memutarkan kembali modalnya. Sayang kan? kamu jadi tidak bisa berjualan lagi

Setidaknya ada 3 alasan kenapa kamu perlu memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis

Lebih Profesional

Memisahkan keuangan pribadi dengan uang bisnis akan membuat kamu lebih profesional. Hal ini dikarenakan ketika terjadi transaksi kamu akan mengatasnamakan akun rekeningmu dengan nama bisnismu sehingga konsumen akan lebih percaya dengan bisnsmu. Misal, kamu punya bisnis toko baju muslim.

Maka, kamu bisa menamakan rekening untuk bisnismu dengan nama PT. Baju Muslim atau sejenisnya. Ini akan membuat orang lebih trust ,dibandingkan kamu memberikan nomor rekening atas nama pribadimu.

Bisa lebih berhemat

Bisa bayangkan kalau uang bisnismu kecampur dengan uang pribadi. Seakan-akan uangmu ada banyak sehingga kamu bisa gunakan untuk konsumsi terus-menerus. Pada akhirnya kamu akan kelimpungan karena uang bisnismu habis untuk konsumsi.

Kalau kamu memisahkan antara uang pribadi dengan bisnis maka kamu akan bisa lebih terhitung untuk konsumsi. Gampangnya, kalau kamu punya uang pribadi simpan di satu nomor rekening sedangkan untuk uang bisnis kamu simpan di nomor rekening yang lain. nah, ketika kamu ingin berbelanja maka kamu bawa saja atm yang berisikan nomor rekening pribadimu.

Atm yang berisikan nomor rekening bisnismu tinggalkan saja di rumah. Saran, jangan dibawa berbarengan antara atm pribadi dengan atm bisnis. Karena dikhawatirkan ketika kamu ingin berbelanja dan uang pribadimu tak cukup maka kamu akan tergoda untuk menggunakan uang bisnismu.

Untuk menghitung pajak

Kalau kamu campurkan uang pribadi dengan uang bisnis maka jumlahnya akan besar, ini akan mempengaruhi perhitungan pajakmu yang juga akan besar Nah, untuk membantu keuanganmu, kamu bisa mencoba aplikasi teman bisnis.

Aplikasi ini sangat membantu banget buat mencatat keuanganmu. Kamu bisa mencatat mulai dari arus kas, penjualan, hutang-piutang dan semua pencatatan yang terkait dengan bisnismu.

So, selamat mencoba ya.


Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.