3 Langkah Sederhana Merencanakan Keuangan Secara Islami

0
385
3 langkah sederhana merencanakan keuangan secara islami

Islam adalah agama yang mengatur segala macam urusan. Mulai dari hal kecil seperti masuk keluar kamar mandi sampai hal-hal yang besar seperti politik, ekonomi dan budaya. Termasuk diantaranya masalah keuangan.

Salah satunya terkait dengan perencaan keuangan. Dalam hal perencanaan Allah sudah menegaskan dalam firmannya Q.S. Al-Hasyr ayat 18 yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

Lalu, bagaimana cara Islam mengatur masalah perencanaan keuangan? Inilah 3 langkah sederhana merencanakan keuangan secara islami.

1. Pastikan kamu memprioritaskan hal yang wajib dulu (bayar hutang, zakat, nazar dsb).

Ingat loh, jangan sampai kamu lupa untuk membayar yang wajib. Urusannya repot nanti di akhirat. Nabi SAW sudah menegaskan terkait hutang dalam sabdanya, “Demi yang jiwaku ada ditanganNya, seandainya seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian dihidupkan lagi, lalu dia terbunuh lagi dua kali, dan dia masih punya hutang, maka dia tidak akan masuk surga sampai hutangnya itu dilunasi.

2. Pastikan uang kamu semuanya berasal dari sumber yang halal.

Akibatnya fatal kalau uangmu berasal dari yang haram. Doa bisa tidak dikabulkan, rezeki jadi makin seret, masalah akan datang terus silih berganti. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:”Tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari (makanan) yang haram (dan) neraka lebih layak baginya” (HR. Ahmad 3/321, ad-Darimi no.2776 dan al-Hakim 4/468, dishahihkan oleh al-Hakim, disepakati oleh adz-Dzahabi dan al-Albani dalam Ash-Shahihah 6/108).

Ingat juga firman Allah di Q.S. Al-Baqarah : 168, “Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”.
Mau jadi temannya Syaithan? Aku sih tidak hehe

3. Jangan lupa sisihkan untuk sedekah.

Konsumsi boleh-boleh aja tapi sedekah juga penting karena kamu tidak hidup sendiri. Uang kamu harus bisa dimanfaatkan untuk orang lain yang lebih membutuhkan. Ingat loh sedekah tidak akan bikin kamu miskin kok. Bahkan ia akan mengayakan dirimu. Karena harta yang kamu sedekahkan akan dilipatgandakan minimal 700 kali lipat. (baca juga : rezeki bertambah dengan infaq)

Nah, itulah 3 langkahnya, sederhana bukan? 
Siapkan keuanganmu dari sekarang sebelum menyesal kemudian!


Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Ekonomi Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here