3 Tantangan dalam Bisnis dan Cara Mengatasinya

0
1929
3 tantangan bisnis dan cara mengatasinya

Setiap akitivitas dalam hidup manusia pasti menemukan tantangan yang kadang diduga dan kadang tak diduga. Termasuk ketika berbisnis. Beberapa tantangan ketika berbisnis antara lain :

  • Tidak tahu ingin jual produk apa
  • Sudah mulai berbisnis tapi tak kunjung laku dan terus mencari cara gimana supaya bisa pecah telor
  • Sudah pecah telor tapi stagnan

Nah untuk menjawab tantangan tersebut, inilah cara untuk mengatasinya.

Lakukanlanlah Riset

Buat kamu yang bingung mau jualan produk apa yang sekiranya laku di pasar, kamu bisa mencoba melakukan riset. Sederhana kok risetnya, kamu tinggal kunjungi website marketplace seperti tokopedia dan bukalapak. Di Tokopedia ada bagian Hotlist yang menampilkan produk-produk yang sedang hot.

Di Bukalapak kamu akan menemukan bagian pencarian populer atau kamu bisa gunakan website keywordtool.io dan kamu tinggal menuliskan keyword. Setelah itu, akan muncul jumlah pencarian serta trendnya. Misal kamu tulis “jual” kemudian paling atas kata “Jual Mixer” paling banyak jumlah pencarian dan trendnya sedang naik. Artinya Mixer adalah produk yang sedang laris saat itu.

Optimasi Sosial Media

Buat kamu yang sudah berbisnis tapi masih belum pecah telor alias belum sama sekali dapetin pelanggan. Kamu bisa memulai dengan mengoptimasi salah satu media sosial yang kamu gunakan untuk berjualan. Instagram menjadi sosmed yang sangat disarankan menjadi media kamu untuk berjualan.

Kamu bisa memulai dengan menampilkan foto yang menarik,  mengisi deskripsi bio yang bikin orang tertarik, rutin mengupload foto produk paling tidak sampai sejumlah 150 foto. Tujuannya agar calon pembeli betah di akun jualanmu.

Jangan lupa untuk melampirkan hastag di setiap postinganmu agar ketika orang ingin mencari produk maka produkmu yang akan muncul. Semisal, kalau orang ingin mencari produk sepatu, maka kamu harus melampirkan hastag #jualsepatu di postinganmu. Standar hastag adalah sekitar 10-20.

Paid Promote

Kamu bisa meningkatkan penjualanmu dengan paid promote. Ada opsi paid promote yang bisa kamu gunakan yaitu FB ads dan IG ads. Pilihlah salah satu dan pelajari. Karena untuk iklan kamu perlu mengeluarkan uang. Jangan sampai uangmu sia-sia karena kamu tidak belajar terlebih dahulu.

Paid Promote cukup efektif meningkatkan penjualan karena jangkauannya yang luas. Selain itu kamu bisa menggunakan influencer untuk meng-endorse produkmu. Dalam hal ini, kamu harus tepat untuk influencer.

Misal, kamu ingin menjual produk hijab, maka kamu bisa meminta endorse ke Ria Ricis atau Adinda Meira. Kalau kamu jual produk pria, maka kamu bisa meminta endorse ke Atta Halilintar atau Alfy Saga. Gampang kan? Silahkan praktik ya.


Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.