Affiliate Marketing: Panduan Lengkap dan Tips Sukses Menjalankannya

0
1363
affiliate marketing

Istilah affiliate marketing tentunya sudah tidak asing lagi bagi mereka para pelaku bisnis online maupun internet marketer.

Ini merupakan salah satu strategi bisnis online yang memiliki banyak keuntungan. Ia tidak memerlukan modal karena kamu tidak mesti memiliki produknya. Memasarkannya pun mudah karena marketing kit-nya sudah disiapkan oleh pemilik produk.

Tokoh affiliate marketer di Indonesia yang terkenal sudah cukup banyak, diantaranya: Dewa Eka Prayoga, Andre Andropia, Albert Leonardo dan masih banyak lagi.

Ada juga yang menyebutkan bahwa affiliate marketing adalah bisnis sebar link. Karena memang bisnis ini bisa dilakukan semudah menyebarkan link.

Lalu, bagaimana bisa menjalankan affiliate marketing dengan baik dan menghasilkan?

Kali ini, kita akan bahas terkait panduan melakukan affiliate marketing. Simak dengan baik ya!

Baca Juga: Digital Marketing dan Industri Halal beserta Contohnya

Affiliate Marketing
sumber: unsplash.com

Apa itu Affiliate Marketing ?

Affiliate marketing adalah sistem pemasaran dimana seorang affiliate marketer membantu menjual produk orang lain.

Ketika terjadi sebuah penjualan dari produk tersebut maka affiliate marketer akan mendapatkan komisi.

Bagaimana cara tahunya?

Setiap affiliate marketer akan mendapatkan link produk yang bisa ia sebar. Di dalam link produk tersebut sudah tercantum referensi atas nama si affiliate marketer

Misal: Niko adalah seorang affililate marketer. Ia ingin menjual produk berupa kursus online investasi syariah. Dia mendaftarkan diri sebagai seorang affiliate marketer. Di sana tertulis bahwa komisi affiliate adalah Rp50.000

Setelah itu ia akan mendapatkan link yang telah tertanam namanya. Ketika ia menyebarkan link tersebut dan terjadi pembelian melalui link tersebut maka Niko akan mendapatkan komisi sebesar Rp50.000. Menarik, bukan?

Mindset yang harus dimiliki seorang affiliate marketing

Andrie Andropia seorang affiliate marketer menjelaskan salah satu mindset yang harus dimiliki oleh seseorang yang menjalankan affiliate marketing adalah menjadi bos bagi bisnis sendiri.

Meskipun kamu menjual produk orang lain, tetapi bersikaplah bahwa itu adalah bisnis yang sedang kamu jalankan. Strategi bisnis termasuk cara pemasaran adalah kamu yang menentukan.

Kamu bisa melihat respon pasar yang terjadi saat kamu memasarkan produk affiliate-mu.

Baca Juga: Mau Penghasilan Tambahan? Ikuti 7 Cara Ini!

Affiliate Marketing
sumber: google.com

Tools yang harus dimiliki dalam affiliate marketing

Ada tools yang harus kamu miliki ketika kamu ingin dengan maksimal menjalankan affiliate marketing.

Pertama, kamu harus memiliki laptop atau PC. Bisakah menggunakan HP? Bisa, tetapi tidak disarankan karena kamu akan merasa tidak nyaman ketika menggunakan HP. Untuk bisnis tipe ini sangat disarankan menggunakan laptop atau PC.

Kedua, kamu perlu memiliki blog. Kebanyakan produk dalam affiliate marketing adalah berupa produk digital. Karena bentuknya adalah produk digital maka diperlukan edukasi yang intens. Edukasi tersebut dapat dilakukan ketika kamu memiliki blog.

Ketiga, internet marketer theme. Yaitu tema untuk blog kamu. Ini akan membantu kamu membuat review atas produk digital yang menjadi produk affiliate kamu.

Keempat, autoresponder. Ini adalah sistem yang akan menggaet banyak database. Dengan database ini kamu akan dengan mudah memasarkan produk affiliate-mu dengan strategi email marketing sehingga penjualan produkmu menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Tips Menjadi Pengusaha Sukses ala Bob Sadino

Langkah-langkah dan Tips Sukses menjalankan bisnis affiliate

Pertama, daftarkan dirimu ke platform atau website yang merupakan tempat atau marketplace produk affiliate. Di Indonesia ada dua perusahaan affiliate yang terkenal dan menjadi tempat para affiliate marketer menjual produknya yaitu IDAFF dan Ratakan.

Mendaftara pada kedua website tersebut terbilang mudah. Kamu cukup daftar dengan mengisi data diri bahkan kamu bisa daftar melalui akun google atau facebook. Setelah itu kamu daftarkan diri pada produk yang ingin kamu jadikan produk affiliate-mu.

Kedua, membuat blog bisnis affiliate. Ingat bahwa fungsi blog adalah untuk mengedukasi calon pembeli produk affiliatemu. Karena produk affiliate mayoritas adalah produk digital sehingga edukasi menjadi penting.

Dengan blog juga membuat calon konsumen menjadi lebih trust kepadamu dan akan membuat penjualan produk affiliate-mu meningkat.

Ketiga, membuat sistem autoresponder. Ini akan membantu kamu untuk melakukan follow up kepada calon konsumenmu dapat berjalan otomatis sehingga kamu akan lebih efisien menjalankan bisnis affiliate.

Keempat, membuat lead magnet landing page. Ini akan membantu kamu mengumpulkan database untuk nama dan email calon pembeli kamu.

Dengan memiliki nama dan email mereka kamu akan dengan mudah mempromosikan produkmu dengan strategi email marketing.

Kelima, promosi terus menerus. Ini adalah langkah yang harus kamu lakukan secara masif. Kamu bisa melakukan promosi secara terus menerus melalui berbagai lini seperti instagram, facebook, youtube dan sebagainya. Baik secara organik maupun melalui ads.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang affiliate marketing beserta panduan dan tips sukses menjalankan bisnis affiliate.

Semoga dengan penjelasan ini dapat menambah wawasan kamu dalam dunia bisnis dan memberikan semangat untukmu agar lebih maksimal menjalankan bisnis.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.