Bank Mandiri Syariah

Rendahnya market share yang dimiliki perbankan syariah seharusnya membuat umatn Islam sadar akan pentingnya memiliki akun di suatu Bank Syariah salah satunya Bank Mandiri Syariah.

Bank Mandiri Syariah adalah bank yang didirikan pada tahun 1999 setelah sebelumnya pada tahun 1955 dinamakan sebagai Bank Industri Nasional.

Bank yang akrab disebut Bank Syariah Mandiri (BSM) memiliki beberapa produk keuangan yang dapat menjadi daya tarik nasabah. Tentunya produk tersebut sesuai dengan syariat Islam.

Lalu, apa saja produk keungan yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri Syariah?

Ada beberapa produk keuangan Bank Mandiri Syariah diantaranya adalah Tabungan, Giro, Deposito, Pembiayaan, Investasi dan Haji & Umroh. Mari bahas satu per satu.

Baca Juga: Produk Keuangan BNI Syariah dan Cara Membuat Akun

Bank Mandiri Syariah

Tabungan

Produk ini adalah yang umum dimiliki oleh setiap Bank. Untuk Bank Mandiri Syariah ia memiliki jenis tabungan diantaranya:

1. Tabungan Mudharabah

Tabungan dalam mata uang rupiah yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat selama jam kas dibuka di konter BSM atau melalui ATM. Akad yang digunakan adalah bagi hasil atau mudharabah.

2. Tabungan Simpel IB

Simpanan Pelajar iB (Simpel iB) adalah tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank syariah di Indonesia dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

3. Tabungan Berencana

Tabungan berjangka untuk berbagai rencanamu dengan jumlah setoran bulanan tetap (installment) dan dilengkapi perlindungan asuransi secara gratis.

4. Tabungan Wadiah

Tabungan yang didasarkan pada prinsip Wadiah Yad Dhamanah dimana penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat selama jam kas dibuka di konter Mandiri Syariah.

5. Tabungan Investa Cendekia

Tabungan berjangka untuk keperluan dana pendidikan dengan jumlah setoran bulanan tetap dan dilengkapi perlindungan asuransi.

6. Tabungan Pensiun

Tabungan yang diperuntukkan bagi Nasabah perorangan yang terdaftar di Lembaga Pengelola Pensiun yang telah bekerjasama dengan Bank

7. Tabunganku

Tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

8. Tabungan Dollar

Simpanan dalam mata uang dollar (USD) yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat atau sesuai ketentuan Bank Syariah Mandiri.

Baca Juga: Inilah Cara Menabung yang Gurih dan Menghasilkan

Giro

Untuk produk keuangan Giro, Bank Mandiri Syariah memiliki BSM Giro yaitu sarana penyimpanan dana dalam mata uang Rupiah untuk kemudahan transaksi dengan pengelolaan berdasarkan prinsip wadiah yad dhamanah. Setoran awal untuk memiliki produk keuangan giro adalah 500 ribu untuk perorangan dan 1 juta untuk non perorangan. Biaya administrasinya untuk perorangan adalah 15 ribu (tanpa atm) dan 17 ribu (dengan atm) kalau untuk non perorangan/perusahaan adalah 25 ribu.

Deposito

Pada produk keuangan deposito, Bank Mandiri Syariah memiliki BSM Deposito. BSM Deposito adalah investasi berjangka waktu tertentu dalam mata uang rupiah yang dikelola berdasarkan prinsip  Mudharabah Muthlaqah.

Jangka waktu untuk produk keuangan ini adalah 1,3,6, dan 12 bulan.

Setoran awal untuk produk ini adalah sebesar Rp2 juta.

Bank Mandiri Syariah

Pembiayaan Konsumen

Untuk jenis produk pembiayaan, Bank Mandiri Syariah memiliki beberapa jenis pembiayaan diantaranya:

1. Pembiayaan Implan

Pembiayaan Implan adalah pembiayaan konsumen yang diberikan oleh bank kepada karyawan tetap Perusahaan yang pengajuannya dilakukan secara massal (kelompok).

Produk ini dapat memenuhi kebutuhan pembiayaan bagi para karyawan perusahaan, misalnya dalam hal perusahaan tersebut tidak memiliki koperasi karyawan, koperasi karyawan belum berpengalaman dalam kegiatan simpan pinjam, atau perusahaan dengan jumlah karyawan terbatas.

2. Pembiayaan Kepada Pensiunan

Pembiayaan kepada Pensiunan adalah fasilitas pembiayaan yang termasuk didalamnya pembiayaan multiguna kepada para pensuinan, dengan pembayaran angsuran dilakukan melalui pemotongan uang pensiun langsung yang diterima oleh bank setiap bulan. Adapun Akad yang digunakan adalah akad murabahah atau ijarah.

3. Pembiayaan Griya

Pembiayaan Griya adalah pembiayaan dengan durasi jangka pendek, menengah, atau panjang untuk membiayai pembelian rumah sebagai tempat tinggal, baik dalam kondisi baru maupun bekas, di lingkungan developer dengan sistem murabahah.

4. Pembiayaan Kendaraan Bermotor

BSM Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor dengan sistem murabahah.

Baca Juga: Pengertian Pembiayaan Syariah dan Contohnya

Investasi

Selain sebagai media untuk tabungan dan pembiayaan. Bank Mandiri Syariah juga mengakomodir kebutuhan investasi para nasabah. Beberapa produk keuangan untuk investasi yang dimiliki BSM diantaranya Reksadana, Sukuk Negara Retail, Pasar Perdana, Pasar Sekunder, Sukuk Tabungan dan Emas.

Baca Juga: Panduan Lengkap Investasi 2019

Bank Mandiri Syariah

Haji dan Umroh

Untuk kamu atau orang tuamu yang ingin berhaji atau umroh, BSM juga menyediakan produk keuangan yang memudahkan para nasabah yang memiliki niat untuk umroh atau haji.

Produk tersebut bernama pembiayaan mikro umrah. Produk ini menggunakan skema ijarah dengan limit pembiayaan mencapai Rp50 juta dengan jangka waktu selama 3 tahun.

Baca Juga: Panduan Lengkap Tabungan Haji

Cara Membuka Akun

Sebagaimana membuka akun rekening tabungan di bank lainnya, ketika kamu ingin membuka rekening di Bank Mandiri Syariah kamu lampirkan KTP dan NPWP (Opsional).

Kamu juga akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening dan menadatangani persetujuan untuk membuka rekening. Tunggu beberapa saat dan rekeningmu siap untuk digunakan. Mudah, kan?

Kesimpulan

Itulah berbagai macam jenis produk keuangan yang dimiliki Bank Mandiri Syariah. Kamu yang hendak membuka rekening di Bank Syariah bisa memilih bank ini sebagai tempat kamu menabung. Baca baik-baik produk keuangannya dan mulailah datangi bank tersebut di cabang terdekat di daerahmu.

Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Ekonomi Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here