Barakallah Fii Umrik : Bagaimana Ucapan Ulang Tahun yang Islami?

0
46327
barakallah fii umrik

Setiap manusia pasti memiliki momen bahagia dalam hidupnya. Salah satu momen yang akan selalu diingat setiap tahunnya adalah momen ulang tahun.

Mungkin kamu ingat, semenjak kecil ketika dirimu atau rekanmu ada yang ulang tahun biasanya akan ada pesta yang mengirinya. MCD dan KFC biasanya menjadi langganan beberapa acara ulang tahun.

Sebagai sebuah hari peringatan seperti halnya peringatan maulid nabi, isra mir’aj dan lainnya. Momen menuju tanggal ulang tahun terbesut menjadi momen yang seringkali ditunggu kedatangannya.

Momen ulang tahun juga menjadi media untuk mengintrospeksi diri dalam menjalankan hidup di dunia. Merenungkan, “apa saja yang sudah diperbuat selama ini, adakah kebaikan di dalamnya atau malah lebih banyak keburukan?”

Perenungan ini penting, agar kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi ke depannya dan mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Sebagaimana firman Allah SWT,

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Hasyr [59]: 18).

Nah, kembali pada topik ulang tahun. Kira-kira ketika dirimu ulang tahun ataupun temanmu ulang tahun. Ucapan apa yang paling sering didengar?

“Selamat Ulang Tahun”

“Happy Birthday”

Setidaknya dua kalimat ini yang seringkali diucapkan untuk mengapresiasi orang yang ulang tahun. Tapi, tahukah kamu bahwa dalam Islam ada juga ucapan yang baik untuk mengapresiasi orang yang berulang tahun.

Ucapan tersebut adalah “barakallah fii umrik

Lalu, apa maksud dari kalimat tersebut? yuk kita bahas.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Taqy Malik yang Menginspirasi

Barakallah fii umrik
Sumber: unsplash.com

Makna Kalimat Barakallah fii umrik

Kalau kamu berada di lingkungan Islami seperti di lingkungan anak lembaga dakwah, anak rohis ataupun lainnya. Mungkin kalimat barakallah fii umrik tidak asing.

Makna dari kalimat ini memang sarat dengan value Islam.

Dalam bahasa arab, lafadz dari kalimat tersebut adalah sebagai berikut,

براك الله في عمرك

Terjemahannya adalah “semoga Allah memberkahi umurmu

Kalau ditelisik dari sisi terjemahannya, makna yang disajikan dari kalimat ini adalah agar seseorang yang kala itu berulang tahun diberkahi umurnya.

Karena pada dasarnya, selama hidup di dunia memang yang harusnya dimiliki adalah keberkahan. Tidak akan nikmat sebuah kehidupan bila tidak ada keberkahan di dalamnya.

Baca Juga: Puasa Ayyamul Bidh

Siapa yang Boleh Mengucapkannya?

Kalimat “barakallah fii umrik” dapat diucapkan oleh siapa saja tanpa memandang apapun. Mau tua ataupun muda, berpendidikan ataupun tidak, mereka bisa mengucapkan kalimat ini.

Tentu tetap dengan niat mendoakan agar umur orang yang sedang berulang tahun diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Barakallah fii umrik
sumber: unsplash.com

Tujuan dari Keberkahan Umur

Maksud dari keberkahan umur adalah agar setiap kehidupan yang dilalui sepanjang usianya memiliki nilai-nilai kebaikan. Yang paling penting adalah bahwa ia bisa bermanfaat bagi orang lain.

Sebagaimana hadist Nabi SAW,

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaib-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang Lain.”

Baca Juga: Tanpa Riba, Panduan Beli Kredit Motor Syariah yang Berkah

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang kalimat “barakallah fii umrik” yang perlu kamu ketahui. Jadi, jikalau ada kalimat yang lebih baik untuk diucapkan yang mana kalimat tersebut memiliki value Islami maka sampaikanlah kalimat tersebut.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.