Biaya Umroh Tahun 2020 untuk Persiapan Tahun 2021

0
91
Biaya Umroh

Ada beberapa kendala mengapa pada akhirnya seseorang tidak jadi berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci. Salah satunya biaya umroh yang seringkali tidak cukup di budget.

Sebenarnya mungkin bukan karena tidak cukup, lebih kepada budget yang belum dipersiapkan dengan baik sehingga tahun ke tahun uang untuk umroh tidak kunjung terkumpul.

Bila kamu ingin meniatkan menunaikan ibadah pada waktu tertentu sudah sewajarnya bila kamu mulai eksekusi dari sekarang.

Katakanlah kamu ingin melaksanakan ibadah umroh 2021 maka kamu bisa siapkan anggarannya dari sekarang.

Mustahil? enggak kok bahkan gajimu di bawah UMR-pun kamu tetap bisa berangkat umroh. Jangankan umroh, hajipun juga sebenarnya bisa.

Sebagaimana yang dirasakan oleh seorang Nenek asal Lamongan bernama Salkah. Dilansir dari Detikcom Ia menabung selama 25 tahun untuk bisa berangkat haji.

Tahukah kamu apa pekerjaan Nenek Salkah? Beliau bekerja sebagai pemulung. Konsistensinya untuk menabung dan niat yang sungguh-sungguh untuk umroh memudahkannya untuk akhirnya berangkat ke tanah suci.

Bila seorang Nenek yang berprofesi sebagai pemulung bisa, seharusnya kamu juga bisa.

Baca Juga:

Biaya Umroh
sumber: unsplash

Baca Juga: Umroh (Definisi, Dalil dan Keutamaannya)

Tips Menyiapkan Biaya Umroh

Bila kamu tahu bahwa untuk bisa berangkat adalah kamu harus mulai mempersiapkan keuangannya maka tips ini semoga bisa memudahkanmu dalam proses penyiapannya.

Hitung Berapa Pendapatan dikurang Pengeluaran

Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah hitung berapa surplus yang kamu miliki setiap bulannya. Caranya?

Kamu hitung berapa pendapatanmu saat ini dikurang pengeluaran yang rutin kamu keluarkan. Bila hasilnya nol alias tidak ada surplus maka harap hitung lagi.

Bisa jadi ada pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu kamu keluarkan. Seperti hangout/travelling.

Itu bisa kamu kurangi. Ya mau tidak mau hal tersebut harus kamu korbankan demi terwujudnya impian hadir di kota suci Makkah.

Pilih Paket Umroh yang Sesuai

Setelah kamu menghitung-hitung berapa surplus yang bisa kamu sisihkan setiap bulannya sekarang kamu pilih paket umroh mana yang sesuai.

Sesuai apa? Sesuai dengan kebutuhanmu dan sesuai dengan waktu yang ingin kamu tentukan.

Bila kamu memilih paket umroh dengan nilai Rp20.000.000 dan kamu punya surplus Rp2.000.000 per bulan maka kamu bisa umroh di kurun waktu 10 bulan lagi.

Tapi kalau kamu prefer untuk umroh dalam waktu 20 bulan lagi maka kamu bisa pilih paket umroh Rp40.000.000.

Lagi-lagi sesuaikan juga sama kebutuhanmu ya. Jangan sampai uangmu juga sia-sia karena bisa jadi ada kebutuhan lain yang memang kamu perlukan setelah umroh.

Baca Juga: 5 Pasti Umroh

Konsisten Menabung

Ini yang paling penting, kisah Nenek Saklah yang akhirnya bisa berangkat haji karena ia memiliki konsistensi/istiqomah dalam menabung.

Bila kamu sudah hitung-hitungan dan sudah memilih paket tetapi kamu tidak konsisten menabung maka rencanamu akan sia-sia.

Kamu bisa memilih untuk menabung sendiri di rumah atau menggunakan fasilitas Bank Syariah yang biasanya mereka menghadirkan tabungan umroh.

Biaya Umroh
sumber: umra.id

Jenis – Jenis Biaya Umroh

Ada beberapa jenis biaya umroh yang bisa kamu pilih. Bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan serta budgetmu.

Biaya Hemat (Backpacker)

Ini adalah umroh dengan biaya yang paling hemat. Kamu bisa berangkat ke tanah suci dengan cara backpacker.

Apa maksudnya? Ya artinya kamu berangkat ke sana tanpa menggunakan jasa travel.

Tentunya ini akan menghemat biayamu karena kamu tidak perlu membayar jasa para penyedia layanan berangkat umroh/haji.

Kelemahannya memang bila kamu menggunakan cara ini kamu akan lebih capek, karena semuanya kamu urus sendiri.

Kalau dihitung-hitung menurut pengalaman mereka yang pernah umroh backpacker biaya yang harus kamu siapkan itu berkisar Rp10 juta – Rp15 juta.

Bisa lebih murah kalau kamu bisa cari-cari penginapan yang lebih murah.

Kamu bisa mencari penginapan yang agak jauh dari Masjid Nabawi dan Masjidil Haram karena biasanya itu lebih murah.

Baca Juga: Paket Umroh Lengkap dan Panduannya

Biaya Reguler

Ini adalah biaya yang disarankan bagi mereka yang ingin berpergian umroh saja dengan fasilitas standar tanpa ada embel-embel apapun.

Buat kamu yang memilih biaya ini, maka para layanan jasa/travel umroh dan haji biasanya akan memberikan fasilitas akomodasi berupa hotel bintang 4.

Lokasi hotelnya pun agak jauh dari Masjid Nabawi da Masjidil Haram. Untuk biaya ini kamu cukup merogoh kocek berkisar Rp20 juta – Rp30 juta.

Biaya Premium (High Level)

Bila kamu menginginkan fasilitas umroh yang lebih berkelas maka kamu bisa memilih biaya premium.

Dengan kamu memilih biaya ini maka fasilitas yang kamu akan dapatkan tentunya lebih dari yang reguler.

Perbandingannya bisa dilihat dari akomodasi yang diberikan.

Untuk reguler kamu akan mendapatkan penginapan hotel bintang 4 sedangkan untuk premium kamu akan mendapatkan akomodasi berupa hotel bintang 5.

Untuk biaya ini kamu perlu merogoh kocek lebih mahal yaitu berkisar Rp30 juta hingga Rp40 juta (tergantung agency yang kamu pilih.

Penutup

Itulah penjelasan tentang biaya umroh yang pelru kamu ketahui sebagai langkah awalmu mempersiapkan diri khususnya secara finansial untuk berangkat umroh.

Jangan lupa untuk memantapkan niat dan konsisten untuk menabung agar rencanamu untuk berangkat ke kota suci Makkah dapat segera tercapai.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.