Binomo : Cara Main, Skema dan Fakta Menarik Mengenai Binomo

0
33184
Binomo

Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa ia bisa menghasilkan 1000 USD tanpa harus meninggalkan rumah”

Kamu pasti tidak asing dengan bunyi kalimat di atas. Ya, kalimat ini muncul dari sebuah iklan youtube yang menawarkan produk investasi bernama binomo.

Saking viralnya video tersebut, banyak orang menjadikannya sebagai meme bahkan ada juga yang membuat parodinya.

Tapi yang akan dibahas pada artikel ini bukan pada iklan videonya. Tetapi lebih kepada media investasinya yaitu binomo.

Binomo
sumber: unsplash.com

Apa itu Binomo?

Mari mulai dari pembahasan apa itu binomo.

Binomo adalah broker penyedia platform perdagangan investasi cryptocurrency yang sudah beroperasi sejak tahun 2014. Ini merupakan cabang dari Tiburon Corporation Limited yang berkantor di Seychelles

Cara Main dan Skema

Cara mainnya sebenarnya sederhana. Trader dapat memperoleh keuntungan dari analisa atau spekulasi untuk memilih naik atau turun harga dalam batas waktu tertentu.

Instrumen trading yang disediakan di platform tersebut diantaranya cryptocurrency, Bitcoin, USD/JPY, EUR/USD, IDR dan semisalnya.

Baca Juga: 5 hal yang perlu kamu ketahui sebelum investasi bitcoin

Lalu bagaimana mekanismenya?

Di awal-awal kamu bisa mencobanya dengan akun demo. Ketika di awal mendaftar kamu akan mendapatkan $1000 untuk mencobanya. Dari saldo awal tersebut, kamu bisa gunakan untuk latihan.

Gunanya latihan adalah agar kamu bisa memetakan strategi yang ajib ketika kamu benar-benar melakukan trading dengan akun real. Analisis mendalam bisa kamu lakukan selagi menggunakan akun demo.

Setelah itu kamu bisa gunakan akun real untuk mulai melakukan trading.

Binomo
sumber: google.com

Fakta Menarik Binomo

Ada beberapa fakta menarik terakait dengan media investasi ini.

Baca Juga: Segala Hal tentang Dunia Investasi untuk diketahui oleh Investor Pemula

1. Binomo di Indonesia Ilegal

Di Indonesia, binomo sudah dinyatakan ilegal dan tidak layak beroperasi.  

Pelarangan ini disampaikan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan karena tak memiliki izin usaha sebagai Pialang Berjangka dari Bappebti.

Pelarangan tersebut mengacu pada Pasal 31 ayat (1) UU No 32 Tahun 1997.

2. Dipopulerkan oleh Yosua Putra seorang Musisi

Sebagaimana yang telah disampaikan di awal bahwa eksistensi binomo mulai populer pada agustus 2019 semenjak munculnya iklan youtube.

Model dari iklan tersebut menamakan dirinya sebagai Budi Setiawan dan mengaku sebagai seorang trader profesional.

Perlu kamu ketahui bahwa model dari iklan tersebut bukanlah seorang trader profesional melainkan seorang musisi. Nama aslinya pun adalah Yosua Putra. Syuting tersebut dilaksanakan bukan di Indonesia melainkan di Rusia.

Menurut pengakuan Yosua, ia ke Rusia sebenarnya bukan dengan tujuan membuat iklan tetapi karena ingin mengunjungi pacarnya. Kemudian ia ditawarkan oleh pihak binomo untuk menjadi model iklan. Karena bayaran atasnya terhitung besar maka ia menerima menjadi model iklan tersebut.

3. Diharamkan dalam Islam

Melihat mekanisme dari trading binomo, ada hal yang membuat trading ini dihukumkan haram dalam Islam.

Apakah itu?

Binomo penuh dengan intrik ketidakjelasan alias gharar juga maysir. Kamu diminta untuk mendepositkan uang yang kemudian menjadi mata uang digital dan melakukan spekulasi apakah naik atau turun. Bila tebakanmu benar maka kamu akan mendapatkan tambahan uang.

Dilihat dari mekanisme tersebut maka binomo mengandung perjudian atau maysir. Meskipun kamu dikasih akun demo untuk belajar dan melakukan analisa tetapi tidak ada real business yang terlihat. Hanya pergerakan grafik saja. Lain halnya kalau kamu investasi di saham ataupun sukuk yang mana ada real business-nya.

Baca Juga: Panduan Investasi Saham untuk Pemula

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan terkait dengan binomo. Semoga dengan penjelasan ini kamu bisa hati-hati dalam memilih media investasi. Pilihlah investasi yang menguntungkan juga halal dalam Islam.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.