Bisnis Database

Semakin berkembangnya zaman, banyak trend yang juga ikut berubah. Termasuk didalamnya trend terhadap bisnis. Salah satu bisnis yang sedang trend di era dunia maya ini adalah bisnis database.

Bisnis ini marak dikerjakan karena banyaknya informasi/data yang tersebar di internet. Mereka mengumpulkan informasi/data-data tersebut untuk kemudian digunakan sebagai alat untuk menghasilkan uang.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Cemerlang dan Profitable

Bisnis Database
Sumber: Unsplash.com

Apa itu Bisnis Database?

Bisnis database adalah jenis bisnis yang memanfaatkan data-data yang tersebar di Internet untuk kemudian di monetisasi dengan berbagai macam cara. Data-data tersebut dapat berupa kontak whatsapp, BBM, Email, Line, dan sebagainya.

Contoh perusahaan yang sukses mengkapitalisasi bisnis database ini adalah Facebook. Perusahaan teknologi yang digaungkan oleh Mark Zuckerberg ini berhasil meraup banyak keuntungan dari database yang ia miliki. Cara yang dilakukan adalah dengan memberikan data tersebut sebagai basis iklan yang akan dijalankan oleh para pelaku usaha. Kalau kamu orang yang biasa menggunakan Facebook ads atau Instagram ads pasti tidak asing dengan beberapa pengaturan/setting iklan yang bisa sangat spesifik. Seperti interest seseorang, menggunakan device apa dan sebagainya. Ya, itulah database yang dimiliki facebook yang kemudian mereka kapitalisasi untuk diserahkan kepada para pengiklan.

Perusahaan lainnya yang memanfaatkan database dalam bisnisnya adalah ahrefs. Platform yang berfungsi sebagai media yang membantu para content writer membuat konten yang SEO friendly ini juga menggunakan database dalam bisnisnya. Ia memberikan data berupa volume, data traffic dan data dari web kompetitor.

Bisnis Database Menguntungkan?

Lalu,apakah bisnis ini potensial dan menghasilkan cuan yang menggiurkan?

Setiap bisnis akan menguntungkan selama memiliki target pasar yang jelas.

Bisnis database tentu akan memberikan keuntungan yang signifikan apabila kamu memiliki target pasar yang spesifik.

Misal, kamu memiliki database supplier pakaian muslim. Maka kamu bisa targetkan untuk mereka yang ingin membuka bisnis pakaian muslim. Kalau kamu punya database supplier sepatu maka kamu bisa targetkan penjualan data tersebut kepada mereka yang ingin membuka bisnis sepatu.

Atau kalau kamu punya kemampuan dalam hal data mining maka ini menjadi peluang untuk membuka jasa konsultasi.

Data mining adalah sebuah proses untuk mengambil data yang tidak terstruktur yang tersebar di internet. Data tersebut diolah dan menghasilkan sebuah pola. Dari pola tersebut maka akan diketahui kondisi real seperti apa yang sedang terjadi di lapangan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Contoh, kamu punya kemampuan data mining dan bisa mengambil data dari sebuah instagram dan twitter. Dari instagram dan twitter tersebut kamu bisa lihat bagaimana pola yang terjadi khususnya pada sebuah bisnis yang sedang berjalan. Misal, kamu punya klien yang memiliki usaha jual beli sepatu. Kamu bisa lihat data di twitter dan instagram tentang bagaimana trend sepatu masa kini atau bahkan melihat bagaimana brand sepatu klien dipandang oleh para pembelinya. Tentunya ini dibutuhkan oleh para pebisnis agar bisa memutuskan inovasi yang tepat untuk bisnisnya.

Bisnis Database
Sumber: unsplash.com

Trik Sukses Bisnis Database

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bisnis ini akan berhasil dengan excellent apabila kamu memiliki target pasar yang spesifik. Dengan memiliki target pasar yang spesifik maka database yang kamu miliki pasti menjadi incaran.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan keakuratan terkait data yang kamu punya. Semakin akurat data yang kamu miliki maka semakin mahal nilai jualnya.

Baca Juga: 5 Hal ini Harus Kamu Lakukan Agar Penjualanmu Maksimal

Kesimpulan

Demikianlah serba serbi bisnis database yang perlu kamu ketahui. Mulai dari pengertian, keuntungan hingga trik suksesnya. Semoga informasi ini memberikan tambahan khasanah keilmuan bisnis untukmu dan semakin tertarik untuk memulai bisnis.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here