bisnis kuliner

Kamu yang membaca tulisan ini pasti sedang memikirkan bagaimana caranya memulai bisnis kuliner yang baik dan benar.

Memilih bisnis kuliner sebagai pilihan untuk berbisnis seringkali menjadi pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan karena semua orang pasti butuh makan. Cuma bisnis kuliner menjadi tidak tepat apabila kamu tidak mempersiapkan diri dan tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis kuliner.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis kuliner?

Bisnis Kuliner

Perhatikan Pasar Kamu

Tahap pertama untuk memulai bisnis kuliner adalah dengan memastikan siapa pasarmu. Misal, kalau kamu menyasar orang-orang yang hendak mencari makan siang di waktu jam istirahat, itu artinya kamu perlu membuat kuliner yang terkategori sebagai makanan berat. Seperti nasi lemak, mie ayam, bakso, sate dan sebagainya. Apabila kamu mengincar pasar orang-orang yang sekedar mencari cemilan maka kamu bisa menjual kuliner-kuliner ringan seperti kue basah, lontong, risol, kue kering dan sebagainya.

Kamu juga bisa memperhatikan pasar melalui jenis makanan yang akan kamu hidangkan. Semisal, kalau kamu menjual mie ayam maka pasar untuk jenis makanan ini tergolong luas, artinya kamu harus menghadirkan mie ayam yang unik yang bisa diingat oleh calon pembelimu. Atau kalau kamu menjual makanan khas yang jarang dijual oleh orang-orang maka kamu tidak usah khawatir untuk mencari keunikan dari kulinermu, yang kamu harus perhatikan adalah bahwa tidak semua orang menyukai jenis makanan yang khas. Artinya, kamu juga harus gencar mempromosikan kuliner yang kamu buat.

Persiapan Modal

Tidak seperti bisnis online tanpa modal yang terbukti untung , bisnis kuliner tentunya butuh modal. Kan gak mungkin kamu menyajikan makanan dalam bentuk virtual. Gimana orang mau kenyang? hehe.

Nah, setelah kamu sudah menentukan pasar dan memastikan kuliner mana yang akan kamu eksekusi maka selanjutnya kamu bisa melakukan daftar kebutuhan yang bila diakumulasi maka itulah yang akan menjadi modal usahamu.

Katakanlah, kamu akhirnya memutuskan untuk membuka kuliner nasi goreng. Maka kamu harus mulai menulis daftar modal seperti pembelian bahan baku berupa nasi, bumbu-bumbu dan sebagainya, membeli alat-alat masak hingga membeli gerobak (bila belum ada). Itu semua tentu tidak murah biayanya (kecuali kalaua ada yang dikasih). Maka dari itu kamu harus dengan serius mempersiapkan modal untuk memulai bisnis kuliner.

Cari Supplier yang Tepat

Bisnis kuliner tentunya memerlukan stok bahan baku yang cukup dan berkualitas. Karena bila bahan baku yang kamu sediakan tidak berkualitas, ini akan berakibat vital pada bisnismu.

Nah, untuk memastikan bahwa bahan baku yang kamu beli adalah cukup dan berkualitas maka kamu harus menentukan supplier yang tepat.

Pastikan bahwa supplier itulah yang akan menjadi supplier yang tetap. Apa gunanya?

Gunannya adalah agar cita rasa masakanmu konsisten. Karena kalau kamu ubah-ubah supplier bisa jadi kualitas bahan baku yang diberikan berbeda sehingga rasa kulinermu menjadi tidak konsisten.

Baca Juga: 4 Langkah Menjadi Dropship

Bisnis Kuliner

Cari Siapa yang Masak

Jikalau kamu punya hobi masak dan bisa memasak makanan yang akan kamu sajikan sebagai bisnis kulinermu maka itu menjadi poin plus. Namun, bila kamu belum bisa maka yang bisa kamu lakukan adalah mencari juru masak.

Bila kamu tidak bisa masak, jangan paksakan untuk belajar dulu gimana cara masak. Karena itu akan makan waktu dan bisa membuat pesaing bisnismu makin banyak. Lebih baik kamu cari juru masak yang terpercaya yang mampu membuat cita rasa kulinermu tetap baik bahkan jauh lebih baik.

Lakukan Marketing yang Tepat dan Mumpuni

Langkah terakhir ketika kamu ingin memulai bisnis kuliner adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat dan tentunya mumpuni. Apa maksudnya?

Artinya, produk kamu dapat diketahui banyak orang dan akhirnya melakukan pembelian terhadap produk kulinermu.

Nah, untuk itu dari awal kamu harus sudah menentukan apa keunikan dari kulinermu?

Menciptakan keunikan pada sebuah produk khususnya produk kuliner akan membuat orang lebih tertarik dan bisa saja berpindah ke lain hati alias dulu sudah langganan di sebuah tempat tetapi karena ada keunikan yang sesuai dengan masalahnya dia maka ia berpindah ke kamu. Mungkin saja, bukan?

Kemudian, setelah kamu sudah selesai menentukan keunikan bisnis kulinermu maka selanjutnya kamu harus memanfaatkan berbagai sosial media untuk promosi. Akan lebih baik bila kamu menyediakan website khusus untuk bisnis kulinermu. Karena bagaimanapun website adalah rumah untuk bisnis kulinermu. Kamu bisa memanfaatkan itu sebagai toko onlinemu. Ingat! sosial media bisa jadi berubah trend-nya tapi website tetap akan abadi kecuali bila internet sudah tidak ada.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Website yang Menghasilkan Uang

Kesimpulan

Itulah lima cara untuk memulai bisnis kuliner. Kalau kamu tertarik untuk mencoba bisnis di bidang ini maka kamu bisa mengikuti kelima langkah tersebut.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here