bisnis online

Dunia Startup yang terus berkembang di bumi pertiwi ini meningkatkan hasrat berbisnis generasi milenial. Banyak di antara mereka yang memutuskan ingin membuat startup. Ingin menjadi CEO A, CEO B, CEO C dan sebagainya.  

Terlepas dari keseriusan mereka dalam membuat startup, setidaknya dapat diambil kesimpulan bahwa minat bisnis generasi milenial sangat tinggi.

Tapi apakah tepat untuk membuat startup di awal mula bisnis?

Membangun startup tidak semudah itu. Banyak dari mereka para pembuat startup yang akhirnya gagal membangun startupnya.

Kalau kamu tipe orang yang tidak siap menerima risiko kegagalan sebagaimana yang dirasakan banyak startup. Maka kamu bisa memilih opsi untuk berbisnis yang risikonya sangat kecil? Bisnis apa itu? Ya, bisnis tersebut adalah bisnis online.

Mungkin kamu tidak asing mendengar kata “bisnis online”. Terlebih pasti kamu sering mendengar kisah-kisah kesuksesan orang-orang dengan bisnis online mereka.

Untuk itu artikel ini akan mengupas tuntas tentang bisnis online.

Apa itu Bisnis Online?

Mari mulai dengan menjelaskan tentang bisnis. Secara umum, bisnis adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa oleh individu ataupun institusi kepada pihak yang memerlukan atau biasa disebut konsumen. Tujuan bisnis tidak lain adalah untuk mendapatkan profit.

Hadirnya dunia internet, mengubah arus perdagangan menjadi tak terbatas ruang dan waktu. Biasanya kalau melakukan jual beli harus bertemu langsung, sekarang cukup dengan menggerakan jari di layar gawai. Pilih barang, transfer dan barangpun terkirimkan. Semudah itu kan? Sehingga bisnis saat ini banyak beralih ke media internet. Bisnis online adalah bentuk dari bisnis di era saat ini.

Secara definisi, bisnis online adalah kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen yang dilakukan di dunia maya dengan bantuan internet.

Sederhananya, bisnis online adalah kegiatan yang hanya memindahkan proses jual beli yang awalnya bersarang di suatu tempat yang beralamat jelas dan fisik tokonya terlihat berpindah ke internet yang belum tentu ada toko fisiknya.

Baca Juga: Validasikan Bisnismu dengan MVP

Jenis-Jenis Bisnis Online

Kalau kamu sudah tahu apa itu bisnis online, sudah saatnya kamu menentukan bisnis online apa yang akan kamu pilih. Terlebih memilih bisnis online yang menguntungkan.

Emang bisnis online ada jenisnya ya dan apa saja bisnis online yang menguntungkan ?

Ada dong, kamu bisa memilih jenis bisnis online yang sesuai dengan minatmu dan kamu bisa pilih bisnis online yang menguntungkan untukmu. Apa saja jenis-jenis bisnis online tersebut?

Toko Online/Website

Jenis bisnis online yang satu ini merupakan salah satu bisnis online yang menguntungkan. Bisnis ini memiliki rupa berbentuk website yang berisi berbagai macam fitur untuk belanja sebuah produk. Sebuah toko online biasanya memiliki brandingnya sendiri dalam penamaan websitenya. Misalnya kamu punya toko kue dan nama yang kamu cantumkan sebagai branding  atas toko kuemu adalah rosecake. Maka toko online tersebut akan bernama misal, www.rosecake.id.

Ada beberapa layanan yang menyediakan fasilitas toko online. Salah satunya adalah YukBisnis (YUBI) yang dimiliki oleh Jaya Setiabudi. Ketika kamu ingin membuat toko online maka kamu bisa menggunakan layanan dari YUBI. Kamu bisa mendapatkan pembuatan toko online secara gratis tapi konsekuensinya nama yubi akan masuk ke dalam domain toko onlinemu, seperti www.rosecake.yubi.com. Lain halnya kalau kamu ingin mencoba layanan toko online berbayar, maka kamu bisa menggunakan nama domainmu sendiri tanpa harus ditambahkan yubi di dalamnya.

Bisa tidak kalau tidak pakai layanan seperti YuBi dan sejenisnya?

Sangat bisa, tapi untuk membuat toko online tanpa menggunakan layanan/jasa pembuatan toko online kamu harus merekrut orang yang jago membuat website yang dalam hal ini adalah orang yang sangat paham tentang IT.

Biasanya untuk merekrut orang IT kamu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Terlebih di era sekarang dimana kebutuhan akan IT menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Banyaknya demand terhadap orang IT menjadikan mereka memiliki tarif yang tinggi bila ingin menggunakan jasa mereka. Jadi, kalau kamu memiliki modal yang cukup untuk merekrut orang IT maka kamu bisa coba untuk merekrutnya. Namun, bila uangmu tidak cukup maka kamu bisa menggunakan jasa pembuatan toko online.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Kreatif yang Nyaris Tanpa Modal

Marketplace

Siapa yang tidak mengenal Tokopedia dan Bukalapak?

Dua startup yang sudah berstatus unicorn tersebut memiliki model bisnis yang sama yaitu marketplace. Disebut marketplace karena memang aktivitas perdagangan orang-orang yang memiliki barang untuk dijual terdapat di sana.

Bukalapak yang didirikan oleh Achmad Zaky seorang lulusan ITB kini telah memiliki jutaan umkm yang tergabung di dalam marketplace tersebut. Jumlah transaksi yang terjadi dalam marketplace tersebut juga mencapai ratusan juta rupiah per hari. Tentu ini menjadi sangat potensial bagi mereka pelaku umkm yang ingin go online tanpa perlu repot-repot membuat toko online sendiri.

jenis bisnis online ini juga menjadi jenis bisnis online yang menguntungkan karena memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

Tidak perlu mendatangkan traffic.

Bila kamu membuat toko online/website sendiri maka kamu masih harus membuat website kamu kedatangan banyak pengunjung. Untuk bisa mencapai hal tersebut maka kamu perlu mengetahui teknik-teknik marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), google adwords dan teknik-teknik digital marketing lainnya. Berbeda halnya dengan apabila kamu berjualan di marketplace. Pihak merekalah yang akan berusaha untuk mendatangkan traffic. Terlebih saat ini branding Tokopedia dan Bukalapak sebagai sebuah marketplace bukan hal yang tabu lagi. Sehingga kamu tidak usah khawatir tokomu tidak kedatangan calon pembeli.

Cuma karena banyaknya pesaing yang mungkin juga menjual produk yang sama seperti yang kamu jual maka kamu juga harus mempelajari teknik berjualan di marketplace. Kamu juga bisa menggunakan fitur-fitur yang bisa membuat produkmu berada di page one marketplace tersebut yang tentunya itu berbayar.

Cukup upload produk dan jawab pesan dari calon pembeli.

Dalam marketplace kamu cukup berjualan dengan mengupload produk ditambah deskripsi produkmu. Bila nanti ada yang bertanya-tanya terkait produk yang kamu jual, marketplace tersebut akan membantu memberitahukanmu via email bahwa ada yang memberi pesan ke tokomu. Kalau kamu menggunakan aplikasi marketplace di gawaimu maka notifikasi pesan masuk akan muncul pada aplikasi tersebut sehingga kamu bisa langsung membalasnya saat itu juga.

Pembayaran gimana?

Bisnis online ini juga menguntungkan dari sisi pembayaran. kamu tidak perlu repot-repot memikirkan pembayarannya seperti apa. Pihak marketplace akan mengkoordinir pembayaran yang dilakukan oleh calon pembeli. Ketika pembeli sudah melakukan place order dan pembayaran di marketplace maka kamu tinggal menyiapkan barang yang kamu jual untuk dikirim ke alamat yang dimasukan oleh calon pembeli. Oh ya kamu juga tidak perlu repot-repot untuk menanyakan “mau diantar pakai kurir apa”, karena pada marketplace sudah ada pilihan kurir beserta biaya antarnya.

Akun Sosial Media

Dari semua jenis bisnis online di atas, jenis bisnis online ini yang paling banyak digunakan. Bisa disebut juga bahwa bisnis online ini juga menjadi jenis bisnis online yang menguntungkan. Mengapa? Selain murah, bisnis online dengan hanya menggunakan akun sosial media lebih mudah untuk dikelola. Terlebih sosial media adalah aplikasi yang sering menemani kehidupan kita.

Coba bandingkan antara penggunaan browser dengan sosial media mana yang paling sering digunakan?

Semuanya dengan serentak pasti menjawab sosial media.

Whatsapp, Line, Facebook, Twitter dan Instagram sudah jadi makanan sehari-hari para digital native.

Ketimbang hanya digunakan untuk berinteraksi satu sama lain maka banyak diantara mereka akhirnya memaksimalkan sosial media tersebut sebagai media berjualan.

Tahukah kamu sosial media apa yang palig banyak digunakan untuk berjualan saat ini?

Instagram adalah sosial media yang paling banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan Instagram merupakan sosial media yang menampilkan berbagai foto dan video singkat. Kebutuhan untuk menampilkan foto produk yang dijual membuat Instagram menjadi sosial media paling efektif untuk berjualan.

Saat ini sudah ada ratusan ribu akun-akun jualan yang terdapat di Instagram. Persaingannya juga sangat ketat. Sangat mungkin jenis produk yang kamu jual juga dijual oleh orang lain. Oleh sebab itu kamu juga perlu mempelari teknik-teknik marketing di sosial media. Kamu tidak usah khawatir bila kamu merasa tidak memiliki ilmunya. Materi-materi terkait Instagram marketing sudah tersebar dimana-mana baik online maupun offline. Kamu bisa belajar lewat youtube ataupun kursus yang khusus mempelajari tentang Instagram marketing baik yang free maupun berbayar. Dengan begitu bisnis ini akan menjadi bisnis online yang menguntungkan untuk kamu.

Baca Juga: Mengungkap 5 Kesalahan Terbesar Pebisnis

Cara Bisnis Online

Nah kalau sudah tahu apa itu bisnis online,jenis-jenis bisnis online serta mengetahui bisnis online yang menguntungkan untuk kamu. Saat ini sudah saatnya kamu mengetahui cara bisnis online.

Supaya kamu bisa langsung action inilah cara bisnis online yang perlu diketahui.

Melakukan persiapan

Tahap yang pertama ini merupakan bagian dari cara bisnis online yang paling fundamental. Tanpa adanya persiapan yang matang maka kamu tidak akan pernah bisa memulai bisnis online. Apa saja yang harus kamu persiapkan?

Untuk berbisnis online kamu hanya perlu menyiapkan dua hal yaitu gadget dan internet. Cukup dua itu saja kamu sudah bisa berbisnis online.

Baca Juga: 7 Langkah Persiapan sebagai Rahasia Pemenangan Bisnis

Melakukan riset

Punya dua gadget dan ide bisnis saja tidaklah cukup. Kamu perlu riset pasar produkmu atau kalau kamu belum punya produk maka kamu bisa riset produk apa yang sedang dijual. Cara bisnis online yang satu ini cukup krusial karena akan menentukan perkembangan bisnismu ke depan. Riset paling gampang untuk mengetahui produk apa yang sedang laris adalah melalui marketplace. Di marketplace kamu bisa melihat kategori produk apa yang sedang banyak dicari dan laku.

Riset selanjutnya adalah dengan melakukan riset kata kunci dan kompetitor. Kalau kamu punya produk yang akan dijual maka kamu harus lihat kompetitor yang memiliki produk sejenis dan lihat pasar mereka siapa dengan begitu kamu juga bisa menentukan siapa pasarmu.

Mulai Berjualan

Nah inilah step intinya dari cara bisnis online. Dalam step ini, cara bisnis online yang harus kamu lakukan adalah mulai berjualan. Juallah produk yang memang sesuai dengan apa yang sudah kamu riset. Bila kamu sudah punya produknya maka kamu harus mulai melakukan strategi untuk menyasar pasar dari produk yang akan kamu jual.

Alternatif Bisnis

Nah kalau kamu belum tertarik untuk memulai bisnis atau belum menemukan bisnis online yang menguntungkan maka kamu bisa mencoba alternatif lain yaitu investasi.

Investasi yang paling murah, menguntungkan, dan berkah adalah investasi di P2P lending syariah. P2P lending adalah platform yang menghubungkan adalah pemilik modal atau investor dengan pemilik usaha. Salah satu startup P2P lending syariah di Indonesia adalah Qazwa. Startup ini menghubungkan investor dengan pelaku UMKM yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya.

Investasi di Qazwa bisa kamu mulai dengan merogoh kocek minimal Rp100 ribu. Keuntungan yang bisa kamu dapat dari investasi di Qazwa bisa mencapai 24%.

Jadi kamu bisa memilih investasi di sini bila belum merasa tertarik untuk memulai bisnis.

Baca Juga: Apa itu P2P Syariah?

Kesimpulan

Pada akhirnya bisnis online adalah bisnis yang mudah untuk dilaksanakan karena cukup mempersiapkan gadget dan internet dan ikuti langkah-langkah cara bisnis online maka kamu sudah bisa untuk berjualan.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here