Bisnis Rumahan

Mencoba untuk memulai bisnis rasanya menjadi impian banyak orang. Terlebih bagi mereka yang merasa tidak cukup dengan penghasilan saat ini dan ingin mencari penghasilan tambahan. Banyaknya alternatif bisnis yang bisa dikerjakan membuat seseorang harus memilih bisnis yang tepat untuk membantu menambah pundi-pundi rupiah di kantongnya. Salah satu jenis bisnis yang tepat adalah bisnis yang bisa dikerjakan di rumah atau biasa disebut bisnis rumahan.

Bisnis ini kerap kali dipilih karena kamu tidak perlu menyewa tempat untuk menjalankan bisnis ini. Cukup kerjakan bisnis ini di rumah maka kamu telah bisa menghasilkan dari bisnis rumahanmu itu.

Namun, banyak orang yang belum tahu bisnis rumahan apa saja yang bisa dikerjakan sebagai upaya untuk menambah penghasilan. Nah, pada artikel ini akan dibahas lima jenis bisnis rumahan yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: Bisnis Sampingan yang Ciamik dan Menghasilkan

Bisnis Rumahan

Bisnis Online

Sudah tidak asing rasanya mendengar kalimat “bisnis online”. Bisnis rumahan yang satu ini yang paling banyak digeluti bahkan dari berbagai kalangan. Mulai dari anak sekolahan, orang kantoran sampai ibu rumah tangga.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online juga tergolong minim. Kamu cuma butuh gadget berupa handphone atau laptop dan akses internet. Dengan itu saja kamu sudah bisa memulai bisnis online. Jenis bisnis online yang bisa kamu lakukan ada beberapa macam seperti bangun toko online, reseller, dropship, atau affiliate.

Baca Juga: 6 Inspirasi untuk Cari Duit Online

Waralaba

Bisnis waralaba atau biasa disebut franchise juga bisa menjadi pilihan untuk bisnis rumahan. Enaknya berbisnis dengan sistem waralaba adalah kamu tidak perlu lagi repot-repot urus branding dan tools-tools untuk marketing. Karena dalam sistem bisnis waralaba, kamu hanya membeli “nama atau branding” dari bisnis yang ingin kamu jalankan.

Setelah kamu membeli waralaba yang sudah kamu pilih, tugas kamu tinggal menggencarkan penjualannya saja. Contoh waralaba yang terkenal adalah alfamart dan kebab babarafi. Kamu mungkin merasa bahwa alfamart di beberapa tempat adalah cabang dari pusat. Sebenarnya bukan, karena ia merupakan waralaba dan hak kepemilikan ada pada pihak yang membeli waralaba tersebut. Jadi kalau kamu membeli alfamart untuk dibangun di daerahmu maka kepemilikan alfamart di daerah tersebut adalah milikmu.

Ini bisa disebut bisnis rumahan karena kamu bisa menjalankan bisnis waralaba ini di rumah. Contohnya bisnis kebab babarafi ataupun nyoklat yang bisa kamu jalankan di rumahmu tanpa harus mencari tempat lain untuk jualan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Bisnis Plan Tahun 2019

Bisnis rumahan

Tempat Penitipan Anak/ Baby Day Care

Bisnis rumahan ini tepat kamu lakukan apabila kamu berada di daerah perkotaan. Karena di daerah tersebut, rutinitas pekerjaan sudah menjadi makanan sehari-hari. Ibu-ibu di daerah perkotaan biasanya adalah mereka yang berprofesi sebagai wanita karir. Dengan kesibukan kerja yang demikian, biasanya mereka memilih untuk menitipkan anak mereka kepada baby sitter.

Sayangnya tidak semua ibu-ibu percaya akan baby sitter. Tentunya, mereka akan khawatir apabila baby sitter yang mereka pilih tidak bisa merawat anaknya dengan baik. Dengan demikian, ini menjadi peluang bagi bisnis baby day care.

Menjalankan bisnis ini juga tidak sulit, kamu bisa memanfaatkan rumahmu sebagai tempat penitipan anak-anak tersebut. Kamu bisa menambahkan beberapa mainan yang bisa membuat anak-anak yang dititipkan menjadi betah.

Baca Juga: Semua Tentang Manajemen Risiko

Laundry Kiloan

Banyak orang yang malas untuk mencuci pakaian, apalagi kalau pakaian tersebut sudah bertumpuk. Nah, kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut sebagai peluang untuk membuka bisnis laundry kiloan. Cukup dengan modal sekitar Rp5 juta untuk membeli mesin cuci dan beberapa peralatan lainnya kamu sudah bisa memulai bisnis laundry.

Bisnis rumahan yang satu ini sangat bermanfaat apalagi kalau kamu tinggal di daerah deket kampus yang mayoritas warganya adalah orang pendatang/para mahasiswa yang sudah pasti malas untuk mencuci bajunya sendiri. Hehe.

Bisnis Katering Rumahan

Kalau kamu adalah tipe orang yang memiliki hobi masak, maka kamu bisa mencoba bisnis katering sebagai pilihan bisnis rumahan.

Bisnis katering adalah bisnis yang basisnya adalah makanan. Untuk bisnis ini kamu cukup menyediakan beberapa bahan makanan untuk dimasak. Adapun alat-alat lain untuk memasak bisa kamu gunakan peralatan dapur dirumahmu. Gampang, kan?

Baca Juga: 5 Jenis Usaha yang Masih Jarang Tapi Menguntungkan

Bisnis Rumahan

Bisnis Minuman Thai Tea

Siapa yang tidak mengenal minuman Thai Tea?

Minuman yang satu ini memang sedang populer dan menjadi minuman favorit tahun ini. Sampai-sampai ada beberapa toko minuman dengan berbagai macam nama tapi produk intinya hanya satu yaitu Thai Tea. Diantara toko tersebut adalah Haus, Munim, Mynum, Seger Boss dan banyak lagi. Pada dasarnya minuman inti mereka adalah Thai Tea.

Minuman ini tergolong murah dan kamu sendiri bisa mulai mencobanya sebagai salah satu bisnis rumahan. Kamu bisa mulai membuatnya dan menjual minuman tersebut dari rumahmu. Tawarkan saja ke tetanggamu terutama kepada anak-anak yang biasanya sangat menyukai minuman tersebut.

Kesimpulan

Itulah lima jenis bisnis rumahan yang bisa kamu pilih berdasarkan apa yang kamu suka/passion. Tentunya bisnis rumahan tidak hanya sebatas lima di atas, ada banyak lagi bisnis rumahan yang lain. Tinggal kamu sendiri yang menentukan ingin memilih yang mana.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here