Bisnis Sampingan

Jikalau kamu adalah seorang pekerja yang merasa kurang dengan gaji yang kamu peroleh saat ini. Artinya sudah saatnya kamu mencari penghasilan tambahan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh penghasilan dengan memiliki bisnis sampingan.

Bisnis sampingan adalah bisnis yang bisa kamu kerjakan dengan mudah tanpa meninggalkan pekerjaan utamamu. Misal, kalau kamu masih bekerja di sebuah perusahaan swasta, kamu masih bisa mengerjakan bisnis sampingan ini selepas kamu bekerja. Katakanlah kamu bekerja dari jam 08.00-16.00 WIB. Maka kamu bisa mengerjakan bisnis sampingan ini pada jam 17.00 WIB sampai menjelang tidur. Atau kamu juga bisa menggunakan waktu weekend untuk mengerjakannya.

Tapi, bisnis sampingan apa ya yang cocok untuk dikerjakan?

Pada artikel ini, kamu akan disajikan enam bisnis sampingan yang ciamik yang dapat menambah penghasilanmu. Apa saja bisnis sampingan tersebut?

Bisnis Sampingan

Kerajinan Tangan

Kalau kamu memiliki keahlian dalam merancang sesuatu dari bahan-bahan seperti plastik, botol bekas atau apapun itu menjadi suatu barang yang unik dan berfungsi seperti pot, tas, sepatu dan sebagainya maka bisnis sampingan dengan membuat kerajinan tangan sangat cocok untukmu.

Bisnis ini kerap dilakukan oleh mereka yang dari dulu senang membuat sesuatu dari barang-barang bekas. Umumnya dilakukan oleh kaum hawa. Kamu tinggal siapkan barang-barang bekas yang tidak terpakai dan kreasikan menjadi barang yang punya nilai jual. kemudian kamu bisa jual itu di marketplace atau buat toko online baru khusus menjual kerajinan tangan.

Makelar Properti

Kamu tahu kan betapa tingginya harga properti? Nah, tingkat harga yang tinggi tersebut memiliki potensi keuntungan untukmu.

Loh, gimana caranya?

Kamu tinggal membantu menjadi makelar properti dengan menawarkan properti ke orang-orang yang kamu kenal. Banyak perusahaan properti yang mencari agen untuk menjualkan properti yang mereka miliki. Baik berupa rumah, apartment atau lainnya. Setiap penjualan properti kamu akan mendapatkan keuntungan sekian persen. Biasanya berkisar 5-10% dari harga properti. Mungkin dilihat sekilas dari persentase terbilang kecil tapi harga properti pada umumnya berkisar ratusan juga. Katakanlah kamu berhasil menjual properti seharga 200 juta. Maka 10% dari 200 juta yaitu 20 juta akan menjadi milikmu. Wow, lumayan, kan? Ini bisa menjadi bisnis sampingan untukmu karena untuk menjadi makelar properti kamu tidak dituntut waktu yang fix. Kamu bisa fleksibel untuk menjalankan bisnis sampingan ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap untuk Investasi Properti

Bisnis Sampingan

Makelar Training Program

Setiap perusahaan biasanya menganggarkan sekian ratus juta untuk melakukan upgrading terhadap karyawannya. Hal ini yang dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan yang bergerak di bidang human capital development (HCD) untuk memberikan training kepada perusahaan-perusahaan tersebut. Nah, biasanya perusahaan HCD tersebut memerlukan tangan-tangan para makelar untuk menghubungkan perusahaannya dengan institusi/perusahaan lain yang membutuhkan training.

Biaya proyek untuk training biasanya berkisar ratusan juta. Bila kamu berhasil menghubungkan perusahaan HCD dengan perushaan lain dan tercipta deal atas proyek tersebut maka kamu dapat persentase dari nilai proyek. Biasanya presentasenya sekitar 5%. Jadi, kalau proyek tersebut deal dengan angka 200 juta maka kamu bisa mendapatkan marketing fee sebesar 10 juta. Lumayan, kan?

Jasa Pengisian Pulsa

Siapa sih yang tidak kenal dengan bisnis ini. Bisnis yang banyak dilakoni oleh berbagai kalangan karena kemudahan dalam menjalakannya. Bahkan modal yang diperlukan relatif sangat murah. Bermodal gawai pintar dan uang senilai Rp50 ribu- Rp100 ribu untuk deposit dan kamu sudah bisa mulai berjualan pulsa.

Untuk menjalakan bisnis sampingan ini memang perlu bersabar. Jangan berharap langsung kaya dengan bisnis ini. Karena keuntungan dari setiap penjualan pulsa tidaklah banyak. Paling berkisar Rp300-Rp1000 setiap pembelian. Selain itu, kamu juga harus bisa tegas jangan sampai ada konsumenmu yang berhutang. Karena sekalinya berhutang kamu akan kewalahan untuk menangani penjualan pulsamu. Memutar uangnya juga akan sulit.

Baca Juga: 7 Langkah Persiapan sebagai Rahasia Pemenangan Bisnis

Landing Page Developer

Bagi para pebisnis online, landing page sangat penting untuk membangun sebuah funnel. Namun, tidak semua pebisnis online bisa membuat landing page. Kamu bisa memanfaatkan itu sebagai bisnis sampinganmu. Kamu bisa mengerjakan landing page kapanpun dan dimanapun sesuai dengan pesanan. Sebenarnya, membuat landing page tidaklah sulit karena sudah ada tools yang memudahkanmu membuat landing page seperti elementor dan landing press.

Bisnis Sampingan

Penjual Jasa Design

Kebutuhan akan design bisa dibilang menjadi kebutuhan primer bagi para pebisnis. Karena hal tersebut akan menyangkut brand dari bisnis yang mereka miliki. Namun, tidak semua pebisnis online bisa design. Kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan menawarkan jasa design kepada para pebisnis khususnya pebisnis online.

Kamu bisa menawarkan jasa melalui chat personal ke orang-orang yang kamu kenal atau melalui platform seperti sribulancer, freelancer dan sebagainya. Karena jasa design sangat fleksibel untuk dilakukan sehingga ini bisa menjadi salah satu bisnis sampingan yang bisa kamu ambil untuk meraih penghasilan tambahan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Bisnis Online untuk Pemula

Kesimpulan

Pada akhirnya, kamu pasti akan menghadapi kebutuhan yang tidak terduga. Kalau kamu hanya ditopang dengan gajimu saat ini mungkin tidak akan cukup sehingga mungkin kamu butuh untuk menjalankan bisnis sampingan. Enam bisnis sampingan yang sudah dijelaskan di atas bisa kamu pilih salah satunya yang sesuai dengan minatmu. Silahkan dicoba, ya!

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here