Bob Sadino : Tips Menjadi Pengusaha Sukses Ala Bob Sadino

0
2432
Bob Sadino

Siapa yang tidak mengenal pengusaha sukses nan gemilang sekaliber Bob Sadino.

Beliau lahir di Lampung, tanggal 9 Maret 1933. Kemudian wafat pada tanggal 19 Januari 2015 di usianya yang saat itu menginjak 82 tahun.

Akrab dipanggil Om Bob, beliau adalah pengusaha yang sukses dengan usahanya yaitu Kemchick dan Kemfood.

Semenjak ayahnya meninggal, ia mewarisi harta kekayaan ayahnya. Dari kekayaan tersebut ia mencoba untuk berkeliling dunia.

Saat itu ia mampir ke Belanda dan menetap kurang lebih selama 9 tahun.

Di Belanda untuk bertahan hidup ia mulai untuk bekerja. Saat itu beliau bekerja di Djakarta Lylod yang berada di Kota Amsterdam.

Di sanalah ia bertemu dengan pasangan hidupnya yaitu Soelami Soejoed.

Perjalanan karirnya sangat baik. Hingga kemudian ia pulan ke Indonesia membawa 2 Mercedes. Namun, ia menjual salah satunya untuk kemudian membeli sebidang tanah di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Lama hidup sebagai pekerja akhirnya, Bob Sadino memutuskan untuk memulai usahanya. Usaha pertama yang ia lakoni adalah jasa sewa mobil. Saat itu mobil yang disewakan adalah mobil marcedesnya sendiri dan menariknya ia pula yang menjadi sopirnya.

Namun, ia mendapat musibah berupa kecelakaan yang menyebabkan mobilnya rusak. Karena tidak memiliki uang untuk memperbaiki mobilnya maka ia memutuskan untuk tidak melanjutkan usahanya.

Ia kembali bekerja. Pekerjaannya saat itu adalah sebagai tukang batu yang mana saat itu gajinya hanya menyentuh angka Rp100. Depresi? Itulah yang dirasakan Bob Sadino.

Untuk menghilangkan depresinya, teman om Bob menyarankan untuk beternak ayam. Alhasil ia menyetujuinya. Dari situlah ide bisnisnya muncul.

Ia mencoba untuk berjualan telor ayam. Dari sinilah Bob Sadino mulai memasuki era kejayaannya. Ia kemudian memiliki swalayan sendiri yang bernama Kem chicks.

Pria yang terkenal dengan style pakaiannya yaitu dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek kini telah menjadi inspirasi tokoh pengusaha di Indonesia.

Lalu, apa saja sih tips sukses dari Bob Sadino?

Baca Juga: Kunci Sukses Menurut Nabi Muhammad SAW

Bob Sadino
sumber: google.com

Tips Menjadi Pengusaha Sukses ala Bob Sadino

Ada beberapa tips sukses ala pengusaha seperti Om Bob. Setidaknya ada 5 tips sukses yang akan dijabarkan pada artikel ini.

Tips pertama adalah berani memulai dan mengeksekusi.

Ada satu perkataan dari Bob Sadino yang kamu juga pasti mengetahuinya. Perkataan ini kemudian menjadi quote yang dijadikan motivasi orang-orang untuk memulai usaha.

Apa pernyataannya?

Bob Sadino pernah mengatakan bahwa bisnis yang bagus adalah bisnis yang dikerjakan bukan yang ditanyakan terus. Yap, kalimat ini tentu menohok para pebisnis yang tidak mulai-mulai berbisnis karena banyak perhitungan. Banyak hal yang ditanyakan.

Om Bob menegaskan bahwa kerjakan saja bisnis yang sudah direncanakan tersebut. Banyak bertanya tidak akan membuat bisnis berjalan. Alhasil kita tidak akan pernah tahu apakah bisnis kita layak apa tidak dijalankan.

Tips kedua adalah mempunyai mental yang tangguh.

Sebagai seorang pengusaha adalah lumrah untuk mengalami kerugian dan cacian. Sebagaimana Om Bob yang diawal usahanya mengalami kerugian dan cacian dari rekan-rekannya.

Kalau hal tersebut menjadi pikiran, maka sebuah bisnis tidak akan berkembang. Harus tegas untuk melakukan perubahan dan mengambil pelajaran dari kerugian tersebut.

Termasuk hiraukan segala cacian yang menimpa selama menjalankan bisnis. Anggap saja angin lalu.

Bob Sadino
Sumber: google.com
Tips ketiga adalah miliki mimpi yang besar.

Mimpi yang besar adalah pendorong setiap orang untuk menjalankan apa yang ia kerjakan termasuk dalam bisnis.

Itulah yang Om Bob miliki selama ia memulai bisnis. Ia menyadari bahwa kesuksesan bukan sekedar teori, ialah kenyataan yang harus dihadapi dengan tekad, semangat dan mimpi yang besar sebagai pendorong mencapai kesuksesan tersebut.

Tips keempat adalah jalani hidup dengan sederhana.

Penyakit orang yang udah mulai terlihat sukses dan mulai menghasilkan profit dalam bisnisnya adalah mulai mengubah gaya hidupnya.

Ini adalah penyakit yang harus diberantas. Karena ini akan berbahaya pada kelangsungan bisnis. Sebuah bisnis memiliki dinamika yang sangat fluktuatif. Sangat berisiko untuk kemudian langsung mengubah gaya hidup hanya karena profit yang mulai meningkat.

Itulah mengapa Bob Sadino selalu menjalani hidup dengan sederhana. Kamu juga bisa melihat gaya pakainnya yang hanya menggunakan celana pendek dan kemeja lengan pendek.

Baca Juga: inilah cara mendapatkan uang dari Youtube ala para Youtuber

Tips kelima adalah berdoa dan bersyukur

Pada akhirnya setiap ikhtiar yang dijalankan, hasilnya hanyalah milik Allah SWT. Maka sebagai seorang hamba diwajibkan untuk selalu berdoa atas apa yang telah diusahakan.

Termasuk dalam hal ini adalah bersyukur. Karena di dalam Islam orang yang bersyukur akan ditambahkan nikmatnya dan orang yang kufur maka azab Allah amat pedih.

Bob Sadino juga beragama Islam. Ia memahami akan pentingnya doa dan bersyukur. Meskipun ia sempat mengatakan tidak paham agama.

Tetapi ia memiliki nasihat yang bagus terkait agama. Yaitu untuk rajin-rajin memperbaiki diri, “apa gak malu minta masuk surga tapi sering buat maksiat? mending rajin-rajin perbaiki diri dan banyak menolong orang”, begitu ungkapnya.

Baca Juga: Bingung Cara Memulai Bisnis Kuliner? Ini caranya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang salah satu pengusaha sukses di Indonesia yaitu Bob Sadino. Dengan kelima tips tersebut diharapkan bisa menjadi motivasi untuk giat menjalankan bisnis.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.