Caption IG beserta Fungsi dan Contohnya untuk Kamu Ketahui

0
2372
Caption IG

Salah satu sosial media yang paling banyak digunakan adalah instagram. Media sosial tempat berbagi foto dan video ini kerap digunakan oleh generasi milenial untuk menunjukkan eksistensinya. Ini ditunjukkan dari foto dan caption ig yang ditampilkan.

Kalau kita melihat instagram secara keseluruhan. Ada bagian-bagian di instagram yang akan diperhatikan oleh para penggunanaya ketika ia ingin memposting sesuatu.

Hal yang Perlu diperhatikan Pengguna Instagram

Pertama perihal foto dan video. Seseorang yang akan memposting foto akan memastikan bahwa foto yang akan diupload dapat mendatangkan engagement yang tinggi.

Like-nya banyak dan mengundang banyak comment. Karena dengan begitu eksistensi dirinya menjadi meningkat.

Itu kalau buat personal. Buat mereka yang menjalankan bisnis online dan menjadikan instagram sebagai media penjualan untuk produk dan jasanya maka ia akan memastikan bahwa foto yang akan diupload adalah foto yang menarik.

Bila ia berupa produk maka foto tersebut harus memperlihatkan produknya dengan angle yang menarik. Dengan pencahayaan yang cukup dan kamera yang mumpuni.

Coba bayangkan kalau foto produk yang diupload terlihat muram. Pasti image terhadap produk tersebut menjadi jelek. Alhasil pembeli akan sulit untuk closing.

Baca Juga: 5 Contoh Strategi Pemasaran yang Efisien dan Ampuh

Pada dasarnya tujuan para pebisnis online mengupload foto tidak hanya meningkatkan engagement tetapi juga meningkatkan penjualan. Hal itu dilakukan agar pebisnis online dapat memperoleh profit yang maksimal.

Begitupun dalam hal video. Sebuah video yang akan diupload haruslah video yang menarik dan dapat mengundang interaksi para followers.

Bila video tersebut menunjukkan sebuah konten yang bermanfaat maka sertakan subtitle bahasa indonesia.

Loh, mengapa subtitle-nya bahasa indonesia? Bukankah videonya berbahasa Indonesia?

Nah, perlu diketahui bahwa tidak banyak penikmat konten instagram terlebih yang melihat video yang menonton video sambil mendengarkan isinya.

Kadangkala karena keterbatasan tempat seperti di keramaian atau karena speakernya kecil dan repot kalau pakai headset maka mereka hanya menonton visual videonya saja.

Oleh sebab itu, penting untuk menambahkan subtitle bahasa Indonesia di video yang kamu buat. Meskipun video tersebut basic-nya memang berbahasa Indonesia.

Hal yang selanjutnya yang akan diperhatikan adalah terkait caption IG. Nah, apa itu caption IG, apa fungsinya dan apa saja contohnya. Mari kita simak di artikel ini.

Caption IG
sumber: unsplash.com

Pengertian dan Fungsi Caption IG

Caption IG adalah sebuah kata-kata singkat yang dilampirkan pada setiap postingan yang diupload oleh si pengguna instagram.

Kata-kata tersebut akan menggambarkan maksud dari postingan yang diupload oleh si pengguna. Misal, kamu sedang mengupload foto kamu ketika wisuda.

Di caption kamu juga pasti akan menjelaskan perasaan bahagia kamu ketika di wisuda dan berbagai ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu proses kuliahmu.

Atau mungkin juga caption ig tersebut sesimple memberitahu kapan dan dimana wisudamu dilaksanakan.

Pemberian caption tergantung pada tujuan dari si pengupload atau user. Kamu tidak bisa menyamakan satu foto pada satu caption.

Misal si A dan si B mengupload foto yang sama. Caption atas foto tersebut bisa jadi berbeda tergantung dari tujuan mereka masing-masing.

Untuk para pebisnis online, caption IG menjadi powerful bila dibubuhi oleh ilmu copywriting yang mumpuni. Ia harus berisi kata-kata yang menarik dan menjual sehingga orang ketika melihat produk dan membaca captionnya akan ter-“hipnotis” untuk membelinya.

Baca Juga: Inilah Hastag IG Paling Populer dan Powerful

Caption IG
sumber: unsplash.com

Contoh

Ini adalah beberapa contoh caption ig yang bisa kamu ikuti baik kamu sebagai pribadi atau sebagai pebisnis online.

Contoh untuk pribadi,

Untuk berubah memang tidak mudah, tapi lebih tidak mudah meneruskan kehidupan dalam kemiskinan dan tanpa pendidikan

Bila engkau terlahir miskin maka itu bukan salahmu tetapi bila engkau mati dalam keadaan miskin itu mutlak salahmu

“Saat jalan panjang memberiku jutaan alasan untuk menyerah, namun kamu memberiku satu alasan untuk bertahan

Contoh untuk pebisnis online,

Ini adalah produk yang mampu menyelesaikan masalah kulitmu hanya dalam waktu 3 jam”

Garansi uang kembali bila kamu tidak merasakan manfaat dari produk ini”

Jutaan orang sudah membuktikan kesuksesannya menjalankan bisnis ini, sudah saatnya kamu selanjutnya

Baca Juga: Strategi Instagram Marketing untuk Meningkatkan Omsetmu

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang caption ig beserta fungsi dan contoh-contohnya yang bisa kamu ikuti. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan dan mempermudah kamu untuk membuat kata-kata di instagram.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.