Panduan Investasi Emas di Pegadaian : Cara, Syarat dan Keuntungan

0
975
Investasi Emas di Pegadaian

Bagi mereka yang ingin memiliki nilai aset yang tinggi dan tidak tergerus oleh inflasi maka pilihan untuk berinvestasi adalah sebuah pilihan yang tepat. Beberapa jenis investasi bisa dipilih sesuai dengan profil risiko kamu. Jika kamu adalah orang berani mengambil risiko maka kamu bisa memilih investasi seperti saham, cryptocurrency, dan reksadana saham. Sedangkan kalau kamu tidak berani mengambil risiko maka berinvestasi dalam bentuk emas dapat menjadi pilihan untukmu. Untuk emas, kamu bisa mencoba untuk investasi emas di pegadaian.

Nah, pada artikel kali ini kamu akan diberikan panduan atau step by step untuk investasi emas di pegadaian. Apa saja yang harus kamu lakukan?

Investasi Emas di Pegadaian

Baca Juga: Panduan Lengkap Investasi Emas

Tentukan Jenis Produk Emas yang akan Dipilih

Di pegadaian kamu akan disajikan beberapa jenis produk emas. Paling tidak ada tiga jenis produk emas yang ditawarkan oleh Pegadaian.

1.Penjualan Fisik Emas secara Langsung Maupun Kredit

Jenis produk investasi emas di pegadaian ini memungkinkan kamu untuk memiliki emas batangan secara langsung. Berat yang disediakan untuk emas ini juga beragam yaitu antara 5 gram hingga 1 kilogram. Menariknya, emas ini ternyata bisa dibeli baik secara tunai maupun kredit. Meskipun secara kredit, emas tersebut tetap akan diberikan langsung ke tangan pembeli.

2. Tabung Emas

Ini adalah jenis produk investasi emas di pegadaian yang populer. Mengapa demikian? karena kamu cukup merogoh kocek Rp5.000 maka kamu sudah bisa memulai menabung emas. Uang Rp5.000 tersebut akan dikonversikan dalam bentuk emas dengan nilai terendah yaitu 0,01 gram. Nah produk tabungan emas inilah yang akan dibahas lebih lanjut mekanismenya dalam artikel ini.

3. Titip Jual dalam Konsinyasi Emas

Ini adalah konsep dimana ketika ada seseorang yang memiliki emas fisik dalam jumlah tertentu kemudian dititipkan pada Pegadaian, lalu pada saat yang sama diikutkan pada program titip jual konsinyasi maka  bila ada seorang pembeli yang mau membeli emas batangan secara tunai maka emas investor (pemilik emas sebelumnya) akan dijual terlebih dahulu.

Nah setelah kamu tentukan mau emas apa, maka kamu akan melewati tahap selanjutnya. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang investasi emas di pegadaian dalam bentuk tabung emas. Lalu, apa langkah selanjutnya?

Baca Juga: Pembiayaan Syariah, Pengertian dan Contohnya

Siapkan Persyaratan yang dibutuhkan

Ada beberapa syarat yang dibutuhkan ketika kamu ingin investasi emas di pegadaian diantaranya:

1. Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor)

2. Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas

3. Biaya transaksi Tabungan Emas

Syarat-syarat ini harus kamu penuhi baru bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Mengisi Formulir Pembukaan Rekening

Sebagaimana ketika kamu mau mendaftar di bank sebagai nasabah, di pegadaian kamu juga diminta untuk mengisi formulir untuk pembukaan rekening tabung emasmu. Selain itu, kamu juga akan diminta untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000.

Investasi Emas di Pegadaian

Mulai Membeli Tabungan Emas

Setelah kamu selesai mengurus semua administrasi yaitu formulir dan biaya-biayanya. Kamu akan mendapatkan buku tabungan emas dan langkah selanjutnya dalam investasi emas di pegadaian adalah mulai melakukan pembelian tabungan emas. Nominal pembelian yang bisa dilakukan adalah sebesar Rp5.000 yang akan dikonversikan dalam bentuk emas sebesar 0,01 gram.

Baca Juga: Mengenal Akad Salam dalam Ekonomi Islam

Kesimpulan

Nah itulah langkah-langkah buat kamu agar bisa investasi emas di pegadaian khususnya pada produk tabung emas. Pilihan yang tepat ketika kamu mengkonversi uangmu dalam bentuk emas, karena instrumen investasi yang satu ini sangat menguntungkan pada jangka panjang.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here