Membuat Website yang Menghasilkan Uang

Semakin pesatnya perkembangan bisnis online, semakin banyak orang mencari tahu bagaimana membuat website yang menghasilkan uang. Hal ini dikarenakan besarnya potensi internet dalam meraup pundi-pundi rupiah. Sudah banyak kisah sukses pebisnis yang menghasilkan uang melalui internet. Sebut saja Rico Huang pemilik dropshipaja.com, Jaya Setiabudi pemilik yukbisnis.com dan Berto Saksono Jati kepala sekolah sb1m.net.

Mereka adalah pemuda berpenghasilan tinggi dari bisnis internet yang bersumber dari website yang mereka buat. Kalau mereka bisa sukses, kamu yang sekarang membaca tulisan ini tentunya bisa sesukses mereka. Namun pertanyaanya, “Bagaimana membuat webiste yang menghasilkan uang?”

Pada artikel yang akan kamu baca sampai tuntas ini, akan dibahas cara membuat webiste yang menghasilkan uang. Setidaknya ada 6 cara yang akan dibahas.

Membuat Website yang Menghasilkan Uang

Menentukan Jenis Website

Cara membuat website yang menghasilkan uang pertama adalah menentukan jenis website yang akan dibuat. Paling tidak ada tiga jenis website diantaranya:

  1. Webiste Bisnis. Ini adalah website yang memang ditujukan secara komersial untuk bertransaksi bisnis. Contoh webiste ini adalah toko online yang berisi produk yang kamu jual.
  2. Website Niche. Ini adalah website yang memiliki kategori yang spesifik. Misalnya, website untuk otomotif pastilah isi website tersebut adalah segala yang berkaitan dengan otomotif. Bila kamu mentargetkan pembacanya adalah muslimah pastilah kamu akan membuat website yang terkait dengan keislaman khusus wanita seperti website tentang hijab.
  3. Website Pribadi. Ini adalah jenis website yang memang diperuntukkan untuk pribadi. Biasanya digunakan untuk personal branding atau mengendorse sebuah produk yang memang sesuai dengan karakter pemilik website. Misal, Deddy Corbuzier memiliki website pribadi. Tentunya produk yang akan diendorse dalam websitenya adalah yang sesuai dengan dirinya seperti produk kesehatan, produk fitness, vitamin dan sebagainya.

Nah, jadi kamu tentukan dulu website jenis apa yang akan kamu buat. Setiap jenis website bisa menghasilkan uang kok. Tinggal kamu pilih saja mana yang paling cocok buat kamu.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Membeli Domain dan Hosting

Langkah selanjutnya dalam cara membuat website yang menghasilkan uang adalah membeli domain dan hosting. Setelah kamu menentukan jenis website yang kamu buat mulailah untuk membeli domain dan hosting. Tentunya sebelum itu kamu sudah menentukan nama websitemu. Segera daftarkan nama websitemu sebelum diambil oleh orang lain. Karena seringkali meskipun website belum jadi banyak orang yang mem-booking nama websitenya agar kemudian bisa digunakan. Entah kapan digunakan yang penting nama tersebut sudah di-booking.

Kamu bisa membeli domain dan hosting di berbagai macam provider penyedia domain dan hosting. Nama-nama terkemuka seperti dewaweb, niagahoster, domainesia bisa kamu pilih sebagai tempat membeli domain dan hosting.

Menulis Konten Berkualitas

Setelah kamu sudah membeli domain dan hosting, cara membuat website yang menghasilkan uang selanjutnya adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Perlu kamu ketahui sering kali orang berselancar di google untuk mencari sebuah informasi. Ketika kamu menghadirkan konten-konten yang berkualitas di websitemu maka orang-orang akan merasa nyaman untuk membaca diwebsitemu. Alhasil, ini akan membuat traffic di websitemu menjadi meningkat.

Jikalau kamu orang yang tidak suka menulis, maka kamu bisa menyewa jasa pembuat konten untuk websitemu. Tapi, usahakan konten yang ada adalah hasil karyamu karena sesungguhnya kamu yang lebih memahami pasar untuk websitemu. Tidak perlu khawatir bila kemudian kontenmu terlihat jelek. Hitung-hitung itu merupakan latihan untukmu agar ke depannya bisa membuat konten yang lebih bagus dan berkualitas.

Untuk menentukan konten yang akan dibuat kamu bisa merisetnya di google atau melalui beberapa platform seperti ahrefs, buzzsumo, ubbersuggest dan sebagainya.

Mengoptimasi Website

Cara membuat website yang menghasilkan uang berikutnya adalah dengan mengoptimasi website. Hal ini dilakukan agat terjadi peningkatan traffic pada websitemu. Kamu bisa melakukan optimasi tersebut dengan cara men-share artikel-artikel yang sudah kamu tulis ke beberapa sosmed yang kamu punya. Bisa melalui Whatsapp, Line, Instagram atau Facebook. Dengan melakukan hal tersebut diharapkan banyak orang yang kemudian mengunjungi website kamu.

Baca Juga: Inilah Aplikasi yang Menghasilkan Uang Untukmu

Membuat Website yang Menghasilkan Uang

Mendaftarkan ke Google Adsense

Langkah berikutnya agar website kamu bisa menghasilkan uang adalah dengan mendaftarkan website kamu ke dalam google adsense. Kamu bisa login ke google adsense dengan email kamu dan mendaftarkan website kamu untuk ditanamkan google adsense. Dari setiap iklan yang muncul di website kamu apabila ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut maka kamu mendapatkan komisi. Itulah mengapa penting untuk membangun website yang bagus untuk mendapatkan banyak traffic. Karena kalau traffic website kamu sedikit maka akan semakin dikit jumlah orang yang kemungkinan akan mengklik iklan yang muncul di website kamu.

Memasukkan Link Affiliate

Cara membuat website yang menghasilkan uang yang terakhir adalah dengan memasukkan link affiliate.

Ketika kamu terdaftar menjadi seorang affiliate marketer atas sebuah produk, kamu bisa memanfaatkan website kamu untuk menarik orang agar membeli produk yang kamu sisipkan pada link affiliate. Kamu bisa meletakkan link tersebut pada page baru di website kamu. Sehingga ketika ada orang yang mengklik page tersebut ia akan diarahkan langsun ke landing page pemilik produk dan kamu akan mendapatkan komisi ketika orang tersebut membeli produknya karena link tersebut berisi referral dirimu.

Nah, agar orang tertarik mengklik page tersebut, kamu harus menamakan page tersebut dengan nama yang menarik. Misal, bila kamu sedang menjual produk digital tentang kursus internet marketing maka kamu bisa membuat judul page kamu seperti, “Belajar Internet Marketing di Sini” atau “Cara Mendapat Penghasilan Tambahan”. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung webmu tertarik untuk mengklik page tersebut.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Bisnis Plan Tahun 2019

Kesimpulan

Itulah enam cara membuat website yang menghasilkan uang. Semoga kamu bisa mulai mencobanya dan segera bisa menghasilkan uang dari website yang sudah kamu buat.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here