Cara Memulai Bisnis : Ini 5 tahapan anti wacana untuk memulai bisnis

0
1460
Cara Memulai Bisnis

Bisnis hanyalah sekedar angan-angan bila ia tidak segera dieksekusi. Teringat pesan salah satu pengusaha sukses yaitu Bob Sadino. Ia pernah menyampaikan bahwa bisnis yang bagus adalah bisnis yang dilakukan bukan ditanyakan terus.

Inilah mungkin yang mungkin menjadi masalah orang-orang yang ingin memulai bisnis. Ada banyak sekali rencana bisnis yang ia buat tetapi tidak ada satupun yang kemudian dieksekusi.

Ada banyak sekali alasan kenapa bisnis itu tidak kunjung dimulai. Takut rugilah, khawatir tidak ada waktulah, dan sebagainya.

Ada juga yang tidak memulai karena masih bingung bagaimana cara memulai bisnis. Bila itu juga yang kamu rasakan. Maka kamu membaca artikel yang tepat.

Dalam artikel ini kita akan membahas 5 tahapan bagaimana cara memulai bisnis. Sehingga bisnis tidak hanya sekedar wacana.

Berikut 5 tahapannya.

Cara Memulai Bisnis
sumber: google.com

Tentukan Niche Market

Cara memulai bisnis yang pertama adalah dengan menentukan niche market. Ini adalah pasar spesifik yang akan membeli produk kamu.

Kamu harus tentukan dengan jelas siapa niche market yang akan kamu incar. Misal, ketika kamu menjual produk berupa jersey real madrid.

Maka niche market yang akan kamu incar adalah para penyuka klub asal spanyol ini.

Penentuan niche market ini menjadi penting di awal karena nantinya kamu akan menentukan strategi marketing apa yang akan cocok untuk niche market tersebut.

Termasuk dalam penggunaan bahasa copywriting. Niche Market ibu-ibu dengan anak muda tentunya akan beda bahasa pemasarannya.

Baca Juga: Bisa Jadi Milliarder! Inilah cara menghasilkan uang dari youtube

Tentukan Problem apa yang akan diselesaikan

Produk yang laku adalah produk yang bisa menyelesaikan masalah yang dialami oleh konsumen. Sehingga orang ketika menjual produk sebenarnya yang dijual bukan produknya itu apa tapi produknya itu bisa apa.

Inilah value yang harus dihadirkan ketika kamu hendak menjual produk. Tahap cara memulai bisnis yang kedua ini juga harus kamu tentukan di awal. Jangan sampai kamu menjual produk yang tidak dapat menyelesaikan masalah apapun.

Kalau sudah begitu dapat dipastikan produk kamu sulit bahkan tidak akan laku.

Cara Memulai Bisnis
sumber: unsplash.com

Buat Bisnis Model

Bisnis model adalah sebuah sistem yang akan kamu bentuk agar bisnis yang kamu jalankan bisa mendapatkan uang. Terjemahan mudahnya terkait bisnis model adalah cara kamu bisa menghasilkan uang dari bisnismu.

Inilah tahap selanjutnya dalam cara memulai bisnis yang kamu harus segera lakukan. Buatlah bisnis model yang jelas. Tentukan dari mana kamu bisa menghasilkan profit.

Misal, bisnis modelmu adalah penjualan langsung, maka kamu akan mendapatkan profit dari margin hasil penjualan. Atau bila kamu memulai bisnis teknologi seperti startup maka kamu harus lebih concern untuk membuat bisnis model.

Seperti facebook yang mendapatkan penghasilan dari iklan yang didepositkan oleh para penggunanya. Spotify yang memiliki penghasilan dari partisipasi member premium.

Kamu juga perlu menentukan bisnis modelmu dengan jelas agar kamu bisa lebih mengetahui darimana revenue stream bisnismu.

Baca Juga: Bisnis Model Canvas (Panduan Lengkap untuk Membuatnya)

Lakukan Perencanaan

Tahap selanjutnya dalam cara memulai bisnis adalah mulai melakukan perencanaan. Ketika kamu sudah matang dengan bisnis model yang telah kamu buat. Maka sudah saatnya kamu buat perencanaan.

Kamu bisa memulai dengan mulai merekrut tim apabila kamu memang membutuhkannya. Bisa juga memulai dengan mempersiapkan beberapa aset digital seperti website dan sosial media untuk bisnismu.

Semua itu kamu yang menentukan. Pastikan perencanaan yang kamu buat sesuai dengan keperluan bisnismu. Jikalau saat ini kamu belum memerlukan tim maka kamu bisa memulai dengan membangun aset digital.

Eksekusi

Nah inilah tahap paling penting serta krusial dalam cara memulai bisnis. Ia adalah tahap untuk eksekusi.

Ketika kamu telah matang dengan semua perencanaan maka saatnya kamu untuk mengeksekusi bisnismu. Jangan biarkan rencana yang sudah kamu buat matang-matang terbuang begitu saja karena kamu tidak segera melakukan eksekusi.

Ingat pesan Bob Sadino, “Bisnis yang bagus adalah yang dijalankan bukan yang ditanyakan terus”

Baca Juga: Tips Menjadi Pengusaha Sukses ala Bob Sadino

Kesimpulan

Itulah penjelasan lima tahapan tentang cara memulai bisnis yang bisa kamu coba. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah tersebut untuk bisa segera mengeksekusi bisnismu.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.