Bisa Jadi Miliarder! Ini Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

0
1987
Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan nama Atta Halilintar dan Ria Ricis. Kedua orang ini dikenal sebagai youtuber sukses di tanah air. Atta Halilintar disebut sebagai king of youtube dan Ria Ricis disebut sebagai queen of youtube. Selain itu, pesulap kondang Deddy Corbuzier yang dulu dikenal sebagai seorang mentalist bahkan master of mentalist kini juga merambah dunia youtube dan melepaskan profesinya sebagai seorang pesulap. Pertanyaannya adalah, “ada apa dengan youtube?”. Ternyata, kini youtube menjadi salah satu sumber penghasilan sebagian orang yang bermain di industri konten kreatif. Bahkan penghasilan yang mereka dapatkan dari youtube tidak dapat dikatakan kecil. Atta Halilintar contohnya, ia memiliki penghasilan dari youtube sebesar Rp22,4 miliar per bulan. Angka yang fantastis bukan. Tentu ini membuat kamu pasti bertanya-tanya, “lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube?”

Platform youtube memang kini kian menjanjikan untuk menjadi sumber penghasilan. Namun, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan youtube bila juga ingin mendapatkan penghasilan dari sana. Kamu perlu mengetahui cara mendapatkan uang dari youtube dan itulah yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Jadi, apa saja cara mendapatkan uang dari youtube?

Baca Juga: Usaha yang Masih Jarang Tapi Menguntungkan

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Membuat Channel Youtube yang Memiliki Niche

Inilah langkah awal tentang cara mendapatkan uang dari youtube yaitu membuat channel youtube. untuk membuat channel youtube kamu tinggal melakukan registrasi di bagian sign up atau bisa juga langsung login melalui email google kamu. Pastikan bahwa channel youtube yang kamu akan buat memiliki niche yang spesifik. Karena ini akan mempengaruhi konten apa yang akan kamu buat dan bagaimana penampilan konten tersebut. Misal, kamu mau buat konten dengan niche anak muda maka konten yang kamu buat adalah yang terkait dengan wanita muslimah. Maka kamu bisa membuat konten seperti tutorial hijab, daftar pengajian muslimah atau konten dakwah yang diisi oleh ustadzah dan sebagainya. Atau kalau niche kamu adalah anak-anak, maka kamu bisa buat konten semacam animasi seperti Nusa Rara, Upin Upin dan sebagainya.

Melakukan Monetisasi Youtube

Cara menghasilkan uang dari youtube yang kedua inilah yang dilakukan oleh semua youtuber. Ia memonetise youtubenya dengan ditanamkan adsense. Alur untuk membuat youtube termonetise sebenarnya mudah yaitu kamu login ke channel youtubemu, kemudian pilih account information lalu creator studio kemudian pilih channel dan status and features dan terakhir pilihlah opsi enable monetisation dan kamu tinggal menyetujui agreement yang ada.

Kalau bicara soal alur memang terbilang mudah yang cukup sulit adalah prasyarat agar youtubemu bisa untuk dimonetisasi. Awal tahun 2018, Youtube Partner Program (YPP) mengeluarkan kebijakan buat sebuah channel youtube yang bisa dimonetise. Mereka mengeluarkan beberapa syarat yang harus dipenuhi bila channel youtube tersebut ingin dipasangkan iklan. Diantara syarat tersebut adalah telah mencapai total 4000 tayangan dalam 12 bulan terakhir dan telah memiliki subscriber sebanyak 1000. Kebijakan ini diterapkan agar tidak ada lagi channel-channel youtube yang isinya spam atau konten-konten peniru. Hal ini membuat youtuber perlu lebih kreatif dalam membuat kontennya. Itulah mengapa menentukan niche di awal ketika membuat channel youtube menjadi penting.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Bisnis Plan

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Optimasi Video Youtube

Langkah berikutnya tentang cara menghasilkan uang dari youtube adalah dengan mengoptimasi video youtube pada channel yang kamu miliki. Tujuan mengoptimasi video adalah agar banyak netizen yang menonton video kamu. Cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi video diantaranya:

  1. Buatlah video seorisinil mungkin dan bukan karya orang lain.
  2. Cantumkan judul yang menarik (bukan click bait) dan thumbnail yang mengundang netizen untuk menonton.
  3. Gunakanlah teknik SEO pada youtube dengan mengoptimasi judul, deskripsi, meta tag dan sebagainya.
  4. Hindari konten video yang memilki Hak Cipta karena bisa saja video kamu nanti di banned sama youtube. Buatlah video hasil karyamu sendiri.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah teknik pemasaran dengan melampirkan link penjualan yang didalam link tersebut sudah tersistem nama kamu sebagai seorang referral. Jadi, jikalau ada pembelian sebuah produk melalui link tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan teknik ini dalam video yang kamu buat. Hadirkanlah video yang membuat netizen penasaran dengan produk yang kamu tawarkan melalui video tersebut. Misal, kalau kamu menjual produk hijab maka kamu bisa membuat konten terkait dengan tutorial hijab yang didalam video tersebut terdapat link untuk pembelian hijab. Selain ditampilkan divideo, kamu bisa mengarahkan netizen untuk mengklik link yang terdapat di deskripsi video. Alhasil ketika ada netizen yang membeli produk dari link yang kamu lampirkan di youtube maka kamu akan mendapatkan uang. Sehingga ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari youtube selain melalui iklan.

Baca Juga: Bisnis Online tanpa Modal dan Terbukti Untung

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Melakukan Endorse Produk

Cara mendapatkan uang dari youtube berikutnya adalah dengan melakukan endorse sebuah produk. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan yang memiliki produk dan cocok untuk dipasarkan melalui channel yang kamu buat. Semisal kamu membuat channel terkait edukasi anak-anak. Maka perusahaan mainan anak akan menghubungimu untuk membantu mempromosikan produk mereka melalui channelmu sehingga kamu bisa mendapatkan uang dari sana.

Deddy Corbuzier yang dikenal juga sebagai father of youtube sering dichannelnya menampilkan produk Tokopedia dalam video yang ia buat. Kalau kamu perhatikan, video-video podcast yang ia buat menampilkan gelas berlogo Tokopedia. Itu karena Deddy diminta untuk mengendorse produk Tokopedia. Jadi, kamu bisa mencoba cara ini untuk mendapatkan uang dari youtube.

Berjualan Produk dan Merchandise

Cara mendapatkan uang dari youtube yang terakhir adalah dengan menampilkan video berisi jualan produk. Tidak jarang orang ingin mencari produk yang mereka inginkan melalui youtube. Kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan menjual produkmu melalui sebuah video. Misal, kalau kamu berjualan produk gadget berupa handphone maka kamu bisa membuat video unboxing tentang handphone tersebut dan arahkan netizen untuk membeli handphone tersebut pada kontak yang sudah kamu lampirkan di deskripsi videomu.

Baca Juga: 25 Inpsirasi Promosi untuk Online Shop Kamu

Kesimpulan

Itulah sekian cara mendapatkan uang dari youtube yang kamu perlu ketahui. Kalau memang kamu berniat untuk menjadi youtuber atau menaruh harapan penghasilan dari platform youtube maka kamu harus pelajari cara-cara di atas.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.