Cari Duit Online

Dunia internet kini telah menjadi ladang penghasilan oleh sebagian besar orang. Melihat banyaknya tokoh-tokoh yang sukses di ranah ini membuat gairah para pencari uang untuk berlomba-lomba memaksimalkan media internet tersebut.

Kalau kamu kesulitan mencari duit di dunia offline maka cari duit online bisa menjadi pilihan untukmu. Inilah 6 inspirasi untuk cari duit online.

Cari Duit Online

Jual Beli Nama Domain

Mungkin kalau jasa pembelian domain dan hosting yang disediakan oleh provider seperti dewaweb, hostinger, niagahoster dan domainesia sudah biasa kamu dengar. Menariknya, saat ini ada cara cari duit online yang lain yaitu jual beli nama domain.

Kalau website yang sudah jadi dengan jumlah traffic yang banyak lalu dijual terdengar lazim sebagaimana akun sosial media yang sudah banyak followers-nya lalu dijual.

Baca Juga: Jual Beli Followers, emang boleh ya?

Nah, kalau yang ini domain yang kamu beli bisa dijual kembali. Loh, gimana caranya?

Istilah ini disebut domain flipping, yaitu membeli dan menjual kembali domain dengan harga yang lebih tinggi.

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa menjual domain dengan harga yang lebih tinggi adalah melihat potensi domain ke depan. Misal, kamu melihat Ridwan Kamil secara branding sangat bagus, pasti ke depan Gubernur Jawa Barat ini memerlukan website. Di saat itulah kamu beli nama domain ridwankamil.com , ridwankamil.id, atau ridwankamil.net.

Alur dari proses jual beli tersebut terangkum sebagai berikut:

  1. Gunakan tool seperti Just Dropped dan beli nama domain yang unik (contoh : ridwankamil.com).
  2. Daftarkan ulang nama domain.
  3. Tunggu calon pembeli.
  4. Jual dan dapatkan keuntungan.

Atau kamu bisa langsung menawarkan ke Ridwan Kamil untuk membeli domain yang sudah kamu beli. Tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Cari Duit Online

Menjual Foto dan Video

Jikalau kamu suka dengan dunia fotografi, senang mengeksplor berbagai macam keindahan alam serta memiliki peralatan fotografi yang mumpuni maka kamu bisa menyalurkan hobimu tersebut menjadi bukan sekedar hobi saja tetapi hobi yang dibayar. Menarik, kan?

Ada beberapa website yang menyediakan jasa pengunggahan foto dan video dan kamu akan dibayar ketika foto dan videomu ingin dimiliki oleh user. Beberapa website tersebut, diantaranya:

Kedua website tersebut ditujukan untuk kamu yang suka dunia fotografi. Kalau kamu lebih suka ke arah videografi maka kamu bisa mencoba website-website berikut:

Baca Juga: Inilah Aplikasi yang Menghasilkan Uang Untukmu

Cari Duit Online

Membuat Kursus Online

Belakangan ini kursus online telah marak di jagat dunia maya. Hal ini didorong dengan hadirnya ruangguru dan indonesiax sebagai pendorong hadirnya berbagai macam kursus online.

Kamu juga bisa memanfaatkan keahlian yang kamu punya untuk dijadikan sebuah kursus online. Misal, kamu adalah orang yang expert di bidang digital marketing maka kamu bisa membuat kursus online tentang digital marketing. Jikalau kamu adalah orang yang expert di bidang design and branding maka kamu juga bisa membuat kursus online tentang design.

Kalau kamu punya keahlian untuk membuat website atau punya partner yang bisa mengeksekusi website untuk menjadi website yang berisi pembelajaran online maka kamu bisa memanfaatkan itu. Tapi bila tidak, kamu bisa mencoba platform skydu.id yang bisa membuatkan kursus online untukmu. Kamu tinggal eksekusi konten saja nanti platform biar mereka yang urus. Namun, kamu perlu merogoh kocek di awal untuk biaya platform sebesar 300ribu/bulan. Tapi bila pembelajaranmu banyak diminati maka 300ribu/bulan harusnya bukan menjadi masalah untukmu.

Cari Duit Online

Menjadi Asisten Virtual

Jikalau kamu adalah orang yang sangat rapih dalam hal mengelola dan mengatur sesuatu maka menjadi asisten virtual sangat cocok untukmu sebagai cara kamu cari duit online. Kebutuhan akan asisten virtual dibutuhkan biasanya oleh lembaga atau perorangan untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Asisten virtual yang dibutuhkan biasanya terkait dengan input data, kelola email, melakukan riset dan sebagainya.

Lowongan untuk menjadi asisten virtual terbuka di banyak platform penyedia lowongan freelancer seperti sribulancer, upwork, Fiverr dan Remote.co

Cari Duit Online

Mengisi Survey Online

Kebutuhan untuk mendapatkan data mendorong banyak peneliti untuk memberikan insentif kepada orang-orang yang menjadi target data mereka.

people follows incentive, inilah teori yang berlaku. Kamu akan susah mendapatkan data seseorang bila mereka tidak mendapatkan apapun dari pengisian survey yang mereka lakukan. Mengandalkan niat baik untuk membantu saja tidak cukup.

Menariknya, kamu bisa ikutan survey online ini untuk mendapatkan insentif dengan mudah karena ada platform yang menyediakan hal tersebut. Mereka akan membayarmu bila kamu mengisi survey yang telah disediakan. Platform-platform tersebut diantaranya: ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, OpinionWorld, GlobalTestMarket, Mobrog, dan SurveyOn. Menarik, kan?

Cari Duit Online

Podcast

Cara cari duit online yang keenam atau yang terakhir adalah dengan podcast. Kamu mungkin sudah tidak asing mendengar kata, “podcast” apalagi kalau kamu terbiasa menggunakan aplikasi spotify.

Di era saat ini, podcast semakin kian diminati. Banyak orang berlomba-lomba membuat podcast dengan konten-konten yang menarik dan memiliki niche. Meskipun ada juga yang kontennya tidak spesifik dan memang mereka punya prinsip “ngalir aja, apa yang sedang ramai itulah yang akan dibahas”.

Loh, bukannya podcast itu gratis ya? Gimana cara dapetin duitnya?

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Memang untuk mendapatkan uang melalui podcast butuh effort yang lebih. Kalau kamu menumpang di sebuah aplikasi semacam spotify artinya kamu perlu membuat konten yang berkualitas dan mengumpulkan banyak followers. Ketika kamu sudah banyak followers, kamu bisa menawarkan kerjasama dengan pihak yang produknya ingin dipromosikan melalui podcast yang kamu buat. Kalau kamu punya website atau aplikasi sendiri seperti inspigo maka kamu bisa membuat semacam premium member yang tentunya berbayar bagi mereka yang ingin mendengarkan podcast-podcast berkualitas yang telah kamu buat.

Kesimpulan

Itulah enam cara cari duit online yang bisa kamu coba. Dunia internet sangat luas dan banyak potensi yang bisa kamu mengeksplor untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dari keenam cara tersebut pilihlah yang paling cocok untuk kamu.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here