5 Contoh Strategi Pemasaran yang Efisien dan Ampuh

0
3082
contoh strategi pemasaran

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang contoh strategi pemasaran. Tapi sebelum lanjut mari kita cari tahu dulu apa itu strategi pemasaran.

Strategi pemasaran adalah sebuah rancangan yang dibuat dengan menetapkan suatu tujuan tertentu untuk memaksimalkan pemasaran sebuah produk.

Pemasaran menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Karena itu adalah pintu perusahaan untuk mendapatkan uang.

Bayangkan bila suatu perusahaan tidak memiliki strategi pemasaran yang mumpuni. Produk yang seharusnya bisa laku terjual malah terpendam begitu saja tanpa ada peminat. Sayang, bukan?

Buat kamu yang saat ini sudah memiliki usaha, kamu bisa mencoba 5 contoh strategi pemasaran yang akan dipaparkan di artikel ini. Apa saja strategi tersebut?

Baca Juga: Bisnis Syariah (Definisi, Perbedaan dan Contoh)

Contoh Strategi Pemasaran
sumber: unsplash.com

Melakukan Riset Pasar

Bahasa lebih mudahnya adalah mengenali siapa pelanggan dari produk kamu. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu bisa memetakan segmentasi atas produk yang kamu jual.

Jangan sembarangan menggunakan asumsi untuk menentukan siapa pengguna produkmu. Karena bisa jadi mereka ternyata bukan pembeli produkmu.

Misal, kamu menjual produk baju anak muslim. Terus tiba-tiba kamu memetakan bahwa pembelinya adalah anak-anak. Benarkah, demikian?

Nyatanya tidak. Karena yang sebenarnya menjadi pembeli atas baju anak muslim tersebut adalah ibu-ibu yang punya anak. Karena mereka yang punya uang. Sehingga kamu harus menciptakan strategi pemasaran agar ibu-ibu tersebut bisa membeli produk kamu.

Menggunakan Influencer, Endorse atau Key Opinion Leaders

Kamu tahu mengapa sebuah startup seperti ruangguru bisa begitu sukses?

Salah satunya dalah karena ia memiliki influencer yang menjadi daya tarik atas startup tersebut. Influencer tersebut adalah pemain utama film Dilan yaitu Iqbal.

Bahkan tidak hanya Iqbal, penyanyi cantik yang berasal dari group musik Sabyan Gambus yaitu Nissa Sabyan juga ikut mempromosikannya.

Salah satu contoh strategi pemasaran yang seperti ini juga bisa kamu contoh. Carilah influencer yang cocok dengan produk kamu. Karena ketika seorang influencer atau key opinion leaders sudah mengendorse produk kamu biasanya orang akan lebih percaya.

Apalagi buat mereka yang fanatik dengan influencer tersebut. Pasti dia akan membeli barang yang juga digunakan oleh influencer tersebut.

Contoh Strategi Pemasaran
sumber: unsplash.com

Mencari Tempat Strategis

Buat kamu yang memiliki toko offline, maka mencari tempat strategis adalah contoh strategi pemasaran yang harus kamu terapkan.

Buatlah toko kamu mudah dijangkau orang. Disarankan berada di dekat jalan raya yang mudah akses kendaraan. Usahakan juga tempat yang kamu pilih merupakan jalur orang pulang kerja.

Dengan memilih tempat yang berada pada jalur orang pulang kerja maka potensi pelanggan akan mengunjungi tempatmu akan tinggi. Karena itu adalah waktu mereka rehat dan bisa mampir sejenak ke tokomu.

Baca Juga: Affiliate Marketing (Panduan Lengkap dan Tips Sukses Menjalankannya)

Menawarkan Produk Tester/Gratis

Contoh strategi pemasaran yang satu ini dilakukan oleh pemain baru di industri kopi yaitu pikopi. Di beberapa stasiun seperti manggarai dan depok baru, pikopi menawarkan produknya secara gratis kepada seluruh pengguna kereta api.

Hal ini menjadi strategi mereka agar produk mereka digunakan terlebih dahulu. Ketika pelanggan sudah menggunakan dan dirasa cocok maka akan menarik mereka untuk mencoba lagi dan akhirnya membeli produk pikopi.

Kamu juga bisa menggunakan cara ini agar pelanggan mencoba dulu produkmu. Ingat, tidak ada orang yang tidak mau produk gratis, jadi pasti produk kamu akan diambil, hehe.

Memaksimalkan Internet Marketing

Pada era saat ini, internet marketing sudah menjadi strategi yang sangat powerful untuk meningkatkan penjualan. Selain biayanya yang efisien, jangkauan dan ketepatan sasarannya juga lebih baik ketimbang pemasaran konvensional.

Coba bayangkan kalau kamu iklan di TV dengan nilai iklan ratusan juta. Belum tentu yang melihat iklanmu adalah orang yang sesuai dengan target pasarmu.

Kalau kamu menggunakan internet marketing maka kamu bisa mengukur jangkauannya berapa banyak dan menargetkan secara spesifik siapa pelanggan yang akan melihat iklan produkmu.

Internet marketing yang bisa kamu maksimakan bisa terkait dengan Social Media Optimization (SMO) yaitu Facebook organik, facebook ads, instagram organik dan instagram ads.

Baca Juga: Strategi Instagram Marketing untuk Meningkatkan Omsetmu

Atau Search Engine Optimization (SEO) yaitu strategi agar usahamu berada di peringkat satu google untuk sebuah kata kunci.

Misal, kamu jualan baju anak muslim dengan merk afrakids. Nah, ketika orang mengetik di google “Jual Baju Anak Muslim” maka produk merk afrakids berada di rangking pertama google.

Kesimpulan

Demikianlah 5 contoh strategi pemasaran yang bisa kamu ikuti untuk memaksimalkan penjualan produk kamu. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan kamu dan memberikan kemudahan untuk kamu menjalankan bisnis.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.