Dajjal : 5 Fakta tentang Dajjal, serta Doa Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

0
25306
Dajjal

Salah satu rukun iman yang kelima adalah iman kepada hari akhir. Tidak ada yang bisa menafikkan hal tersebut.

Meskipun, bila dilihat kenyatanyaan agaknya cukup miris menyaksikan banyak pihak yang tidak mempercayainya. Bahkan ada yang terang-terangan menyebutkan bahwa surga dan neraka hanyalah khayalan.

Semoga kita tidak termasuk diantaranya. Pembahasan mengenai hari akhir tidak akan terlepas dari tanda-tandanya.

Karena perkara waktu kapan akan terjadinya hanyalah Allah yang tahu. Manusia hanya diberikan tanda-tandanya saja. Dan salah satu tandanya adalah kemunculan dari makhluk bernama dajjal.

Dalam hadits riwayat Hudzaifah bin Asid al-Ghifari, Rasulullah SAW bersabda,

Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,”

Lalu, apa saja fakta terkait dajjal yang perlu diketahui.

Setidaknya ada 5 hal yang akan dipaparkan dalam artikel ini mengenai dajjal.

Baca Juga: Huruf Hijaiyah

Dajjal
sumber: google.com

1. Buta Sebelah Matanya

Inilah fakta pertama yang mesti diketahui tentang dajjal. Makhluk tersebut tidaklah bermata sempurna. Ia buta sebelah matanya. Tepatnya pada mata kanannya.

Ada banyak hadist yang menjelaskan tentang ciri-ciri fisik dajjal. Salah satunya diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda,

“(Dajjal) buta sebelah, putih dan berkilau, seolah kepalanya adalah (kepala) ular, dan (dia) adalah orang yang paling mirip dengan Abdul ‘Uzza bin Qathan. Jika dia itu celaka dan sesat, maka ketahuilah bahwa Tuhan kalian tidaklah buta sebelah.” (HR. Ahmad 1/240. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih li ghoirihi)

Lokasi buta di sebelah kanan dijelaskan dalam hadist,

Sesungguhnya Allah ta’ala tidak buta, ketahuilah bahwa al-Masih ad Dajjal buta sebelah kanannya seakan-akan sebuah anggur yang busuk” (HR. Bukhari)

2. Dijidatnya tertulis kata Kafir

Fakta berikutnya terkait dengan makhluk yang satu ini adalah bahwa di jidatnya tertulis dengan jelas tulisan ka-fa-ra alias kafir.

Sebagaimana dalam hadist Nabi,

Dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabda: ” Dan di antara kedua matanya termaktub tulisan “kafir” (H.R. Bukhari, Kitabul Fitan, Bab Dzikrid Dajjal Jilid 13 hal 91).

Kemudian beliau SAW mengejanya, “Kaf-Fa-Ra- yang dapat dibaca oleh setiap muslim,” (H.R. Muslim Jilid 18: 59).

Siapapun, baik mereka yang bisa baca tulis ataupun tidak pasti bisa membaca tulisan tersebut.

Baca Juga: Asal-Usul Primbon dan Hukumnya dalam Islam

3. Muncul di daerah Khurasan

Meskipun disebut-sebut bahwa dajjal berada di segitiga bermuda, nyatanya dalam sebuah hadist disebutkan bahwa sosok makhluk yang satu ini akan muncul di daerah khurasan.

Nabi SAW bersabda, “Dajjal akan keluar dari muka bumi ini, di bagian timur yang bernama Khurasan”. (HR Tirmidzi).

Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Al-Hadith Al-Nabawi menjelaskan bahwa Khurasan berada ujung timur Laut Iran. Pusat kotanya adalah Masyhad.

4. Tidak Memasuki Kota Makkah dan Madinah

Ketika dajjal sudah muncul ke muka bumi, maka tidak akan ada yang bisa terhindar dari jeratannya. Karena ia akan masuk melewati jalan apapun bahkan sampai ke lorong-lorong.

Namun, dari semua daerah yang ia jelajahi, hanya dua tempat yang tidak dapat ia masuki. Kedua tempat tersebut adalah kota suci Makkah dan kota suci Madinah.

Karena di setiap lorong di kedua tempat tersebut ada malaikat yang menjaganya. Malaikat tersebut siap untuk menghunuskan pedang tatkala dajjal datang.

Termaktub dalam hadist Fathimah binti Qais Radhiyallahu anhuma, bahwa Dajjal mengatakan, “Lalu aku bisa keluar. Aku akan berjalan di muka bumi, maka tidak akan aku tinggalkan satu kampung pun kecuali aku singgah kepadanya dalam waktu empat puluh malam, selain Makkah dan Thaibah (Madinah al-Munawarah), keduanya diharamkan untukku, setiap kali aku hendak masuk ke salah satu darinya, maka Malaikat akan menghadangku dengan pedang yang terhunus yang menghalangiku untuk memasukinya, dan di setiap lorong darinya ada Malaikat yang menjaganya.” (Shahiih Muslim, kitab al-Fitan wa Asyraathus Saa’ah, bab Qishashatud Dajjal)

Dajjal
Sumber: google.com

5. Tangan Kanannya adalah Api dan Tangan Kirinya adalah Air

Inilah hal yang perlu untuk diantisipasi oleh umat Islam. Karena inilah fitnah dajjal yang sulit untuk dihindari tanpa adanya keimanan.

Dajjal akan menawarkan kepada yang ingin menjadi pengikutnya antara api dan air/sungai yang berada di tangannya.

Sungguh, pilihlah sebaliknya. Karena api yang ditawarkan dajjal sesungguhnya adalah air dan air yang ditawarkan sesungguhnya adalah api.

Sehingga apabila disuruh memilih maka pilihlah api. Maka itu yang akan membuat umat Islam selamat.

Mungkin terlihat di awal bahwa api yang dibawanya sungguh menyeramkan tapi itulah yang akan membawa keselamatan. Sedangkan air/sungai yang ia bawa di tangan kirinya sungguh itu yang akan menyengsarakan dan membawa ke nerakanya.

Baca Juga: Kilas Balik dan Perkembangan Kitab Kuning

Doa Agar Terhindar Fitnah

Membaca fakta terkait dengan makhluk yang satu ini tentunya membuat kita harusnya lebih waspada terutama terhadap fitnahnya yang mematikan.

Islampun mengajarkan doa agar terhindar dari fitnah dajjal, berikut doanya:

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal.”

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang dajjal terkait dengan faktanya serta doa untuk menghindari fitnahnya.

Semoga penjelasan ini menambah kewaspadaan kita dan semakin memperteguh keimanan serta meningkatkan ketaqwaan kita untuk mempersiapkan diri menghadapi hari akhir.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.