Digital Marketing adalah Strategi Marketing Masa Kini Berikut Manfaatnya

0
1179
Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi marketing masa kini yang saat ini menjadi sangat powerful untuk membantu menjual produk.

Ada banyak tokoh-tokoh digital marketer di Indoneisa. Diantaranya adalah Denny Santoso, Dewa Eka Prayoga, Rico Huang, Albert Leonardo, Maula Nuruddin Al Haq dan masih banyak lagi.

Bahkan peran sebagai seorang digital marketer telah dicari banyak perusahaan. Tidak tanggung-tanggung, penghasilan yang ditawarkan kepada mereka tergolong besar.

Karena perusahaan tahu begitu besar pengaruhnya strategi digital marketing ini terhadap penjualan.

Bahkan agensi yang berfokus pada digital marketing ini juga sudah mulai banyak.

Dengan strategi promosinya, mereka menawarkan jasa digital marketing mulai dari pembuatan konten, manajemen sosial media, website dan masih banyak lagi.

Lalu, apa sih sebenarnya digital marketing itu?

Apakah digital marketing adalah strategi pemasaran yang paling bagus dibandingkan pemasaran tradisional?

Lalu apa fungsinya untuk bisnis?

Semua itu akan kita bahas pada artikel ini.

Baca Juga: Digital Marketing dan Industri Halal di Indonesia beserta Contohnya

Digital Marketing adalah
sumber: google.com

Pengertian

Digital marketing atau pemasaran digital adalah konsep pemasaran untuk menyampaikan value kepada pelanggan melalui digital.

Semua channel marketing yang menggunakan media digital seperti social media, website, dan sejenisnya disebut digital marketing.

Bicara soal digital marketing maka ada beberapa turunannya yang biasanya setiap orang memiliki expertise di bidang tersebut.

Diantaranya:

A. Social Media Marketing, yang mengurus konten-konten sosial media untuk diupload sebagai media memberikan awareness kepada publik dan meningkatkan branding usaha.

B. Social Media Advertising, yang mengurus iklan sosial media baik melalui Facebook ataupun instagram. Keduanya terhubung pada satu platform yaitu Facebook ads.

C. Search Engine Optimization (SEO), yaitu teknik untuk membuat website berada di ranking 1 google.

Teknik ini biasanya dioptimasi dengan membuat artikel yang SEO friendly dan memaksimalkan backlink.

D. Search Marketing Optimization (SMO). Berbeda dengan SEO yang dilakukan secara organik, SMO menggunakan metode paid dalam marketingnya.

Salah satu contoh dari SMO adalah google adwords.

E. Website/Landing Page Builder. Ini juga bagian dari strategi digital marketing. Karena pada akhirnya salah satu tujuan digital marketing adalah meningkatkan traffic.

Traffic akan diarahkan ke website atau landing page agar calon konsumen masuk ke dalam funneling bisnis yang telah dibuat dan akhirnya meningkatkan konversi penjualan.

Baca Juga: Affiliate Marketing (Panduan Lengkap dan Tips Sukses Menjalankannya)

Digital Marketing adalah
sumber: google.com

Manfaat

Tentu ada alasan mengapa digital marketing harus diterapkan ke dalalam semua lini bisnis termasuk bisnis yang saat ini kamu jalankan.

Karena setidaknya ada 5 manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menerapkan konsep ini. Berikut adalah manfaatnya:

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Lain halnya dengan pemasaran tradisional yang memiliki ruang lingkup terbatas. Digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Kalau kita melihat data statistik pengguna sosial media di Indonesia, ada 62 juta pengguna instagram dan 130 juta pengguna facebook.

Tentu ini menjadi pasar yang gurih bagi para pelaku bisnis. Iklan produkmu bisa dilihat oleh jutaan orang tersebut dan potensi closing-nya tentu menjadi tinggi.

2. Pasar Lebih Tertarget

Kalau kamu pakai konsep pemasaran tradisional seperti memasang spanduk, iklan di televisi dan iklan di koran belum tentu yang membaca iklanmu adalah target pasarmu.

Dalam digital marketing, kamu bisa menargetkan iklan sesuai target pasar yang kamu incar. Iklan tersebut bisa kamu setting berdasarkan demografinya.

Misal, kalau kamu mau jual sepatu pria. Kamu bisa menentukan spesifikasi seperti:

–> Jenis kelamin = laki-laki

–> Usia = 20-39 tahun

–> Wilayah = Jabodetabek

–> Minat/interest = Nike, Olahraga, dsb.

Semua itu bisa kamu setting agar iklanmu ditampilkan pada target pasar yang tepat.

3. Biaya Iklan Lebih Efisien

Kamu tahu berapa biaya pasang iklan di TV dan Billboard?

Biayanya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Angka yang cukup fantastis bukan? Terlebih buat kamu yang baru memulai usaha.

Menggunakan konsep digital marketing adalah yang paling baik untuk menghemat biaya iklan. Karena kamu bisa beriklan mulai dengan budget Rp10.000. Beda jauh, bukan?

4. Meningkatkan Branding

Salah satu tujuan digital marketing adalah meningkatkan branding dari produk yang kamu jual.

Sosial media yang kamu buat untuk bisa kamu maksimalkan dengan membangun konten di dalamnya.

Dengan memaksimalkan konten yang menarik maka itu bisa membantu meningkatkan branding atas usahamu.

5. Meningkatkan Penjualan

Ini adalah tujuan utama dari hadirnya digital marketing yaitu meningkatkan penjualan yang tentunya berakhir dengan meningkatnya profit.

Dengan hadirnya konsep ini, kamu akan bisa menjangkau lebih banyak orang yang tertarget. Apalagi kalau konten iklannya menarik dengan copywriting yang ajib.

Tentunya akan meningkatkan konversi penjualan produkmu.

Baca Juga: Panduan Membuat Copywriting yang Menjual dan Gurih

Kesimpulan

Digital marketing adalah konsep pemasaran masa kini yang memberikan banyak manfaat. Diantaranya adalah hematnya biaya, pasar tertarget dan akhirnya meningkatkan penjualan.

Kalau kamu ingin meningkatkan penjualan produk atau jasamu maka kamu bisa mulai mengimplementasikan konsep digital marketing ini.

Jika kamu ingin mengembangkan skill digital marketingmu, kamu dapat mulai dengan membuat facebook ads, baca selengkanya di cara membuat facebook ads.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.