Doa 1000 Dinar Sebagai Wasilah untuk Mendatangkan Rezeki

0
88
doa 1000 dinar

Doa adalah senjata umat Islam untuk mendapatkan apapun yang diinginkan. Salah satu permintaan yang paling banyak diminta oleh umat Islam adalah perihal rezeki dan doa yang umum untuk memanggil rezeki adalah doa 1000 dinar.

Rezeki memang tidak hanya uang. Ia bisa berupa apapun yang bermanfaat untuk manusia. Bisa berupa kesehatan, kebahagiaan, materi dan sebagainya.

Definisi rezeki dalam Islam adalah sebagai berikut:

هُوَ كُلُّ مَا تَنْتَفِعُ بِهِ مِمَّا اَبَاحَهُ اللهُ لَكَ سَوَاءٌ كَانَ مَلْبُوْسٌ اَوْ مَطْعُوْمٌ … حَتَّى الزَّوْجَة رِزْق، الاَوْلاَدُ وَ البَنَاتُ رِزْقٌ وَ الصِّحَةُ وَ السَّمْعُ وَ العَقْلُ …الخ

“Segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untukmu, entah berupa pakaian, makanan, sampai pada istri. Itu semua termasuk rezeki.

Begitu pula anak laki-laki atau anak peremupuan termasuk rezeki. Termasuk pula dalam hal ini adalah kesehatan, pendengaran dan penglihatan.”

Sayangnya memang saat ini masih banyak yang mendefinisikan rezeki hanya berupa uang. Sehingga bila ia tidak memiliki uang maka alasannya “belum dikasih rezeki”.

Padahal bila ia mau menelisik lebih dalam sebenarnya rezeki sudah Allah berikan, salah satu yang paling berharga adalah rezeki nikmat hidup sehat.

Baik, sekarang kita bicara rezeki lebih spesifik yaitu terkait dengan uang. Banyak orang yang merasa kesulitan mendapatkan uang terkhusus di masa pandemi.

Banyak yang ter-PHK dan bingung ingin memulai mencari uang dari mana. Ingin buka usaha tapi terkendala modal yang tidak cukup.

Di tengah kondisi yang stuck seperti itu akhirnya segala cara dilalui termasuk dengan cara-cara yang tidak dibenarkan dalam Islam alias haram.

Amat disayangkan bila hal tersebut menjadi pilihan yang harus dikerjakan.

Setidaknya bila tidak mendapatkan pekerjaan yang halal maka ikhtiarlah terus sambil berdoa dan disarankan untuk membaca doa 1000 dinar.

Baca Juga: Doa Khatam Al-Quran dan Terjemahan Lengkap

Doa 1000 dinar
sumber: pixabay

Apa itu Doa 1000 Dinar

Ini adalah doa yang diambil dari QS. At-Thalaq ayat 2-3. Berikut lafadz ayatnya,

QS. At-Thalaq ayat 2

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

Latin:

fa iżā balagna ajalahunna fa amsikụhunna bima’rụfin au fāriqụhunna bima’rụfiw wa asy-hidụ żawai ‘adlim mingkum wa aqīmusy-syahādata lillāh, żālikum yụ’aẓu bihī mang kāna yu`minu billāhi wal-yaumil-ākhir, wa may yattaqillāha yaj’al lahụ makhrajā

Terjemahan:

Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah.

Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.

QS. At-Thalaq ayat 3

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Latin:

wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā

Terjemahan:

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Baca Juga: Doa untuk Orang Sakit

Doa 1000 dinar
sumber: pixabay

Kontroversi Doa 1000 Dinar

Sayangnya memang tidak ada dalil terkait dengan doa ini. Istilah 1000 dinar disematkan karena doa ini berisi keterangan bahwa Allah akan memberikan rezeki pada hambanya.

Istilah 1000 dinar hanya istilah tambahan saja tanpa mengacu pada dalil tertentu. Sayangnya banyak orang yang salah paham dengan istilah ini.

Banyak yang menganggap bahwa bila mengamalkan (re: membaca) doa ini maka dipastikan rezekinya akan datang. Dia akan menjadi kaya raya.

Bahkan ada yang menjadikan doa ini untuk diperjual belikan dengan mahar atau ijazah. Sebelum mengamalkan doa ini, mereka disyaratkan untuk mandi, puasa, harus ada ijazah dan sebagainya.

Perbuatan ini tentunya tidak akan mendatangkan pahala malah mendatangkan kesyirikan dan itu merupakan dosa besar.

Baca Juga: Doa Kafaratul Majelis

Substansi Doa 1000 Dinar

Poin penting dalam doa tersebut terdapat pada kalimat “dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”.

Yap bila kamu ingin dicukupkan rezekinya maka kuncinya adalah bertawakal. Ingat, tawakal bukanlah pasrah. Ia adalah aktivitas berserah diri setelah ikhtiar yang telah dilakukan.

Dengan adanya kontroversi terkait dengan doa tersebut bukan berarti membaca ayat tersebut menjadi haram. Yang perlu dipahami adalah bahwa yang salah adalah pengamalannya yang memiliki prasyarat dan memberikan jaminan fadilah tertentu tanpa adanya dalil.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang doa 1000 dinar berikut arab, latin, terjemah serta fakta-fakta tentangnya. Semoga dapat menambah wawasanmu terkait dengan doa ini.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.