Doa Khatam Al Quran dan Terjemahannya Lengkap

0
236
doa khatam al quran dan terjemahannya

Membaca al-qur’an adalah salah satu ibadah yang ditekankan pengerjaannya dalam Islam. Memang sifatnya tidak sewajib melaksanakan sholat tetapi bukan berarti aktivitas ini boleh ditinggalkan. Ketika kamu tela membaca al-qur’an jangan lupa untuk membaca doa khatam Al-Quran dan terjemahannya.

Apa yang dimaksud dengan khatam Al-Qur’an?

Maksudnya adalah telah selesainya membaca Al-Qur’an dalam satu kitab full dari mulai surat pembuka yaitu Al-Fatihah hingga surat penutup yaitu An-Nas.

Jumlah surat di dalam Al-Qur’an ada 144 surat, jumlah ayat ada 6236 dan jumlah juz ada 30. Artinya bila kita telah mengkhatamkan Al-Qur’an kita sudah membaca sebanyak 144 surat, 6236 ayat dan 30 juz.

Sebagai seorang muslim yang paling penting sebenarnya bukan mengkhatamkan Al-Qur’annya tetapi tentang implementasi ayat-ayat di dalam Al-Qur’an terhadap kehidupan sehari-hari.

Bukan sesuatu yang terlambat bila kamu baru mulai membaca Al-Qur’an sekarang. Lebih baik baru mulai daripada tidak sama sekali memulai.

Bahkan bila kamu terbata-bata sekalipun, kamu tetap mendapatkan pahala dua kali lipat sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW,

عَن عَائِشَةَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَتُ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم الَماهر باِلقُرانِ مَعَ السَفَرَةَ الكِرَامِ الَبَرَرَةِ وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران (رواه البخارى ومسلم وابو داوود والترمذى وابن ماجه).

Dari Aisyah r.h.a berkata bahwa Rasulullah saw.bersabda, “Orang yang ahli dalam Alquran akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang terbata-bata membaca Al-Quran sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud)

Sebagai umat Islam, alangkah baiknya bila kita terus-terusan membaca dan mengkaji Al-Quran karena kelak ia bisa memberikan syafaat kepada kita.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Artinya:

“Bacalah Al-Quran, sesungguhnya ia (Al-Quran) akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” (Imam Muslim, Shahih Muslim).

Oke kembali ke topik utama tentang doa khatam Al-Quran dan terjemahannya. Lantas bagaimana lafadznya?

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur dan Ketentuannya agar Tidak Syirik

Doa Khatam Al Quran dan Terjemahannya
sumber: pixabay

Doa Khatam Al Quran dan Terjemahannya

Berikut adalah lafadz dari doa tersebut dalam bahasa arab,

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِاْلقُرْآنْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ، اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ، وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ، وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ

Latin,

“Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.”

Terjemahan,

“Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku dengan kitab Al-Quran yang agung ini, jadikanlah ia (Al-Quran) bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat.”

“Ya Allah ingatkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.”

Baca Juga: Segala hal tentang Doa Nurbuat

Doa Khatam Al Quran dan Terjemahannya
sumber: pixabay

Keutamaan Mengkhatamkan Al-Qur’an

Sebelumnya telah disampaikan bahwa Al-Qur’an ketika ia dibaca dan terlebih diamalkan maka ia akan menjadi syafaat kita di yaumil akhir.

Ketika kita memiliki dosa yang amat banyak tetapi karena rajinnya kita membaca Al-Qur’an maka Al-Qur’an itu akan menjadi penyelamat dari siksaan atas dosa yang kita perbuat.

Selain itu, orang yang sampai mengkhatamkan Al-Qur’an juga bisa mendapatkan keutamaan yaitu memiliki doa yang mustajab. Yap doamu akan lebih mudah dikabulkan.

Pernyataan ini ditegaskan oleh hadist Nabi Muhammad SAW,

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ فَرِيضَةٍ فَلَهُ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ، وَمَنْ خَتَمَ الْقُرْآنَ فَلَهُ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ

Artinya,

“Barangsiapa yang sholat yaitu sholat fardhu maka dia memiliki doa yang mustajab, dan barangsiapa yang mengkhatamkan Al-Quran maka dia memiliki doa yang mustajab.” (Imam Ath Thabarani dalam Al Mujam Al Kabir No. 647).

Baca Juga: 8 Tingkatan Surga

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang doa khatam Al Quran dan terjemahannya. Sekali lagi perlu diingatkan bahwa tujuan kita membaca Al Quran bukan hanya sekedar menamatkannya tetapi yang paling penting adalah mengamalkan segala isinya.

Tentunya dengan harapan mendapatkan ridha Allah SWT.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.