Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah: Arab, Latin, dan Terjemahan

0
157
doa masuk rumah dan doa keluar rumah

Ketika kita akan beraktivitas keluar dan kembali ke rumah alangkah baiknya kita mengucapkan doa masuk rumah dan doa keluar rumah.

Islam adalah agama yang komprehensif. Setiap aktivitas manusia dari bangun tidur sampai tidur lagi diatur secara komprehensif termasuk doa yang meliputinya.

Termasuk perkara masuk dan keluar rumah. Terdapat doa yang kamu disunnahkan untuk membacanya. Rumah adalah tempat dimana segala aktivitas kita yang sifatnya private terjadi.

Termasuk hubungan bersama keluarga seperti berkumpul, makan bersama, dan sebagainya. Ketika kamu berada di luar dan hendak pulang ke rumah maka sebelum masuk rumah dihendakkan untukmu membaca doa.

Begitupun ketika kamu akan keluar rumah maka alangkah baiknya kamu membaca doa keluar rumah. Lantas bagaimana lafadz kedua doa tersebut? Mari kita bahas sampai tuntas.

Baca Juga: Doa Menempati Rumah Baru (Arab, Latin, dan Terjemah)

Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah
sumber: unsplash

Dalil Disunnahkan Membaca Doa Keluar Masuk Rumah

Sebenarnya yang disunnahkan adalah menyebut nama Allah ketika keluar atau masuk ke rumah. Rasulullah bersabda: “Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya),

“Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.”

Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim 2018)

Selain itu juga disunnahkan untuk membaca salam ketika masuk rumah sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. An-Nur ayat 61, yang artinya: ….Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri,

salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya.”

Baca Juga: Doa untuk Orang Umroh

Doa masuk rumah dan doa keluar rumah
sumber: unsplash

Doa Masuk Rumah

Perihal doa masuk rumah ini terdapat dua jenis yaitu masuk ke rumah yang ada orangnya dan masuk ke rumah yang kosong. Pada saat rumahmu terdapat penghuninya maka lafadz doa yang pas adalah sebagai berikut:

Ketika ada penghuninya:

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Latin:

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIROL MAULIJI WA KHOIROL MAKHROJI BISMILLAAHI WA LAJNAA WA BISMILLAAHI KHOROJNAA WA ‘ALALLOHI ROBBINAA TAWAKKALNAA.

Terjemahan:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Ketika rumah kosong:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Latin:

ASSALAAMU’ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBAADILLAAHISH SHOOLIHIINA

Terjemahan:

“Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh”

Doa Keluar Rumah

Kemudian ketika kamu hendak keluar rumah juga disunnahkan untuk membaca doa. Berikut adalah lafadznya:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Latin:

BISMILLAAHI TAWAKKALTU ‘ALALLOOHI LAA HAWLAA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI

Terjemahan:

“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.”

Baca Juga: Makna Muttafaq Alaih

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang doa masuk rumah dan doa keluar rumah lengkap berikut lafadz arab, latin, dan terjemahan. Semoga dapat menambah wawasan keislamanmu.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.


Temukan doa lainnya di website bersholawat.id. Berikut beberapa kumpulan doa dari website bersholawat.id

  1. Doa-Doa Pilihan Untuk Melancarkan Rezeki
  2. Doa-Doa Pilihan di Malam Lailatul Qadar