Doa Menjenguk Orang Sakit: Lafadz Arab, Latin, dan Terjemahan

0
205
doa menjenguk orang sakit

Sakit adalah kondisi yang tidak bisa dielakkan oleh setiap individu. Kondisi ketika kita sakit memang tidak seenak ketika sehat. Banyak aktivitas normal yang sulit dilakukan. Selain mengkonsumsi obat faktor psikologis seperti dijenguk juga bisa memberikan dampak baik kepada kesehatan, terlebih bila sekaligus membacakan doa menjenguk orang sakit.

Doa ini tentunya dibacakan oleh mereka yang hendak menjenguk seseorang baik keluarga, saudara, teman atau tetangganya yang sedang sakit.

Anjuran menjenguk orang sakit juga termasuk ke dalam sunnah Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda,

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ السَّلَامُ: {عُوْدُوا الْمَرِيْضَ وَاَتْبَعُوا الْجَنَازَةَ تُذَكِّرْكُمُ الْآخِرَةَ}.

Artinya,

Nabi saw. bersabda, “Jenguklah orang sakit dan iringilah jenazah, maka hal itu akan mengingatkan kalian pada akhirat (keadaan dan kengeriannya).” (HR. Imam Ahmad, Imam Ibnu Hibban, Imam Al Baihaqi).

Apakah hadist tersebut bernada mewajibkan? Nyatanya Imam Nawawi Al-Bantani menilai bahwa hadist ini bukan memberikan kewajiban tapi hanya sekedar anjuran.

Hadist lain yang juga menjelaskan tentang keutamaan menjenguk orang sakit yaitu,

وَقَالَ عَلَيْهِ السَّلَامُ: {مَنْ عَادَ مَرِيْضًا لَمْ يَزَلْ فِيْ خُرْفَةِ الْجَنَّةِ}

Artinya,

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang menjenguk orang sakit maka ia selalu berada di taman surga.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Muslim dari sahabat Tsauban r.a.

Bila merujuk pada dua hadist tersebut maka bisa disimpulkan bahwa bila ada seseorang yang sakit maka disunnahkan untuk segera menjenguknya.

Kemudian yang paling penting dari itu juga adalah mendoakan mereka yang sakit. Bagaimana lafadznya?

Baca Juga: 9 Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa menjenguk orang sakit
sumber: pixabay

Doa Menjenguk Orang Sakit

Terkait dengan lafadz doa ini sebenarnya kamu bisa bebas membaca lafadz doa yang ingin kamu bacakan. Tentunya isinya mengandung kebaikan serta permohonan kesembuhan kepada yang sakit.

Ada beberapa riwayat terkait dengan lafadz doa ketika kamu menjenguk orang sakit. Salah satunya riwayat yang diambil ketika Anas bin Malik hendak melafadzkan doa. Berikut kisahnya:

‘Abdul ‘Aziz dan Tsabit pernah menemui Anas bin Malik. Tsabit berkata pada Anas saat itu, “Wahai Abu Hamzah (nama kunyah dari Anas), aku sakit.” Anas berkata, maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Tsabit pun menjawab, “Iya, boleh.” Lalu Anas membacakan do’a,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Latin,

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Terjemahan,

Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Baca Juga: Doa Khatam Al-Quran

Atau lafadz doa lain seperti berikut ini,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ وَاشْفِهِ وأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya,

Wahai Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi

Bila kamu merasa bahwa lafadz doa tersebut terlalu panjang maka kamu bisa mengucapkan lafadz doa berikut ini,

لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Latin,

Laa ba’sa thahuuraan, insya Allah.

Terjemahan,

“Tidak mengapa, Insya Allah sakitmu ini akan membersihkan dosamu. “

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur dan Praktiknya agar Tidak Syirik

doa menjenguk orang sakit
sumber: pexels

Penutup

Demikian penjelasan tentang doa menjenguk orang sakit lengkap dengan arab, latin, dan terjemahannya. Semoga penjelasan ini bisa menjadi panduanmu dalam mendoakan atau ketika menjenguk orang sakit.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.