Lafadz dan Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar untuk Meningkatkan Taubat

0
49134
doa sayyidul istighfar

Tidak ada manusia yang tidak terlepas dari dosa kecuali Nabi Muhammad SAW. Manusia sejatinya adalah makhluk yang mudah sekali terjerumus bila imannya sedang tidak stabil.

Agar manusia tetap terlindung dari dosa yang ia perbuat maka salah satu caranya adalah dengan melakukan istighfar.

Bacaan istighfar pada umumnya mungkin kamu sudah tahu. Berikut adalah bacaan istighfar yang umum dan singkat.

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Bacaan Latinnya: “Astaghfirullah Al Adzim.”

Terjemahannya: “aku memohon ampunan kepada Allah yang maha agung”

Ada juga bacaan istighfar yang lebih panjang yaitu,

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Bacaan latinnya: “Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih.”

Terjemahannya: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.”

Baca Juga: Bacaan, Tata Cara dan Keutamaan Sholat Tahajud

Doa Sayyidul Istighfar
sumber: google.com

Doa Sayyidul Istighfar

Ada juga doa sayyidul istighfar. Ini adalah bentuk istighfar yang memiliki narasi lafadz yang lebih panjang dari istighfar yang lain.

Doa sayyidul istighfar bila dilihat dari namanya, ia diambil dari bahasa arab yang artinya adalah penghulu istighfar.

Rasulullah SAW menyebut doa sayyidul istighfar dikarenakan doa ini melebihi dari seluruh bentuk doa istighfar dalam hal keutamaan.

Sebagaimana namanya, sayyid memiliki makna yaitu memiliki kedudukan yang tinggi. Sehingga doa ini adalah doa yang memiliki kedudukan yang tinggi dibandingkan istighfar yang lain.

Berikut adalah lafadz dari doa sayyidul istighfar,

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ،

أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Kemudian bacaan latinnya adalah sebagai berikut.

Allahumma Anta Rabbii Laa Ilaaha Illaa Anta Khalaqtnii Wa Anna ‘Abduka Wa Anaa ‘Alaa ‘Ahdika Wa Wa’dika. Mastatha’tu a’uudzu Bika Min Syarri Maa Shana’tu Abuu u Laka Bini’ Matika ‘Alayya Wa Abuu-uBidzanbii Faghfir Lii Fa Innahu Laa Yagfirudz Dzunuuba Illa Anta”

Terjemahannya:

”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu”

“Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku,  Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat”

“Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”. (HR. Bukhari).

Baca Juga: Panduan Sholat Hajat

Doa Sayyidul Istighfar
sumber: google.com

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Sebagaimana namanya bahwa doa sayyidul istighfar adalah doa yang melebihi doa istighfar yang lainnya. Maka ia juga memiliki keutamaan yang juga luar biasa.

Doa sayyidul istighfar salah satu keutamaannya adalah menjadi penduduk surga. Sebagaimana Sabda Nabi SAW,

“Barangsiapa mengucapkannya di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga.”

“Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk surga.” (HR. Al-Bukhari).

Kemudian orang yang sering membaca doa ini maka ia akan berpeluang mendapatkan ampunan Allah SWT.

Hal ini dikarenakan doa ini akan membimbing manusia mengingat dosa-dosanya dan senantiasa memohon taubat atas segala dosanya.

Kamu bisa rutinkan untuk membaca doa ini ketika menunaikan dzikir pagi dan petang.

Al-matsurat yang ditulis oleh Imam Hasan al Banna yang berisi dzikir pagi dan petang juga menempatkan doa sayyidul istighfar sebagai bacaan dzikirnya.

Baca Juga: Kisah 9 Tokoh Walisongon yang Menginspirasi

Kesimpulan

Demikianlah beberapa panduan tentang doa sayyidul istighfar yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya beristighfar atau memohon ampunan adalah kewajiban setiap Muslim.

Hal ini dikarenakan seorang Muslim tidak akan pernah luput dari kesalahan dan dosa. Jangan meremehkan dosa kecil, karena ia akan menjadi besar bila diabaikan terus menerus.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.