Doa Sebelum Tidur : Arab, Latin, Arti dan Maknanya

0
470
doa sebelum tidur

Sehari manusia diberikan waktu selama 24 jam. Tentunya tidak semua waktu tersebut digunakan secara full untuk aktivitas fisik. Pastinya ada waktu yang digunakan untuk merehatkan tubuh.

Pada dasarnya ada hak untuk tubuh agar bisa beristirahat. Karena tubuh kita akan masuk di fase dimana lelah itu akan menghampiri. Sehingga untuk bisa merecharge kembali adalah dengan tidur.

Dalam Islam, anjuran ketika hendak tidur adalah mengucapkan doa sebelum tidur. Sebenarnya ada beberapa anjuran Rasulullah SAW ketika hendak tidur. Diantaranya bersuci, tidur menghadap ke kanan dan sebagainya.

Mengapa harus keadaan suci?

Karena agar kelak saat dipanggil dalam keadaan tidur, kamu sudah dalam keadaan yang suci.

anjuran untuk tidur dalam keadaan suci terdapat pada hadist Nabi SAW.

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

yang artinya,

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban)

Baca Juga: La Tahzan untuk Kamu yang Merasa Sulit dan Banyak Beban

Doa Sebelum Tidur
sumber: unsplash.com

Doa Sebelum Tidur

Berbicara terkait doa sebelum tidur, kamu yang sudah pernah merasakan TPA ataupun yg tidak pasti sudah pernah diajarkan lafadz doa sebelum tidur.

Karena doa tersebut adalah doa yang umum diajarkan oleh guru agama sejak kamu kecil. Mungkin sekitaran SD.

Namun, untuk mengingatkan kembali inilah lafadz doa sebelum tidur,

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

Bacaan latinnya adalah sebagai berikut,

Bismika allahumma ahyaa wa amuut(u)

Terjemahannya adalah sebagai berikut,

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Kata-Kata Bijak yang Dapat Menginspirasi Siapapun yang Membaca

doa sebelum tidur
sumber: unsplash.com

Makna Doa Sebelum Tidur

Melihat terjemahan atas doa sebelum tidur, tersebut. Setidaknya ada tiga makna serta hikmah yang dapat dipetik dari doa tersebut.

Apa saja makna tersebut?

1. Tidur sama Halnya dengan Mati

Tidur adalah kondisi dimana manusia tidak dapat melakukan aktivitas apapun layaknya orang yang telah mati. Karena panca indra manusia tidak berfungsi tatkalah kamu tidur.

Meskipun begitu masih ada beberapa bagian tubuh manusia yang berfungsi yaitu denyut jantung, tarikan napas, dan aspek fisik lainnya.

Rasulullah SAW bersabda,

Tidur itu temannya mati.” (HR. Baihaqi,Thabrani dan Bazzar).

Peristiwa tidur telah Allah gambarkan di dalam Al-Qur’an.

اَللّٰہُ یَتَوَفَّی الۡاَنۡفُسَ حِیۡنَ مَوۡتِہَا وَ الَّتِیۡ لَمۡ تَمُتۡ فِیۡ مَنَامِہَا ۚ فَیُمۡسِکُ الَّتِیۡ قَضٰی عَلَیۡہَا الۡمَوۡتَ وَ یُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰۤی اِلٰۤی اَجَلٍ

مُّسَمًّی

terjemahan dari ayat tersebut adalah sebagai berikut,

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan…”, (QS. Az-Zumar ayat 42).

2. Diajak untuk menghayati arti kematian dan kehidupan

Manusia setiap harinya mengalami siklus beraktivitas dan beristirahat. Saat ia beraktivitas, ia menikmati masa-masa hidupnya. Seluruh panca indranya berfungsi dengan baik.

Kemudian tatkala tidur, ia menikmati masa-masa dalam beristirahat. Seluruh panca indranya terdiam layaknya orang mati.

Maka ketika kamu membaca doa sebelum tidur, sejatinya kamu diajak untuk menghayati setiap segmen aktivitasmu tatkala hidup dan kemudian diakhiri dengan tidur.

Kamu juga disarankan untuk membaca zikir-zikir lainnya selain doa sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan agar kamu banyak-banyak mengingat Allah dan tatkala itu menjadi tidur terakhir untukmu maka kamu sudah melakukan amal shalih di akhir hayatmu.

3. Memasrahkan diri kepada Sang Pencipta

Doa yang kamu lafadzkan tersebut mengandung makna yang dalam. Yaitu bahwa segala kehidupan atau aktivitas yang kamu lakukan di dunia kamu pasrahkan kepada sang pencipta.

Coba kamu bayangkan ketika kamu tidur. Kamu tidak bisa melakukan apapun. Bisa saja tatkala tidur ada orang yang menghampirimu kemudian membunuhmu. Bisa juga tatkala tidur malaikat pencabut nyawa hadir untuk mencabut nyawamu.

Baca Juga: Doa Masuk Kamar Mandi

Kesimpulan

Pada dasarnya doa sebelum tidur dilafadzkan agar kita bisa lebih mengingat bahwa kita hanyalah hamba yang lemah. Kita tidak berdaya selayaknya ketika kita tidur.

Dan sebenarnya poin intinya bukan kepada tidurnya tetapi kepada aktivitas yang dilakukan sebelum tidur. Maka lakukanlah hal-hal positif selama masa hidup agar tidurmu merasa nyaman dan tenang.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here