Doa Selamat Dunia dan Akhirat: Tulisan Arab, Latin dan Terjemah

0
20109
doa selamat

Sebagai makhluk bumi tentunya kita ingin hidup kita selalu selamat dari apapun. Adapun sebagai umat Islam kita tentunya ingin hidup selamat dunia dan akhirat. Untuk itu kamu perlu tahu bahwa ternyata ada doa selamat dunia dan akhirat.

Lantas apa definisi selamat? Selamat yang dimaksud adalah keadaan dimana kita terbebas dari segala apapun yang mengganggu atau menyulitkan kita.

Misal, selamat dari musibah bencana, selamat dari malapetaka, dan selamat dari gangguan. Untuk bisa mencapai kondisi tersebut tentunya perlu ada “tangan-tangan tak terlihat”.

Ialah Allah, Tuhan yang bisa memberikan kita keselamatan. Langkah agar kita bisa selamat adalah senantiasa beribadah serta berdoa kepada-Nya.

Dengan seperti itu, Insya Allah kita akan diselamatkan baik di dunia maupun di akhirat. Keselamatan di dunia seperti selamat dari bencana alam adapun keselamatan di akhirat adalah terbebas dari siksa kubur dan masuk ke dalam surga.

Baca Juga: Doa Nurbuat (Doa yang Mengandung Makna Cahaya Kenabian)

Doa Selamat
sumber: pexels

Lafadz Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Lafadz doa ini biasanya dibacakan selepas sholat wajib setelah menunaikan dzikir. Doa ini memang diperuntukkan agar kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Sebenarnya ada beberapa versi doa selamat dunia dan akhirat. Namun, dalam artikel ini akan disinggung tiga diantaranya.

Versi Pertama

Berikut lafadz dari doa tersebut,

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan latin,

Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab”

Terjemahannya,

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Versi Kedua

Berikut lafadz dari doa tersebut,

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Bacaan latin,

“Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm”.

Terjemahannya,

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

Doa versi kedua ini dinukil dari hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Versi Ketiga

Berikut lafadz dari doa tersebut,

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin,

“Ròbbanaa Aatinaa Fid Dunyaa Hasanah, Wa Fil Aakhiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar”.

Terjemahan,

“Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka”.

Doa tersebut pastinya tidak asing di telingamu. Doa ini disebut juga sebagai doa sapu jagat yang diambil dari QS. Al-Baqarah ayat 201.

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya,

Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

Baca Juga: Doa Nabi Adam (Arab, Latin, dan Terjemah)

Doa Selamat
sumber: pexels

Kapan Waktu yang Pas untuk Memanjatkan Doa

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus kapan waktu untuk memanjatkan doa tersebut. Tetapi akan lebih afdhal apabila doa tersebut dibaca setelah menunaikan sholat wajib.

Tetapi bukan berarti di luar sholat wajib tidak boleh baca doa tersebut. Tetap boleh dimanapun (kecuali toilet dan tempat-tempat yang dilarang) dan kapanpun.

Lebih bagus lagi apabila kamu memanjatkan doa ini di sepertiga malam, diiringi dengan hajat yang ingin kamu capai.

Baca Juga: Doa Khutbah Jumat

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang doa selamat dunia dan akhirat. Semoga doa ini bisa kamu amalkan khususnya selepas sholat agar hidupmu selamat dunia dan akhirat.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.