Doa Setelah Adzan

Kumandang adzan adalah kumandang paling indah yang tak pernah surut setiap waktunya. Setiap adzan selesai berkumandang terlampir doa yang disampaikan. Ini yang disebut doa setelah adzan.

Kamu pasti sudah tahu bahwa di setiap daerah waktu dikumandangkannya adzan berbeda-beda. Apa hikmahnya?

Hikmahnya adalah bahwa kumandang adzan tidak akan pernah berhenti sedetikpun di seluruh dunia. Ia akan terus dikumandangkan, lafadz Allah akan selalu diperdengarkan.

Ketika Jawa Barat selesai adzan, Sumatera lanjut adzan. Habis Indonesia selesai adzan, arab saudi lanjut adzan dan seterusnya. Lafadz Allah tidak pernah berhenti dikumandangkan.

Apa makna adzan sesungguhnya?

Adzan adalah sebuah panggilan kepada umat Islam untuk agar segera mendekat kepada-Nya. Ia mengajak Umat Muslim untuk segera memenuhi panggilan Allah dengan menunaikan shalat.

Mengapa umat Islam diperintahkan untuk Shalat?

Tujuannya terdapat pada kalimat selanjutnya setelah hayya a’la shalah (marilah menunaikan shalat) yaitu hayya ala falah (marilah meraih kemenangan).

Jadi tujuan ajakan untuk shalat adalah untuk mencapai kemenangan.

Ketika umat Islam meraih masalah dalam hidupnya, maka panggilan Shalat adalah untuk mengajak mereka mengadu kepada Allah SWT atas segala masalah hidupnya.

Tujuannya agar ia mendapat solusi (kemenangan) dari masalahnya tersebut.

Baca Juga: Pemahaman Sertifikat Halal yang Penting Diketahui

Doa Setelah Adzan
sumber: google.com

Menjawab Bacaan Adzan

Setiap adzan yang dikumandangkan maka kamu perlu untuk menjawabnya. Setiap lafadz adzan terdapat lafadz untuk menjawabnya.

Sebagian besar lafadz kumandang adzan dibalas dengan lafadz yang serupa. Seperti lafadz allahuakbar dijawab dengan lafadz yang sama yaitu allahuakbar.

Lafadz syahadat asyahadu a’la illaha illallah juga dijawab dengan lafadz yang sama yaitu asyhadu a’la illaha illlallah.

Ada juga lafadz yang bacaan balasannya berbeda seperti hayya ala shalah hayya ala falah dijawab dengan lafadz la hawla wala quwwata illa billah.

Baca Juga: Panduan Lengkap Shalat Dhuha

Doa Setelah Adzan

Setelah adzan selesai berkumandang, maka ada doa setelah adzan sebagai bagian dari sunnah.

Berikut adalah lafadz arab dari doa tersebut.

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ

مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Bila dilatinkan bacaan doa setelah adzan tersebut adalah sebagai berikut.

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.”

Kemudian terjemahan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

“Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.”

Bacaan tersebut diambil dari sunnah Nabi yang tercantum dalam hadist riwayat Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah.

Selain merupakan sunnah, menerapkan doa setelah adzan memiliki keistimewaan. Salah satunya adalah diberikannya syafaat.

Hal ini termaktub dalam sabda Nabi SAW, “Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Kemudian membaca doa setelah adzan akan dikaruniai wafat dalam keadaan husnul khatimah.

Baca Juga: Makna dan Keutamaan Sholawat Nabi

Rasullah dalam pernyataannya menyebutkan bahwa siapapun yang mengucapkan doa setelah adzan akan mendapatkan syafaat.

Ketika ia telah berhak atas syafaat dari Rasulullah SAW maka sudah pasti ia akan dikaruniai keimanan saat meninggal di akhirat kelak sehingga kematiannya husnul khatimah.

Doa Setelah Adzan
sumber: google.com

Kesimpulan

Itulah pembahasan terkait dengan doa setelah adzan yang penting untuk setiap umat Islam ketahui.

Karena adzan adalah panggilan sakral yang merupakan perintah Allah untuk segera menunaikan ibadah Shalat sebagai ibadah wajib umat Islam.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.