Doa untuk Anak: Arab, Latin, dan Terjemahan Lengkap

0
441
doa untuk anak

Anak adalah anugerah terindah yang dimiliki oleh sepasang suami istri. Siapapun yang sudah melangsungkan pernikahan pasti ingin segera memiliki momongan. Ketika anak telah Allah titipkan maka kita perlu untuk terus melafadzkan doa untuk anak.

Anak adalah sosok yang akan menjadi pelindung kita disaat kita telah meninggal dunia. Ingat bahwa ada 3 hal yang tidak akan hilang bahkan ketika kita meninggal. Pahala akan mengalir terus dari 3 hal tersebut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Bila kamu perhatikan salah satu hal atau perkara yang amalannya tidak akan putus adalah anak yang sholeh. Oleh sebab itu, anak adalah “investasi” akhirat yang amat berharga.

Lebih berharga daripada saham, reksadana, emas dan sebagainya yang sifatnya dunia dan tidak akan dibawa mati.

Ketika kita bisa fokus mendidik anak tidak hanya dari prinsip dunia tetapi juga dari prinsip akhirat maka ia akan menjadi penolong kita kelak.

Betul bahwa anak memiliki kewajiban untuk berbakti kepada orang tuanya, tetapi sebagai orang tua kita perlu sedari awal menjadi teladan yang baik.

Hal ini dimaksudkan agar anak dengan mudah mengikuti dan mencontoh apa yang kita perbuat dengan begitu ia akan lebih bisa diarahkan menjadi orang baik.

Kalau kita definisikan tentang anak memang makna ini sifatnya umum yaitu seseorang yang dilahirkan dari hubungan perkawinan antara laki-laki dan perempuan.

Namun, bila kita definisikan dalam konteks ini adalah seorang laki-laki atau perempuan yang masih bergantung kepada orang tuanya alias belum dewasa.

Tetapi doa yang akan dijelaskan dalam artikel ini bukan hanya dimaksudkan pada anak yang belum dewasa. Tetapi pada anak baik yg belum ataupun yang sudah dewasa.

Baca Juga: 9 Doa setelah Sholat Fardhu

doa untuk anak
sumber: unsplash

Doa untuk Anak

Berikut beberapa doa untuk anak termasuk peruntukkannya.

Doa Agar Anak Bertakwa

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Latin,

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Terjemahan,

Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan ayat 74).

Doa agar Anak Rajin Beribadah

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Latin,

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Terjemahan,

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim ayat 40).

Doa agar Anak Berbakti

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Latin,

“Allahumma Barìklìy Fìì Awladìy, Wa La Tadhurruhum, Wa Waf Fìqhum Lì Tho’atìk, War Zuqnìy Bìrrohum.”

Terhemahan,

“Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka.”

Baca Juga: Doa Bercermin (Arab, Latin, dan Terjemahan)

Doa untuk Anak
sumber: unsplash

Doa agar Anak Cerdas

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Latin,

Allahummaj’alhu Shohììhan Kaamìlan, Wa ‘Aqìlan Haadzìqon, Wa ‘Aalìman ‘Amìlan.

Terjemahan,

“Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, Memilki akal cerdas, dan memilki ilmu dan suka beramal.”

Doa Memohon Kebaikan Kepada Anak

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Latin,

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Terjemahan,

“Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

Baca Juga: Doa Sebelum Belajar (Arab, Latin, dan Terjemahan)

Penutup

Demikianlah penjelasan 5 doa untuk anak lengkap dengan lafadz arab, latin, dan terjemahannya. Semoga bacaan ini bisa menjadi acuan kamu untuk mendoakan anak.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.