Doa untuk Orang Sakit: Arab, Latin, dan Terjemahan Lengkap

0
271
doa untuk orang sakit

Sebuah penyakit tidak bisa kita elakkan di dalam diri. Bila kita terkena sebuah penyakit maka baiknya kita berikhtiar dengan berobat dan berdoa. Bila ada teman atau kerabat yang sakit maka baiknya kita mengucapkan doa untuk orang sakit tersebut.

Terlebih di masa pandemi saat ini. Terhitung sejak tulisan ini dimuat pada 31 Januari 2021 jumlah kasus covid 19 sudah mencapai angka 1 juta kasus setiap harinya.

Adapun jumlah orang meninggal sudah mencapai angka 476 dalam 1 hari. Tentunya ini adalah angka yang cukup mengenaskan. Dalam kondisi tersebut penjagaan terhadap protokol kesehatan memang harus diketatkan.

3M harus selalu diterapkan yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Bagaimanapun kesehatan merupakan hal terpenting yang harus dijaga karena “sehat itu mahal”. Dalam Islam ketika ada kerabat atau teman atau siapapun yang sakit maka dianjurkan untuk mendoakannya.

Hal tersebut dimaksudkan agar penyakit yang menimpanya lekas diberikan kesembuhan. Beberapa doa untuk orang yang tertimpa sakit sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Doa Menjenguk Orang Sakit (Arab, Latin, dan Terjemahan)

doa untuk orang sakit
sumber: unsplash

Doa untuk Orang Sakit

Saat itu Aisya R.A., istri Rasulullah SAW pernah ditimpa sebuah penyakit. Kemudian Rasulullah SAW melafadzkan doa untuk Aisyah yaitu,

امْسَحْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِكَ الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا أَنْتَ

Latin,

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta

Terjemahan,

“Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau.” (HR. Buhari Muslim)

Selain Aisyah RA, Rasulullah SAW juga pernah mendoakan sahabatnya yaitu Salman. Berikut adalah lafadz doanya:

شَفَى اللَّهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي بَدْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Latin,

Syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii badanika wa jismika ilaa muddati ajalika

Terjemahan,

“Semoga Allah menyembuhkan sakitmu, mengampuni dosamu, menyehatkan badanmu dan jasadmu hingga waktu ajalmu.”

Ustman bin Affan juga pernah mendapatkan doa dari Rasulullah SAW, berikut adalah lafadznya:

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، أُعِيذُكَ بِالله الأَحَدِ الصَّمَدِ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفْوًا أَحَدٌ مِنْ شَرِّ مَا تَجِدُ

Latin,

Bismillahirrahmaanirrahim, u’idzuka billah al-ahad ash-shamad alladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahu kufuwan ahad min syarri maa tajid

Terjemahan,

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku mendoakanmu dengan nama Allah Yang Esa, Yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Yang tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, dari segala keburuka yang engkau temui.”

Baca Juga: Doa Kafaratul Majelis

Terakhir, ini adalah lafadz doa yang umum dan biasa Rasulullah ucapkan kepada para sahabatnya yang sedang sakit. Kamu juga bisa melafadzkan doa ini ketika sedang menjenguk seseorang yang sedang sakit.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Latin,

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman”

Terjemahan,

“Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR. Bukhari)

Baca Juga: Ucapan Belasungkawa Kepada Mereka yang Tertimpa Musibah

doa untuk orang sakit
sumber: unsplash

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang beberapa lafadz doa untuk orang sakit yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sebenarnya kamu bisa saja melafadzkan doa dengan kalimat apapun sesuai dengan keinginanmu selama doa tersebut mengandung kebaikan.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.