Emiten adalah: Definisi Emiten dan Perusahaan Publik

0
418
emiten adalah

Emiten adalah sebuah perusahaan yang berniat untuk mendapatkan modal dari bursa efek dengan cara mengeluarkan atau menerbitkan efek.

Efek disini dapat berupa saham, obligasi, right issue, warrant dan beberapa efek lainnya.

Kalau didasarkan pada Undang-Undang nomor 8 tahun 1995. Emiten adalah pihak yang melakukan kegiatan penawaran efek kepada masyarakat berdasarkan tatacara yang sudah diatur dalam Undang Undang Pasar Modal.

Emiten dapat berupa perseorangan, perusahaan, usaha bersama, asosiasi, atau kelompok yang terorganisasi.

Apa saja efek yang bisa ditawarkan oleh emiten?

Efek yang bisa ditawarkan emiten adalah berupa surat berharga komersial, surat pengakuan utang, saham, tanda bukti utang, obligasi, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif atas efek.

Baca Juga: IHSG adalah informasi penting untuk investor, inilah panduannya!

Emiten adalah
sumber: unsplash.com

Mengapa Harus Menjadi Emiten?

Tidak semua perusahaan ingin menjadi emiten. Artinya menjadi emiten adalah sebuah pilihan. Alasan perusahaan memutuskan menjadi emiten adalah setidaknya untuk dua hal:

Pertama, Equity Financing. Artinya bahwa perusahaan membuka kesempatan kepada pihak penanam modal untuk mendapatkan hak kepemilikan atas perusahaan.

Ini adalah cara yang sesuai dengan kaidah Islam, karena tidak ada bunga yang dituntut untuk dibayarkan. Uang yang akan diterima oleh si penanam modal berdasarkan pembagian hasil dari profit perusahaan.

Kedua, Debt Financing. Karena salah satu efek yang ditawarkan emiten adalah surat hutang atau obligasi maka ini juga menjadi alasan perusahaan menjadi emiten. Jadi, perusahaan mendapatkan pendanaan dari hutang melalui surat hutang.

Konsekuensi dari diterbitkannya surat hutang adalah perusahaan harus membayar hutang tersebut termasuk pokok dan bunganya. Hal ini tentunya bertentangan dengan syariat Islam yang mengharamkan bunga.

Baca Juga: Kurs BI (Penjelasan dan Faktor yang Mempengaruhinya)

Syarat menjadi Emiten

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah perusahaan ketika ia ingin menjadi sebuah emiten. Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi emiten adalah:

Pertama, perusahaan emiten harus menerbitkan efek yang dijual ke publik untuk mendapatkan modal.

Kedua, perusahaan emiten haruslah perusahaan yang memiliki track record yang mumpuni sebagai sebuah perusahaan. Ia harus memiliki prestasi dan tidak memiliki kecacatan secara hukum. Sehingga ia perlu menjamin bahwa efek yang ia terbitkan tidak cacat hukum.

Ketiga, setiap informasi yang dikeluarkan emiten menjadi tanggung jawab emiten tersebut karena emiten sebagai sumber informasi utama atas efek yang ia terbitkan.

Emiten adalah
sumber: unsplash.com

Apa itu Perusahaan Publik?

Setelah pembahasan tentang emiten, maka kita akan masuk pada pembahasan tentang perusahaan publik.

Apa itu Perusahaan Publik?

Bila didasarkan pada Undang-Undang no. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Perusahaan Publik adalah perusahaan yang kepemilikan sahamnya telah mencapai 300 pemegang saham. Memiliki modal disetor sekurang-kurangnya 3 milliar rupiah atau suatu jumlah pemegang saham dan modal disetor yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

Bila emiten dapat berupa perseorangan, kelompok ataupun asosiasi maka perusahaan publik tidak bisa berbentuk seperti itu. Ia harus berupa perusahaan yang terstruktur dan mencatatkan saham mereka di bursa efek.

Perbedaan berikutnya adalah bahwa emiten wajib menyampaikan Pernyataan Pendaftaran untuk melakukan Penawaran Umum. Adapun untuk perusahaan publik wajib menyampaikan pernyataan pendaftaran sebagai perusahaan publik.

Baca Juga: BI Rate (Pengertian, Fungsi dan BI 7 Days (Reseverse) Repo Rate

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang emiten yang perlu kamu ketahui khususnya bagi kamu yang tertarik dalam dunia investasi.

Jika kamu tertarik dengan konten keuangan seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Keuangan. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here