Facebook Marketplace: Pengertian dan Tips Sukses

0
615
facebook marketplace

Perusahaan teknologi raksasa Facebook kini tidak hanya hadir sebagai platform media sosial. Facebook menambahkan fitur jual beli yang dinamakan Facebook Marketplace.

Melihat bahwa terjadinya perubahan trend jual beli global yang kini banyak terjadi dalam dunia online membuat facebook mengambil peluang ini.

Siapa yang tidak tergiur mencoba fitur yang satu ini. Terlebih bagi mereka yang terbiasa atau ingin mencoba berjualan online.

Facebook memiliki jutaan database penggunanya yang tentunya menjadi pasar yang besar buat para penjual.

Fitur ini diluncurkan facebook pada tahun 2016. Berdasarkan keterangan dari Director of Product Management Facebook yaitu Mary Ku, ia menjelaskan bahwa fitur ini dibuat karena banyaknya interaksi jual beli pada platform facebook.

Untuk itu ia mengakomodir aktivitas jual beli tersebut dengan hadirnya facebook marketplace.

Tercatat pada tahun 2016, setiap bulan sejumlah 450 juta orang melakukan aktivitas jual beli di facebook.

“Agar orang bisa mendapatkan manfaat lebih banyak dari koneksinya, hari ini kami memperkenalkan Marketplace, wadah untuk berjualan atau membeli barang tertentu dari berbagai orang di komunitas Anda,” Ucap Mary saat diwawancarai.

Fitur Facebook Marketplace diletakkan pada aplikasi facebook baik di android maupun di ios. Logo dari fitur ini berbentuk toko yang memang representasi dari marketplace.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang Facebook Marketplace berikut pengertian dan tips sukses berjualannya.

Baca Juga: Marketplace (Pengertian, Jenis dan Contohnya di Indonesia)

Pengertian

Facebook marketplace adalah fitur jual beli online yang disediakan oleh facebook untuk mengakomodir penggunanya agar bisa melakukan transaksi jual beli.

Fitur ini bisa kamu temui di beranda facebookmu di sebelah kiri posisi keempat dari atas.

Facebook Marketplace

Kamu bisa lihat logo toko di bawah fitur watch. Itulah fitur facebook marketplace. Kamu bisa langsung mengklik itu dan akan langsung diarahkan ke marketplace.

Tidak hanya berbasis web, pada aplikasi facebook juga akan kamu temukan fitur ini. Sehingga akan memudahkan kamu untuk mulai berjualan atau berbelanja.

Baca Juga: Strategi Instagram Marketing untuk Meningkatkan Omset

Tips Jualan

Selanjutnya kita akan bahas bagaimana tips berjualan di Facebook Marketplace agar jualan yang kamu lakukan bisa lancar jaya alias laris manis.

1. Riset Produk

Kalau kamu ingin serius berjualan di platform ini maka kamu harus mulai berjualan dengan meriset produk terlebih dahulu.

Risetlah produk apa yang sedang laku. Kamu bisa melihat produk laku di marketplace lain seperti Tokopedia. Di sana kamu bisa melihat produk-produk yang sedang hotlist.

Kamu juga bisa mengunjungi pinterjualan.com untuk mengetahui produk apa yang sedang laris manis di salah satu marketplace.

2. Menampilkan Foto yang Menarik

Ketika kamu menjual sebuah produk, salah satu yang pasti menjadi perhatian pembeli adalah foto produknya.

Meskipun kamu menampilkan deskripsi produk yang spektakuler tetapi foto produknya biasa saja maka tingkat closing-nya pasti rendah.

Oleh sebab itu, kamu perlu membuat foto produkmu menarik dan menjadi daya tarik para peselancar facebook marketplace yang sedang mencari produk.

3. Cantumkan Deskripsi yang Spesifik

Biasanya orang ingin mendapatkan informasi cepat. Bila ada dua jenis produk yang sama maka ia akan memilih produk yang menyajikan deskripsi yang lengkap.

Termasuk di dalamnya harga. Meskipun kamu bisa tidak menampilkan harga tapi lebih baik agar tidak menimbulkan banyak pertanyaan maka kamu bisa tampilkan harga yang jelas.

Jangan asal mencantumkan harga. Karena ada beberapa penjual di Facebook Marketplace yang mencantumkan harga asal.

4. Siapkan Profil Akun Pribadimu

Ketika kamu mencantumkan jualanmu di Facebook Marketplace maka orang tidak hanya bisa melihat produkmu tapi juga bisa melihat siapa yang menjual.

Iya, pembeli dapat melihat profil dirimu sebagai penjual.

Facebook Marketplace

Penjual dapat menekan bagian informasi penjual yang kemudian akan masuk ke profil facebookmu.

Kamu perlu menyiapkan akun profil facebookmu dengan sangat baik. Hilangkan status-status alay ataupun yang tidak penting.

Tampilkan foto seakan-akan kamu adalah orang yang profesional. Tujuannya agar pembeli percaya denganmu.

Kredibilitasmu sebagai penjual jadi naik dan otomatis penjualanmu akan meningkat.

5. Join ke Group atau Forum Jual Beli di Facebook

Tips kelima atau terakhir untuk bisa berjualan di Facebook Marketplace adalah dengan bergabung ke group jual beli.

Pastikan group jual beli tersebut sesuai dengan jenis produk yang kamu jual. Misal, kalau kamu jual properti maka kamu bisa masuk group jual beli properti atau jual beli rumah.

Kalau kamu jual sepatu maka kamu bisa masuk ke group jual beli sepatu dan sejenisnya.

Mengapa masuk group?

Karena ketika kamu akan memposting jualanmu di Facebook Marketplace maka kamu akan diarahkan untuk membagikan postinganmu tersebut ke group yang kamu punya.

Agar jualanmu masif, maka kamu bisa mengarahkan postingan jualanmu ke group jual beli tersebut.

Baca Juga: 5 Hal ini Harus Kamu Lakukan Agar Penjualanmu Maksimal

Kesimpulan

Pada dasarnya Facebook Marketplace sama halnya dengan marketplace pada umumnya secara fungsi.

Namun, mereka yang bisa berjualan di sana adalah yang sudah memiliki akun Facebook. Kamu bisa memanfaatkan fitur terbaru facebook tersebut untuk memaksimalkan jualanmu.

Jadi kamu bisa melakukan diversifikasi penjualan tidak hanya di marketplace Tokopedia dan Bukalapak tetapi juga bisa di Facebook Marketplace.

Demikianlah penjelasan tentang Facebook Marketplace berikut pengertian dan tips jualan agar bisa laris manis.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.