Hiasan Dinding : Hukum Memasang Hiasan Dinding Dalam Islam

0
2465
hiasan dinding

Rumahku adalah surgaku“. Ini adalah kalimat yang sering digaungkan oleh mereka yang mencintai rumahnya. atau bagi mereka yang rindu berpulang ke rumah.

Rumah memang bagaikan surga tempat berpulang. Tentu surga dalam definisi pribadi ya bukan surga sesungguhnya sebagaimana definisi Islam.

Penggambaran surga merepresentasikan sesuatu yang indah. Atau juga ada istilah home sweet home bagi mereka yang begitu mencintai rumahnya.

Kalau ditanya bagian mana yang paling nyaman/indah ditempati ketika di rumah, mungkin ada banyak variasi jawaban.

Ada yang menjawab kamar tidur (biasanya kaum-kaum rebahan), ada yang menjawab ruang tamu, mungkin pula ada yang menjawab dapur. Semua mempunyai preferensi jawabannya masing-masing.

Hal lain yang membuat rumah terlihat indah adalah karena adanya hiasan yang mengelilinginya. Seperti kalau di ruang tamu ada hiasan bunga, hiasan dinding, jam, foto keluarga dan sebagainya.

Baca Juga: Bisnis Rumahan yang Maknyus dan Menghasilkan

Berbicara tentang hiasan dinding, apakah dirumahmu ada hiasan dinding?

Biasanya di rumah-rumah kamu akan mendapati hiasan dinding dengan beraneka ragam jenis dan motif.

Sebagai seorang muslim biasanya rumahnya akan diletakkan hiasan dinding berupa ayat suci Al-Qur’an, gambar makkah, dan sebagainya.

Kalau ditanya perihal motif diletakkannya hiasan tersebut akan ada beraneka ragam jawaban. Ada yang untuk menangkal hadirnya syetan, ada yang karena ingin bercita-cita pergi melihat kabah sehingga ia memasang gambar kabah agar termotivasi untuk ke sana.

Adapula yang memang untuk keindahan ornamen di sekitar rumah.

Selain gambar-gambar bernuansakan Islam, ada juga hiasan dinding yang menampakkan gambar-gambar makhluk hidup.

Seperti memasang foto keluarga ketika sedang pernikahan, foto ketika wisuda dan sebagainya.

Terlihat mungkin biasa aja, tetapi ternyata Islam mengatur perkara seperti ini.

Maka sekarang yang menjadi pertanyaan kemudian adalah bagaimana hukum memasang hiasan dinding seperti itu?

Baca Juga: Lima Fakta tentang Dajjal

Hiasan Dinding
sumber: unsplash.com

Hukum Memasang Hiasan Dinding

Pembahasan mengenai hukum ini akan kompleks. Perkara hiasan dinding perlu dibagi ke dalam beberapa jenis. Setidaknya dalam artikel ini akan dibagi ke dalam 3 jenis.

  1. bergambar berupa makhluk hidup bernyawa

2. berupa makhluk hidup tidak bernyawa.

3. berupa sesuatu yang sifatnya fotografi.

Untuk jenis gambar yang pertama dalam Islam, ulama berbeda pendapat. Mayoritas mereka mengatakan gambar jenis ini hukumnya haram.

Dalil atas pendapat ini adalah hadist Nabi SAW, yaitu:

Sesungguhnya pemilik gambar-gambar (makhluk bernyawa) ini akan diadzab di hari kiamat dan diperintahkan kepada mereka untuk menghidupkan gambar yang mereka buat” (HR. Bukhari dan Muslim).

Adapun dalam keterangan yang disampaikan Ustadz Adi Hidayat,Lc.,M.A. bahwa memang ada ulama yang berpendapat haram tetapi apabila masuk ke dalam kategori dharuriyat atau gambar tersebut dapat membawa kemaslahatan maka gambar tersebut diperbolehkan.

Misal, gambar rangka hewan atau anatomi hewan untuk kepentingan penelitian. Gambar sketsa pelaku untuk mengenali identitasnya dan sebagainya.

Kemudian jenis gambar kedua, apabila memang ia merupakan makhluk tidak bernyawa maka itu diperbolehkan.

Tetapi, gambar tersebut menjadi haram apabila ada unsur yang mengajak kepada kesyirikan. Seperti mengkultuskan gambar tersebut seakan-akan memberikan si pemiliknya kekuatan dan seterusnya.

Terakhir, untuk jenis gambar ketiga menurut pendapat Buya Yahya sebagian besar ulama membolehkan. Karena gambar hasil fotografi bukan hasil karya tangan manusia tetapi hasil cetak mesin. Meskipun tetap ada ulama yang mengharamkannya tetapi mayoritas membolehkannya.

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu gambar tersebut tidak boleh mengundang syahwat. Apabila itu merupakan foto keluarga maka foto tersebut haruslah yang menutup aurat.

Baca Juga: Kilas Balik dan Sejarah Kitab Kuning

Hiasan dinding
Sumber: unsplash.com

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang hiasan dinding dan hukum memajangnya di dalam Islam. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan dan membuat lebih berhati-hati dalam melakukan sebuah perbuatan.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.