Hijrah

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik. Salah satu sikap untuk memperoleh kebaikan tersebut adalah dengan cara hijrah. Hijrah secara bahasa artinya adalah berpindah tempat. Dalam konteks sejarah, hijrah muncul ketika Nabi Muhammad SAW berpindah tempat dari Makkah menuju Madinah. Secara maknanya, hijrah adalah berpindahnya sifat-sifat buruk manusia menuju sifat-sifat yang baik.

Landasan dari hijrah sendiri berdasarkan firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 218, yang artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

Ada beberapa bentuk hijrah yang berlangsung di masyarakat Indonesia, salah satunya adalah hijrah finansial.

Apa itu hijrah finansial?

Baca Juga: Apa itu P2P Syariah

Hijrah finansial adalah sebuah proses perubahan dari aktivitas keuangan yang dilarang oleh syariat menuju aktivitas keuangan yang sesuai dengan syariat. Aktivitas keuangan tersebut salah satunya adalah investasi. Inilah aktivitas yang saat ini banyak digandrungi oleh generasi milenial. Nah, salah satu investasi syariah yang bisa kamu coba sebagai bagian dari proses hijrah finansial adalah Qazwa.

Apa itu Qazwa?

Qazwa adalah platform pembiayaan syariah online yang mempertemukan antara investor dengan UMKM di Indonesia.

Dengan masuk ke platform Qazwa, kamu bisa ikut berpartisipasi untuk berinvestasi secara syariah dan memilih sendiri proyek investasi yang disediakan di platform Qazwa.

Kamu jangan khawatir terkait keamanan dan kehalalan investasi ini. Karena Qazwa telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta secara syariah telah diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Mekanisme Investasi di Qazwa

Untuk bisa investasi di Qazwa, kamu cukup memerlukan foto KTP dan NPWP (opsional). Jangan lupa untuk siapin uang untuk investasi.

Berapa besarannya?

Kalau kamu kira untuk investasi di Qazwa butuh biaya ratusan ribu hingga jutaan maka kamu salah kira. Karena investasi di Qazwa cukup dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000. Wah, murah kan? Setara dengan kamu beli telor gulung 5 biji.

Dengan modal seminim itu, return yang bisa kamu dapatkan dalam jangka waktu 1 tahun adalah sebesar 24%.

Nah, kembali ke skema. Ketika kamu sudah menyiapkan apa yang diperlukan kamu tinggal masuk ke web Qazwa.id dan mulai mengisi pendaftaran.

Setelah selesai mengisi biodata dan terverifikasi, kamu dipersilahkan untuk memilih pembiayaan yang ingin kamu investasikan.

Setelah memilih proyek yang akan dibiayai maka selanjutnya Qazwa akan meminta kamu melakukan pembayaran ketika slot dana sudah terkumpul untuk satu proyek.

Untuk investor akad yang digunakan adalah mudharabah yaitu akad bagi hasil dimana investor akan mendapatkan bagian dari keuntungan pembiayaan antara Qazwa dengan UMKM.

Adapun terkait akad pembiayaan untuk UMKM, Qazwa menggunakan skema murabahah, di mana Qazwa berperan sebagai pihak yang membelikan barang/bahan dagang usaha yang dibutuhkan oleh usaha mikro. Selanjutnya, barang/bahan dagang yang telah dibeli oleh Qazwa dijual kembali kepada pelaku usaha mikro sesuai dengan harga perolehan disertai dengan keuntungan yang telah disepakati.

Baca Juga: 3 Peran Penting UMKM untuk Perekonomian Indonesia

Kamu jangan khawatir dengan kegagalan investasi, karena Qazwa sudah sangat komprehensif dalam melakukan penilaian terkait kelayakan UMKM yang akan dibiayai dengan menggunakan analisis risiko.

Model bisnis yang Qazwa lakukan adalah dengan melibatkan seluruh rantai pasokan usaha mikro sehingga memungkinan adanya sistem controlling antara pelaku usaha dan pemasoknya. Qazwa juga tidak memberikan dana kepada usaha mikro secara langsung tetapi pembiayaan diberikan dalam bentuk barang sehingga meningkatkan keamanan dana investasi yang kamu berikan.

Baca Juga: 6 Investasi Syariah Online Anti Ribet

Kesimpulan

Dengan melakukan hijrah finansial, Insya Allah tidak hanya keuntungan dunia tetapi juga akhirat karena adanya keberkahan yang hadir pada aktivitas keuangan terutama dalam hal investasi syariah. Insya Allah Qazwa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mulai melakukan hijrah finansial.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here