Huruf Hijaiyah dan Cara Membacanya yang Tepat dan Sesuai

0
249088
Huruf Hijaiyah

Teringat masa kecil dimana ngaji dimulai dari Taman Pendidikan Al-Qur’an. Disitulah mulai mengenal huruf-huruf berbahasa arab yang disebut dengan huruf hijaiyah.

Mengenal huruf tersebut amatlah penting. Karena itulah yang akan menjadi dasar kita untuk membaca kitab suci nan agung yaitu Al-Qur’an.

Banyak orang yang pernah melewati masa-masa belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Tapi sayang, rasanya tidak banyak orang yang kemudian melanjutkan pembelajaran tersebut.

Padahal bila ia inign melanjutkan, ia bisa saja datang ke tempat-tempat belajar Al-qur’an mulai dari tahsin sampai tahfidz.

Tidak ada kata terlambat dalam mempelajarinya. Waktu akan terlambat apabila hingga akhir hayat bacaan kita terhadap Al-Qur’an tak kunjung diperbaiki hingga akhir hayat.

Karena membaca al-qur’an adalah ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT,

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Nah, untuk itulah artikel ini akan mencoba untuk menyampaikan kembali dan semoga menjadi pengingat tentang huruf hijaiyah.

Baca Juga: Makna Assalamualaikum

Huruf Hijaiyah
Sumber: google.com

Pengertian

Huruf hijaiyah adalah sejenis huruf alphabet. Sebagaimana dalam huruf latin ada huruf A sampai Z. Namun, ada perbedaan terkait dengan aturan urutan dengan terminologi abjad.

Sebelum lanjut, ada pemahamana yang perlu diluruskan. Diturunkannya Al-Qur’an dengan bahasa arab bukan berarti kitab suci tersebut hanya diperuntukkan untuk orang Arab.

Kitab Suci Al-Qur’an diperuntukkan kepada seluruh makhluk di muka bumi tanpa terkecuali.

Huruf hijaiyah bila diterjemahkan dari segi bahasa, ia terdiri dari dua kata yaitu huruf dan hijaiyah.

Huruf adalah unit terkecil dalam susunan sebuah lafaz atau pun kata. Adapun hijaiyah diambil dari bahasa arabnya الهجائية, ia berakar dari هجا- يهجو- هجاء yang bermakna mengeja atau ejaan.

Jadi ketika disambungkan, huruf hijaiyah adalah huruf dasar dalam ejaan dan pembentukan kata dan kalimat dalam  bahasa Arab.

Baca Juga: Kilas Balik dan Perkembangan Kitab Kuning

Huruf Hijaiyah
Sumber: google.com

Huruf Hijaiyah dan Bacaannya

Total huruf ini adalah sebanyak 29 huruf. Untuk mengingat kembali apa saja huruf tersebut, berikut tersaji huruf-huruf tersebut beserta cara bacanya.

ا          : alif

ب         : ba

ت         : ta

ث         : tsa

ج          : jim

ج          : ha

خ          : kho

د           : dal

ذ           : dzal

ر          : ro

ز          : zay, zayy atau za

س         : sin

ش         : syin

ص        : shod

ض        : dhod

ط          : tho

ظ          : zho

ع          : ain

غ          : ghoin

ف         : fa

ق          : qof

ك          : kaf

ل          : lam

م           : mim

ن          : nun

هـ          : ha

و          : waw

ي          : ya

ء          : hamzah

Kamu bisa belajar dan mulai menghafalkan huruf-huruf tersebut. Itu kamu lakukan agar nantinya bisa lebih mudah untuk membaca al-qur’an.

Baca Juga: Sholat Istikharah

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang huruf hijaiyah yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan dan mengingatkan kembali tentang pentingnya membaca Al-Qur’an.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.