Ibadah Haji dan Segala Hal yang Penting untuk Diketahui

0
111
ibadah haji

Siapa yang tidak menginginkan berangkat ke tanah suci. Setiap muslim pasti menginginkannya. Bahkan yang sudah berangkat merindukan untuk kembali ibadah haji.

Inilah bukti kecintaan umat Islam kepada sang Ilahi dan pembawa risalah yaitu Nabi Muhammad SAW.

Betapa tidak, ketika kamu berangkat ke sana maka selain melihat rumah Allah kamu juga bisa berkunjung ke makam Rasulullah SAW.

Suatu perjalanan spiritual yang memberikan kesan tanpa batas. Pastinya juga meningkatkan iman siapapun yang berkunjung ke sana.

Haji bermakna menyengaja atau mengunjungi. Bila diartikan dari sisi istilah maka haji bermakna mengunjungi Baitullah untuk melaksanakan aktivitas ibadah yang sudah disyariatkan.

Baca Juga: Perbedaan Haji dan Umroh

Ibadah Haji
sumber: Good News From Indonesia

Dalil Ibadah Haji

Dalil atas diperintahkannya ibadah ini terdapat pada QS. Ali-Imran ayat 97, yang artinya:

فِيهِ ءَايَٰتٌۢ بَيِّنَٰتٌ مَّقَامُ إِبْرَٰهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya:

Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.

Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

Berdasarkan atas dalil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ibadah haji hukumnya adalah wajib. Mengingat juga bahwa haji termasuk salah satu rukun Islam.

Meskipun dalam konteks sebagai rukun Islam, ada keterangan tambahan yaitu jika mampu.

Mampu dalam konteks ini bisa dua hal yaitu mampu secara fisik dan mampu secara finansial. Buat kamu yang saat ini ingin ke tanah suci tapi masih kurang secara finansial maka kamu bisa pilih opsi umroh.

Baca Juga: Rukun Umroh (Pelajari Agar Umrohmu Sah)

Kapan Waktu Haji?

Haji memiliki waktu sendiri dalam pelaksanaannya. Berbeda dengan umroh yang memiliki fleksibilitas terkait waktu.

Waktu ibadah haji dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. Dimana pada bulan tersebut adalah tanggal khusus untuk jama’ah melakukan salah satu rukun haji.

Rukun haji tersebut adalah wukuf di Arafah yang dilaksanakan pada tanggal 9 dzulhijjah. Ini juga yang menjadi pembeda antara haji dan umroh.

Bila kamu melaksanakan ibadah umroh maka kamu tidak perlu melakukan wukuf di Arafah.

Ibadah Haji
sumber: talenta

Berapa Lama Waktu Haji?

Waktu yang diperlukan dalam pelaksanaan ibadah ini adalah selama 30 hari. Berbeda dengan umroh yang waktu pelaksanaannya berkisar 9-15 hari.

Hal ini disebabkan karena ada rangkaian haji yang tidak ada di umroh sehingga waktunya bisa lebih singkat.

Mending Backpacker atau Travel?

Semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Bila kamu berfokus pada budget yang harus ditekan maka kamu bisa memilih backpacker.

Sayangnya bila kamu backpacker maka ada banyak hal yang perlu kamu siapkan dan urus sendiri. Berbeda dengan bila kamu memilih jasa travel.

Semua panduan, alat-alat,akomodasi dan sebagainya sudah mereka siapkan. Sehingga kamu tinggal ikuti saja apa yang mereka arahkan bahasa gampangnya, “terima jadi”.

Bila kamu memilih travel kamu perlu pastikan bahwa travelnya sudah berizin dari kemenag, bisa cek di website kemenag apakah travel yang kamu pilih terdaftar di website tersebut.

Jika belum, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan karena bisa jadi travel yang kamu pilih sedang proses mendapatkan izin.

Cara lain adalah dengan melihat track record dan kantor dari travel tersebut. Bila ditemukan testimoni negatif maka kamu bisa pertimbangkan lagi untuk menggunakan layanannya.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang ibadah haji dan segala hal yang penting untuk kamu ketahui. Selain hal-hal di atas jangan lupa untuk mengetahui apa saja rukun haji.

Sehingga ibadahmu jadi sah dan mabrur, insya Allah.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.