Ketahuilah 5 Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Pernah Ada

0
1130
ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada

Mencari ide bisnis memang bukan hal yang mudah. Ini sering dihadapi oleh orang-orang yang ingin memulai bisnis. Berbagai macam hal mereka lakukan, mulai dari brainstorming dengan teman-temannya yang suka bisnis, berkreasi bahkan ada juga yang berpikir sampai begadang untuk menemukan bisnis yang tepat. Ada juga yang mencarinya dengan berselancar di mbah google dan mungkin kamu salah satu diantaranya yang mencari ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada.

Artikel kali ini akan mencoba menjawab keresahanmu terkait ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada dan bisa kamu coba.

Apa saja ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada tersebut? Yuk simak, 5 ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada.

Baca Juga: Bisnis Online tanpa Modal dan Terbukti Untung

Jasa Titip (Jastip)

Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Pernah Ada

Travelling adalah salah satu hobi yang disukai oleh kebanyakan orang. Melakukan travelling atau rekreasi dapat membuat diri lebih fresh dan meredakan stress. Namun, agaknya sayang kalau travelling hanya untuk jalan-jalan dan menghabiskan uang. Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang melalui travelling? Solusinya adalah dengan membuka jasa titip (jastip).

Jastip sudah menjadi fenomena umum dalam dunia bisnis. Model bisnisnya sederhana, seseorang yang hendak pergi ke suatu tempat misalnya ke luar negeri biasanya akan mengumumkan melalui media sosialnya bahwa ia membuka jastip barang-barang di negeri yang akan ia kunjungi. Harga yang ditawarkan adalah harga barang ditambah margin sebagai balas jasa dari jastip yang diberikan.

Misalnya, kamu ingin pergi ke Jepang. Kemudian kamu membuka jastip dan ada teman kamu ingin dibelikan baju kimono. Harga baju kimono misalkan 100 ribu rupiah. Kamu memberikan margin dari jastipmu sebesar 50 ribu rupiah. Alhasil, teman kamu harus membayar uang ke kamu sebesar 150 ribu rupiah. Menarik bukan? Ini bisa menjadi ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada yang bisa kamu pilih apalagi kalau kamu suka travelling.

Jual Produk Digital

Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Pernah Ada

Di era digital saat ini, produk digital bisa menjadi salah satu ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada.

Apa aja sih produk digital?

Produk digital diantaranya adalah e-book, video, tools/software, dan e-course. Saat ini marak penjualan produk digital. Coba saja lihat para pebisnis online seperti Rico Huang, Dewa Eka Prayoga, Berto Saksono dan Albert Leonardo. Banyak diantara mereka menyediakan produk digital baik untuk dijual maupun diberikan secara gratis.

Mereka adalah tokoh-tokoh pebisnis online yang memiliki produk digital berbentuk e-course dan juga e-book. Rico Huang salah satu pebisnis online yang memiliki e-course bernama Pasukan Alona yang bernilai jutaan. Meskipun harganya tinggi, peminatnya juga tinggi. Saat ini pasukan alona telah memiliki ribuan member yang tersebar di berbagai macam wilayah di Indonesia.

Nah, ini bisa menjadi peluang juga untuk kamu ketika ingin membuat produk digital. Misal, kamu adalah orang yang expert di bidang digital marketing. Kamu bisa membuat e-course yang dibuat dalam bentuk video ataupun e-book yang berisi tuntunan atau kunci sukses bermain di digital marketing untuk kemudian kamu jual.

Jangan khawatir produk kamu tidak laku, kamu bisa memanfaatkan marketplace produk digital seperti ratakan dan idaff. Kamu tinggal taro saja produk digitalmu di sana nanti biarkan para affiliate marketer yang akan menjual produk digitalmu. Mudah kan?

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Bisnis Custom Product

Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Pernah Ada

Ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada selanjutnya adalah membuat bisnis custom product.

Keinginan untuk memiliki produk sesuai keinginan konsumen membuat bisnis custom kian dilirik. Misal saja kamu adalah orang yang menggemari tokoh anime yaitu naruto. Pasti kamu akan sangat senang bila produk-produk yang kamu punya memiliki keterkaitan dengan naruto di dalamnya.

Semisal ketika kamu membeli casing hp, kamu pasti akan sangat tertarik bila casing hp yang kamu beli tergambar dengan tokoh naruto.

Atau hal lain semisal kartu e-money, flashdisk ataupun tumblr. Memiliki produk-produk tersebut dalam kondisi polos-polos saja rasanya kurang asyik. Apalagi saat sedang mengidolakan sesuatu. Kalau kamu adalah seorang penggemar Madrid, maka e-money berlogo madrid akan kamu incar untuk dibeli. Betul kan? hehe

Tutor Online

Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Pernah Ada

Keterbatasan waktu yang dimiliki pengajar dan kebutuhan murid untuk memperoleh pelajaran membuat hadirnya tutor online sebagai solusi permasalahan tersebut.

Meskipun dalam bentuk online, siswa tetap dapat dikontrol melalui aplikasi yang biasanya disediakan/biasa digunakan oleh lembaga tutor. Meskipun begitu, kamu juga bisa independent dengan kamu menawarkan jasamu sebagai tutor online yang siap mensupport anak-anak agar bisa memahami pelajaran yang kamu berikan.

Nah,kalau kamu memiliki keterbatasan waktu tapi tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis maka menjadi tutor online menjadi ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Kerja Freelance untuk Kamu yang Ingin Mendapatkan Uang tanpa Ke Kantor

Menjual Buku Terbitan Lama

Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Pernah Ada

Buku memang menjadi produk yang tidak akan pernah habis. Setiap saat selalu ada buku baru yang diterbitkan dari berbagai macam penerbit. Banyak dari buku tersebut yang tembus menjadi best seller.

Sayangnya buku biasanya akan masuk pada periode berhenti cetak. Meskipun buku tersebut best seller tapi ketika penjualan buku tersebut menurun di suatu waktu maka buku tersebut tidak akan dicetak lagi.

Alhasil generasi berikutnya akan sulit untuk menemukan buku tersebut. Sekalinya tersedia, mungkin hanya ada di perpustakaan yang mana buku tersebut tidak akan bisa menjadi milikmu kamu hanya bisa meminjam beberap saat, sayang bukan?

Namun dibalik itu semua, kamu bisa memanfaatkan konisi tersebut dengan menjual buku-buku terbitan lama. Kamu bisa menggunakna hobimu dalam mengoleksi buku lalu kemudian dijual kembali atau bertemu dengans seseorang yang juga memiliki koleksi buku terbitan lama. Unik dan tentunya menarik, terlebih bagi kalian yang suka membaca buku.

Nah kamu bisa memilih ini sebagai salah satu ide bisnis kreatif yang jarang pernah ada sebagai bisnismu.

Baca Juga: Punya Modal 10 Juta? Inilah Usaha yang Cocok untuk Kamu

Kesimpulan

Sudah menentukan ingin memilih bisnis apa dari kelima ide bisnis tersebut?

Kalau belum sudah waktunya kamu menentukan dan mulai untuk mengeksekusi bisnis tersebut. Ingat orang sukses bukanlah orang yang memiliki mimpi. Tapi ia adalah orang yang mampu mengeksekusi mimpinya tersebut menjadi nyata.


Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.