Ide Bisnis

Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa ada banyak sekali ide bisnis yang bisa ia kembangkan. Sayangnya ide tersebut tidak dieksplor dengan baik dan akhirnya tidak ada bisnis yang dieksekusi.

Ada juga orang yang memang sudah memiliki ide bisnis tapi masih ragu apakah ide bisnis tersebut betul-betul membawa keuntungan (profitable) atau tidak. Karena bisnis yang asal jalan tentunya akan menghasilkan sesuatu yang asal-asalan juga.

Kamu tidak perlu khawatir terjebak dalam keruwetan mencari ide bisnis. Pada artikel kali ini, kamu akan dihidangkan setidaknya 7 ide bisnis cemerlang dan tentunya profitable untukmu bahkan keluarga. Apa saja ide bisnis tersebut?

Baca Juga: Bisnis Rumahan yang Menggiurkan

Ide bisnis
Sumber: unsplash.com

Bisnis Sablon/Cetak Kaos Satuan

Ide bisnis pertama adalah bisnis sablon/cetak kaos satuan. Banyak orang pasti menginginkan menggunakan pakaian yang sesuai dengan seleranya. Apalagi pakaian adalah wujud citra pribadi seseorang. Saat ini sedang trend pakaian yang menunjukkan sebuah kata/kalimat yang menggambarkan orang tersebut seperti:

“Buronan Mertua”

“Menantu Idaman lahir di Bulan Desember”

“Digital Marketer Expert”

“Baju Koloran, Duit Dolaran”

Kalimat-kalimat tersebut kerap ditulis dalam sebuah kaos polos dengan desain yang ciamik dan menggugah. Nah, melihat potensi tersebut, membuka bisnis sablon/cetak kaos satuan menjadi ide bisnis yang menarik. Kenapa satuan? karena orang hanya butuh pakaian tersebut dalam jumlah satuan tidak butuh sampai lusinan. Dengan demikian cost yang harus dikeluarkan menjadi lebih murah.

Jasa Pijat Tubuh

Kamu pasti pernah merasakan badan pegal-pegal. Pada saat seperti ini pasti kamu membutuhkan jasa pijat tubuh. Nah, ide bisnis kedua kali ini bisa kamu coba dengan pasar adalah mereka yang merupakan pekerja/pebisnis.

Untuk bisa memulai bisnis ini setidaknya kamu punya 2 hal. Yaitu punya keahlian memijat atau punya orang yang bisa memijat. Kalau kamu punya keahlian memijat, ini akan menjadi poin plus buatmu karena kamu akan mendapatkan keuntungan dari memijat tersebut 100%. Sedangkan kalau kamu merekrut orang untuk memijat maka sebagian keuntungan harus kamu berikan kepada si pemijat.

Ide Bisnis
Sumber: unsplash.com

Menulis Buku

Kalau kamu punya hobi menulis, maka hobimu tersebut bisa tersalurkan dengan cara kamu menulis buku. Ide bisnis ketiga ini bisa kamu coba terlebih menerbitkan buku bisa kamu lakukan dengan dua cara. Yaitu dengan mengirimkannya ke penerbit mayor atau dengan mengirimkannya ke penerbit indie.

Kalau kamu tipe yang ingin bermodal dulu di awal maka kamu bisa mencoba mengirimkan tulisanmu ke penerbit indie. Pada penerbit indie kamu tidak perlu menunggu waktu lama untuk dikoreksi tulisanmu. Lain halnya dengan penerbit mayor yang bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengoreksi tulisanmu hingga terbit. Cuma ya memang kamu butuh mengeluarkan modal lebih untuk diterbitkan di penerbit indie. Karena mereka menawarkan jasa penerbitan buku. Biasanya ada paket penerbitan yang harus kamu bayar. Misal paket penerbitan 100 buku+cover+ISBN sejumlah Rp5.000.000 dan seterusnya.

Beda cerita kalau kamu terbitkan di penerbit mayor. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang. karena biaya penerbitan ditanggung penerbit. Tapi, kamu harus menunggu waktu yang lama karena tim penerbit akan mengkurasi bukumu dan akan menentukan apakah bukumu layak terbit atau tidak. Kalau layak, maka bukumu akan terbitkan dipasarkan dalam skala besar dengan level nasional.

Baca Juga: Kerja Freelance untuk Kamu yang Ingin Mendapatkan Uang tanpa Harus ke Kantor

Jasa Laundry Sepatu

Jasa laundry pakaian mungkin terkesan biasa aja. Nah, ada lagi jenis laundry lain yaitu laundry sepatu.

Kamu pasti pernah mendapati orang yang mengalami sepatuya kusam dan tidak layak untuk digunakan. Apalagi mereka yang selalu ingin tampil stylish, tapi kalau beli sepatu baru pasti akan mahal. Nah, solusinya adalah dengan laundry sepatu. Kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut sebagai pasarmu dan ini akan menjadi bisnis potensial apalagi kalau kamu buka disekitaran kampus yang mana mereka adalah anak muda yang malas nyuci tapi ingin tampil stylish (biasanya sih gitu, hehe).

Jasa MUA

Ide bisnis yang kelima ini kerap ramai ketika akan mengadakan acara-acara penting. Sebut saja wisuda, pernikahan dan beberapa cara penting lainnya.

Wajar bila hal tersebut terjadi, karena mereka ingin tampil dengan penampilan terbaik pada acara-acara tersebut. Katakanlah wisuda sarjana yang mungkin merupakan momen sekali seumur hidup ataupun pernikahan. Melihat potensi tersebut, kamu bisa menawarkan jasa Make up Artist (MUA) kepada mereka. Tentunya kamu harus punya kemampuan dalam hal make up atau paling tidak kamu memiliki orang yang bisa make up dan kamu tinggal membayar orang tersebut atau bagi hasil.

Ide Bisnis
Sumber: unsplash.com

Menyewakan Kamar di AirBNB

Kamu punya ruangan kamar yang tidak terpakai?

Ketimbang kamar tersebut nganggur dan tak menghasilkan uang, lebih baik kamu sewakan kamar tersebut sehingga bisa menghasilkan uang. Tentunya kamu tidak perlu menggunakan cara konvensional kayak iklanin di group-group whatsapp apalagi di group whatsapp keluarga (buat apa juga coba? haha). Kamu tinggal menggunakan platform sewa menyewa kamar yaitu AIRbnb. Kamu tinggal foto ruangan kamarmu dan pasang harga untuk biaya sewanya. Setelah itu tinggal nunggu waktu hingga kamarmu disewa dan kamu siap menerima uangnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Investasi Properti untuk Pemula

Sewa Dekorasi Photobooth

Setiap acara-acara penting seperti pernikahan, wisuda, perpisahan, workshop dan sebagainya biasanya memerlukan photobooth untuk mengabadikan momen acara mereka.

Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai ide bisnis untuk membuat sewa dekorasi photobooth. Yang kamu butuhkan adalah bahan-bahan seperti papan untuk dinding photobooth dan tim design untuk menghias photobooth tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah tujuh ide bisnis yang bisa kamu coba dan segera eksekusi. Pilihlah bisnis yang memang kamu sukai dan bisa kamu dapatkan pasarnya agar bisnismu bisa segera menghasilkan profit yang menggiurkan.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here