Strategi Instagram Marketing untuk Meningkatkan Omsetmu

0
744
instagram marketing

Data pengguna instagram per November 2019 sudah mencapai 61 juta. Tentunya ini menjadi pasar yang menggiurkan buat para pebisnis online. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari tentang instagram marketing.

Apa itu instagram marketing?

Sederhananya adalah sebuah strategi pemasaran menggunakan instagram.

Bila kamu biasa menggunakan akun sosial media seperti instagram untuk berinteraksi dengan sesama pengguna, mengupdate status pribadi (IG feed dan IG Story), balas-balasan komen dan DM.

Maka sudah saatnya kamu menggunakan instagram tersebut untuk menghasilkan uang. Jadi tidak hanya bermain sosmed tapi juga menghasilkan uang dari sosmed tersebut.

Namun, mungkin kamu masih bingung bagaimana caranya bisa menghasilkan melalui instagram? Untuk itu kamu harus mempelajari instagram marketing.

Dalam artikel ini akan dibahas strategi instagram marketing yang akan membantu meningkatkan omset bisnis onlinemu.

Baca Juga: Bisnis Syariah (Definisi, Perbedaan dan Contoh)

Instagram Marketing
sumber: unsplash.com

1. Buat Akun Instagram Khusus Online Shop

Tahap awal yang perlu kamu lakukan dalam instagram marketing adalah membuat akun instagram khusus online shopmu.

Mengapa tidak menggunakan akun pribadi?

Hindari penggunaan akun pribadi untuk kamu berjualan. Karena akun pribadi dikhususkan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang. Kalau kamu menggunakan akun pribadi untuk berjualan yang ada followers kamu akan ilfeel denganmu.

Gunakan akun pribadi untuk membangun personal branding yang nantinya akan membantu penjualan toko onlinemu.

Jadi gunakan akun instagram khusus online shopmu jangan gunakan akun pribadi.

Untuk perkara username, ada 2 pilihan username untuk kamu tentukan. Yaitu, username dengan branding produkmu atau dengan jenis produkmu beserta nichenya (bisa juga ditambah lokasi).

Bila terkait dengan branding maka kamu bisa menuliskan dengan branding atau merk toko onlinemu. Misal, merk toko onlinemu adalah Maslahah. Maka kamu bisa menuliskan nama toko onlinemu dengan nama @MaslahahStore.

Atau bila kamu ingin menuliskan username berdasarkan jenis produk dan nichenya maka itu juga diperbolehkan. Misal, kamu jual hijab di Depok. Maka kamu bisa tulis username-nya @jualhijabdepok.

Kamu juga bisa menggabungkan keduanya. Merk+Jenis produk. Misal, @rulihijab dan sebagainya.

2. Isi Profile dan Bio Instagram dengan Lengkap

Untuk menunjukkan bahwa akun instagram toko onlinemu profesional maka kamu harus lengkapi dengan foto dan bio

Untuk foto profil, kamu bisa menampilkan foto yang menarik dan kalau bisa menggunakan gambar yang berlawanan dengan warna background instagram. Agar foto tersebut dapat terlihat jelas.

Kemudian untuk bio, kamu harus menampilkan bio di instagram dengan lengkap dan sedetail mungkin. Jangan lupa untuk menyelipkan hastag yang berkaitan dengan produkmu.

Karena update terbaru di instagram pada tahun 2018 hastag di bio terdeteksi saat dilakukan pencarian di kolom search.

Untuk profile name, kamu bisa menyesuaikan dengan nama produk yang kamu jual agar mudah ditemukan saat calon pembeli ingin mencari produk atau jasamu.

Dalam bio kamu bisa mengisinya dengan: Lokasi toko online, buka jam berapa, kontak yang bisa dihubungi, email, bila berpartner dengan Gofood dan Grabfood maka kamu bisa tambahkan (GoFood dan GrabFood Partners) dan yang terakhir adalah website.

Baca Juga: Affiliate Marketing (Panduan dan Tips Sukses Menjalankannya)

Instagram Marketing
sumber: unsplash.com

3. Posting 150 konten pertama

Toko online sebagaimana toko pada umumnya. Ia harus menampilkan produk yang ia jual dengan jumlah yang banyak agar pengunjung tidak bosan.

Coba kalau kamu datang ke sebuah toko lalu di toko tersebut cuma menampilkan 1 atau 2 produk. Pasti, tidak perlu waktu lama kamu akan cabut dari toko tersebut.

Begitupun dalam instagram. Ketika kamu sudah membuat akun toko online untuk instagrammu maka isi ia dengan 150 postingan. Agar pengunjungmu tidak bosan dan bisa melihat-lihat katalog yang kamu sediakan.

Jangan lupa untuk menampilkan foto yang menarik sehingga memunculkan dorongan bagi pembeli untuk membeli produk tersebut. Coba buat studio mini dengan bahan sederhana agar tampilan produkmu jadi lebih menarik.

Tapi kamu jangan langsung upload 150 foto dalam satu waktu. Bagi beberapa foto dalam beberapa waktu. Misal 30 foto dalam sehari. Besok 30 lagi. Begitu seterusnya. Jeda masing-masing foto bisa sekitar 10 menit atau lebih.

Ini agar kamu tidak dianggap robot oleh instagram.

4. Gunakan Hastag yang Relevan

Penggunaan hastag sangat powerful untuk meningkatkan penjualan. Karena para pengguna instagram akan melakukan pencarian berdasarkan hastag.

Untuk itu maka kamu perlu menggunakan hastag yang relevan. Gunakan 5-15 hastag untuk setiap postingan kamu. Rumus hastagnya adalah jenis produk, merek/brand produk dan brand kompetitor.

Misal, kalau kamu menjual produk hijab maka kamu bisa menggunakan hastag seperti:

#jualhijab #jualhijabmurah #rulihijab #vanillahijab #jualhijabdidepok dan seterusnya yang relevan.

5. Gunakan Instagram Ads dan Endorse

Bila keempat strategi sebelumnya menggunakan cara organik alias tanpa biaya. Maka cara kelima atau terakhir dalam instagram marketing membutuhkan biaya.

Dengan menggunakan instagram ads kamu akan membuat brand produkmu lebih banyak terjangkau oleh calon konsumen. Selain itu, kamu bisa menggunakan jasa endorse yang dilakukan oleh para selebgram untuk mempromosikan produkmu.

Tentunya ketika kamu memilih jasa endorse pastikan selebgram yang kamu pilih sesuai dengan jenis produkmu.

Misal, kalau kamu jual hijab maka kamu bisa meminta endorse pada tokoh seperti Ria Ricis, Nissa Sabyan dan Oki Setiana Dewi.

Baca Juga: Cara Daftar Instagram dan Inilah 7 Langkah Mudahnya!

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang instagram marketing beserta kelima strateginya. Semoga penjelasan ini dapat memberikan wawasan dan membantu kamu untuk berjualan melalui instagram.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.