Panduan Lengkap Investasi Emas : Cara Beli dan Hitung Keuntungan

0
2003
investasi emas

Kebiasaan untuk berinvestasi sudah seharusnya tumbuh disetiap kalangan khususnya mereka yang merupakan generasi muda atau sering disebut dengan generasi milenial. Data menunjukan bahwa generasi milenial memiliki kebiasaan konsumtif yang tinggi.

Konsumsi tersebut banyak terbuang dari sisi leisure seperti jalan-jalan, nongkrong, nonton dan sebagainya. Tidak banyak milenial yang memahami bahwa kebiasaannya tersebut akan berdampak buruk di masa depannya terutama dalam hal pengelolaan keuangan.

Selain itu, fenomena inflasi turut menghantui keadaan keuangan yang saat ini dimiliki. Nilai uang saat ini bisa menjadi rendah di masa depan karena adanya kenaikan harga. Melihat dua hal tersebut, sudah patut sekiranya untuk menyadari akan pentingnya investasi. Ada banyak media investasi yang dapat dipilih. Salah satunya dengan cara investasi emas.

Apa itu investasi emas dan bagaimana cara investasi emas? Itulah yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Pengertian Investasi Emas

Investasi Emas

Investasi emas adalah suatu kegiatan untuk investasi logam mulia yaitu emas. Komoditas yang satu ini sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu simbol kekayaan. Selain itu, ia juga dikenal sebagai sebuah alat untuk melindungi nilai kekayaan. 

Sedikit penjelasan tentang emas itu sendiri. Emas adalah logam mulia yang memiliki warna kuning gelap. Umumnya emas digunakan sebagai perhiasan seperti cincin, gelang, kalung dan perhiasan lainnya. Itulah mengapa seringkali emas digunakan sebagai simbol kekayaan.

Investasi emas atau investasi logam mulia dapat dilakukan dengan cara membeli langsung emas tersebut secara fisik yang kemudian disimpan ataupun dengan cara menggunakan produk keuangan seperti tabungan emas. Tentunya kedua cara investasi logam mulia ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Investasi emas dengan menggunakan tabungan emas memiliki kelebihan lebih aman karena penyimpanan emas tersebut ditanggung oleh pihak yang menyediakan produk tabungan tersebut sedangkan kalau investasi fisik tidak lebih aman karena perlu menyediakan tempat sendiri untuk emas yang dibeli.

Adapun media untuk investasi emas itu sendiri bisa dengan cara investasi emas tradisional yaitu dengan mendatangi institusi yang menjual emas ataupun investasi emas online.

Baca Juga: 6 Jenis Investasi Syariah Online Anti Ribet

Alasan Pentingnya Investasi Emas

Mengapa pada akhirnya banyak orang memutuskan untuk berinvestasi emas dibandingkan investasi pada media lain. Tentunya semua itu ada alasannya dong. Setidaknya ada 7 keuntungan investasi emas yang kamu perlu ketahui.

1. Aman

Investasi emas adalah investasi logam mulia paling aman karena tidak akan tergerus oleh inflasi dan memiliki tingkat privasi yang tinggi. Jadi jumlah emas yang kamu miliki ya hanya kamulah yang mengetahuinya.

2. Keuntungan Menjanjikan

Keuntungan yang menjanjikan karena harga emas setiap tahun secara rata-rata selalu naik.

Investasi Emas
sumber: goldprice.org

Melihat data di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum emas memiliki kenaikan setiap tahunnya. Meskipun ada tahun-tahun dimana emas tersebut turun tetapi lebih banyak menunjukkan kenaikan.

3. Emas lebih Likuid

Emas memiliki sifat yang likuid. Artinya emas sangat mudah untuk dikonversi menjadi uang tunai. Kamu tinggal bawa emas yang kamu miliki ke toko emas dan dalam beberapa menit emas tersebut sudah menjadi uang tunai yang bisa kamu gunakan.

4. Resiko Rendah

Investasi emas memiliki resiko rendah karena investasi emas tidak dipengaruhi oleh gejolak ekonomi ataupun faktor eksternal lainnya. Berbeda dengan investasi di pasar saham atau sektor keuangan lainnya yang mana memiliki resiko tinggi. Belum lagi ketika perusahaan yang diinvestasikan tidak menunjukan performa yang baik.

5. Modal Rendah

Modal yang dibutuhkan tergolong rendah, karena kamu bisa memulai investasi emas dengan hanya bermodal 700ribu untuk 1 gram emas. Bahkan kamu juga bisa membeli dengan emas dengan ukuran 0,1 gram dengan modal yang tentunya juga jauh lebih rendah.

6. Mudah dipindahkan

Emas memiliki sifat mudah dipindahkan. Ia bisa diletakan dimanapun dan diberikan kepada siapapun.

7. Kepemilikan Penuh

Kepemilikan emas bersifat penuh dan pengelolaan atas emas tersebut diserahkan kepada si pemilik emas. Sehingga kamu tidak perlu khawatir diintervensi oleh pihak lain.

Hitung-Hitungan Investasi Emas

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa apabila kamu ingin berinvestasi emas maka kamu bisa memilih antara membeli emas langsung atau menggunakan tabungan emas.

Kalau kamu membeli emas langsung, kamu bisa melihat perhitungan keuntunganmu saat membeli emas pada setiap periode. Berikut perhitungannya.

Berdasarkan tabel tersebut maka dapat disimpulkan bahwa emas akan sangat menguntungkan apabila ia diinvestasikan dalam jangka panjang. Hal ini terlihat dari pertumbuhan harga emas pada bulan agustus 2014 dan bulan agustus 2019.

Angka persentase keuntungannya mencapai 44%. Lain halnya bila kita hanya berinvestasi emas dalam jangka waktu pendek semisal satu tahun. Maka persentase keuntungan yang bisa diraih hanya sekitar 13%.

Kamu juga bisa menggunakan cara tabungan emas. Biasanya pada sistem tabungan emas kamu akan dikenakan biaya tambahan berupa biaya penyimpanan emas yang kamu beli. Tapi hal  tersebut menjadi worth it karena keamanan yang terjamin terhadap emas yang kamu beli.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Investasi

Cara Memulai Investasi Emas

Dari semua penjelasan tersebut apakah kamu sudah tertarik untuk berinvestasi emas?

Kalau sudah tertarik sekarang adalah bahasan tentang bagaimana cara memulai untuk investasi emas. Tentunya tidak bisa sembarangan untuk memulai investasi emas. Meskipun kamu sudah mengetahui keuntungan dari investasi logam mulia yang satu ini, ada hal-hal yang juga perlu kamu perhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli emas. Apa saja yang harus diperhatikan?

  1. Tentukan Tujuan Investasi Emas, misal kamu berinvestasi emas dengan tujuan sebagai persiapan untuk berangkat umroh, beli rumah dan sebagainya. Maka kamu harus punya konsistensi untuk berinvestasi emas tiap bulannya. Biar ketika emas siap untuk dicairkan harganya sudah bisa untuk berangkat umroh, beli rumah atau hal lainnya.
  2. Cek harga emas, jangan asal beli emas tanpa mengecek harganya terlebih dahulu. Jangan sampai kamu sudah pergi ke tempat pembelian emas tetapi uang tidak cukup untuk membeli emas. Mengecek harga emas juga bertujuan untuk merencanakan investasi emasmu selanjutnya. Tak perlu jauh-jauh untuk mengecek harga emas, karena kamu bisa mengecek harga emas melalui website atau aplikasi.
  3. Tentukan tempat pembelian, kamu bisa membeli emas langsung ke tempat penjualan emas atau dengan membeli emas online. Untuk bahasan ini akan dibahas pada subbab berikutnya.
  4. Memutuskan tempat penyimpanan emas, kamu bisa memilih antara menyimpan emas itu sendiri  dengan menggunakan brankas atau barang lain yang sekiranya cukup aman untuk menyimpan logam mulia tersebut atau menggunakan fasiltas safe deposit box yang biasanya disediakan oleh pihak bank.

Investasi Emas Langsung ke Tempat atau Investasi Emas Online?

investasi emas

Tidak usah bingung untuk memulai investasi emas. Karena setidaknya ada dua cara yang bisa kamu pilih  untuk investasi emas. Kamu bisa memilih yang menurut kamu paling mudah dan paling menguntungkan. Dua cara tersebut adalah dengan investasi emas secara langsung dan investasi emas online

Investasi Emas Langsung

Tentunya kamu tidak bisa membeli emas secara sembarangan ke suatu tempat. Sudah banyak kasus penipuan atas investasi logam mulia ini. Alih-alih membeli emas antam asli malah dapat emas imitasi. Tidak mau kan kayak gitu? Nah untuk itulah kamu perlu tahu tempat-tempat mana saja yang terpercaya untuk investasi emas.

  1. PT. Pegadaian, salah satu tempat populer untuk investasi emas adalah di pegadaian. Tidak perlu repot untuk mencari pegadaian karena kantor cabangnya pun sudah banyak bahkan ada yang melayani hingga 24 jam. Emas yang kamu beli di Pegadaian adalah emas antam. Karena semua emas yang dijual di Pegadaian berasal dari PT. Aneka Tambang (Antam)
  2. Kantor Pusat Antam, nah kalau yang ini buat kamu yang ingin langsung cepat mendapatkan emas. Lokasinya di TB. Simatupang, Jakarta.
  3. Unit Bisnis Antam, lokasinya ada di Pulogadung. Kalau kamu merasa terlalu jauh ke TB Simatupang, kamu bisa investasi emas antam ke unit bisnisnya.  Sayangnya orang yang membeli di sini jumlahnya dibatasi hanya 150 per harinya.
  4. Butik Emas Antam Logam Mulia, kalau yang ini buat kamu yang tidak berada di Jakarta, kamu  bisa investasi emas antam di beberapa daerah. Sejauh ini butik emas antam logam mulia tersedia di Bandung, Medan, Banjarmasin, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Palembang dan Balikpapan.
  5. Bank Syariah, nah kamu mungkin tidak asing dengan bank syariah. Salah satu produk yang juga ditawarkan bank syariah adalah investasi emas. Bank Syariah yang mengakomodir produk ini adalah BNI Syariah, BRI Syariah dan Bank Syariah Mandiri. Buat kamu yang ingin membeli emas secara cicil, Bank Syariah Mandiri menawarkan produk cicil emas dengan hanya mensyaratkan KTP dan NPWP
  6. PT. Pos Indonesia, kantor pos sekarang tidak hanya digunakan untuk surat menyurat. Sekarang kamu juga bisa investasi emas antam di kantor pos loh. Kamu bisa membeli emas di kantor pos mulai dengan berat 0,5 gram.
Baca Juga: Kenali Jangka Investasi untuk Investasi Terbaik
Investasi Emas Online

Buat kamu yang tidak punya cukup waktu luang tapi tetap ingin investasi emas, kamu bisa memanfaatkan sistem online untuk investasi emas. Kamu bisa membeli emas baik melalui website ataupun melalui aplikasi.

Salah satu aplikasi yang cukup populer untuk investasi emas antam adalah Tamasia. Sebuah aplikasi yang didirikan oleh Mohammad Assad ini menawarkan kemudahan untuk investasi emas. Tamasia bekerja sama dengan antam untuk menjalankan investasi emas ini. Jadi, ketika kamu beli emas di Tamasia maka emas yang kamu beli adalah asli emas antam.

Selain Tamasia, e- commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak juga menyediakan fasilitas investasi emas. Kamu tinggal buka website atau aplikasi kedua e-commerce  tersebut setelah itu kamu akan diarahkan untuk memulai investasi emas online.

Di Tokopedia kamu bisa memilih produk tabung emas, bahkan bisa dimulai dengan harga Rp500. Murah kan? Kalau di Bukalapak kamu bisa memilih produk bukaemas. Di sini kamu juga disediakan fitur tabung emas yang bahkan bisa kamu mulai dengan harga Rp100.

Alternatif Investasi Emas: P2P Lending

Buat kamu yang merasa masih kurang tertarik untuk investasi emas karena kurang menantang atau modal yang tidak mencukupi untuk investasi logam mulia tersebut. Kamu bisa memilih alternatif investasi lain seperti P2P Lending.

P2P Lending Syariah tentunya bisa kamu pilih untuk investasi. Selain skemanya yang sesuai syariah dan jumlah investasi yang rendah, investasi di P2P Lending Syariah juga tidak kalah menguntungkan sebagaimana investasi emas.

Salah satu P2P Lending Syariah yang bisa kamu pilih untuk investasi adalah Qazwa. P2P Lending ini menawarkan investasi dengan return hingga 24% dan minimal investasi sebesar 100 ribu. Murah dan menguntungkan kan? Kamu juga jangan khawatir karena Qazwa telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Dewan Syariah Nasional MUI. Insya Allah untung, aman dan berkah.

Baca Juga: Apa itu P2P Syariah?

Investasi tergantung Profil Resiko

Pada akhirnya untuk investasi baik pada investasi emas ataupun investasi lainnya perlu melihat profil resiko. Kalau kamu memiliki profil resiko konservatif yaitu memilih instrument investasi yang aman dan mudah diketahui keuntungannya maka investasi emas menjadi cocok untuk kamu.

Itulah pembahasan mengenai investasi emas. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah khasanah keilmuan terkait investasi logam mulia ini.

Jika kamu tertarik dengan konten islami seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Ekonomi Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here