Isra Miraj : Kisah Perjalanan Nabi Muhammad dan Hikmahnya

0
32583
isra miraj

Tepat pada hari Minggu, 22 Maret 2020, umat Islam di Indonesia memperingati hari isra miraj. Sebagian episode kehidupan Nabi dari keseluruhan kisah Nabi Muhammad SAW.

Isra miraj pada masyarakat Indonesia diyakini terjadi pada 27 rajab tahun kedelapan kenabian. Meskipun ada perbedaan pendapat terkait waktunya.

Tapi pendapat yang paling kuat adalah setelah tahun ke-10 kenabian. Karena Khadijah wafat pada tahun ke-10 kenabian. Sedangkan ketika Isra Miraj, khadijah telah wafat.

Ketika khadijah wafat adalah waktu Rasulullah dalam masa-masa yang paling sedih. Tidak hanya khadijah yang wafat, pamannya yang dicintai yaitu Abu Thalib juga wafat sebelumnya.

Untuk menghibur Nabi yang sedang bersedih, Malaikat Jibril datang dan mengajak Rasulullah SAW melakukan perjalanan.

Perjalanan Nabi ini diabadikan dalam QS. Al-Isra ayat 1.

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Penulisan latinnya adalah sebagai berikut:

Sub-ḥānallażī asrā bi’abdihī lailam minal-masjidil-ḥarāmi ilal-masjidil-aqṣallażī bāraknā ḥaulahụ linuriyahụ min āyātinā, innahụ huwas-samī’ul-baṣīr.

Artinya:

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Baca Juga: Husnul Khotimah (Arti, Keutamaan dan Cara Mencapainya)

isra miraj
sumber: google image

Pengertian Isra Miraj

Secara bahasa, Isra diambil dari kata “asra” yang dalam QS.Al-Isra ayat 1 di atas memiliki arti “melakukan perjalanan di malam hari”.

Ada yang berpendapat bahwa perjalanan tersebut dilakukan pada awal malam. Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa perjalanan itu dilakukan pada akhir malam.

Kemana perjalanan Rasulullah dilakukan?

Sebagaimana penjelasan pada ayat tersebut bahwa perjalanan Rasulullah dilakukan dari Masjidil Haram menuju ke Masjidil Aqsha.

Diceritakan bahwa perjalanan tersebut hanya berlangsung satu malam. Padahal perjalanan antara Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha amatlah jauh.

Perjalanan Nabi tersebut ditemani oleh Malaikat Jibril. Kendaraan yang digunakan adalah kendaraan super cepat yaitu buroq.

Sebagaimana hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim melalui shahihnya dari Sahabat Anas Bin Malik.

Hadist tersebut memiliki redaksi yang panjang. Di awal redaksi hadist Nabi bersabda,

Didatangkan kepadaku Buraaq – yaitu yaitu hewan putih yang panjang, lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari baghal, dia meletakkan telapak kakinya di ujung pandangannya (maksudnya langkahnya sejauh pandangannya). Maka sayapun menungganginya sampai tiba di Baitul Maqdis, lalu saya mengikatnya di tempat yang digunakan untuk mengikat tunggangan para Nabi.……………”

Adapun miraj secara bahasa memiliki arti yaitu suatu alat yang dipakai untuk naik. Secara istilah, yaitu tangga khusus yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk naik dari bumi menuju ke atas langit.

Baca Juga: Keutamaan Bulan Ramadhan dan Bagaimana Cara Menyambutnya?

Bertemu Para Nabi Pendahulu

Ketika melakukan miraj, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan para Nabi pendahulu. Sebagaimana pada hadist yang diriwayatkan oleh Muslim.

“Ketika aku diisra’kan (diperjalankan), aku bertemu Musa ‘alaihis salam.” Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mensifatinya dengan mengatakan bahwa ia adalah pria yang tidak gemuk yang berambut antara lurus dan keriting serta terlihat begitu gagah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku pun bertemu ‘Isa.” Lalu beliau mensifati ‘Isa bahwa ia adalah pria yang tidak terlalu tinggi, tidak terlalu pendek dan kulitnya kemerahan seakan baru keluar dari kamar mandi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku pun bertemu Ibrahim –shalawatullah ‘alaih– dan aku adalah keturunan Ibrahim yang paling mirip dengannya. Aku pun datang dengan membawa dua wadah.

Salah satunya berisi susu dan yang lainnya khomr (arak). Lantas ada yang mengatakan padaku, “Ambillah mana yang engkau suka.” Aku pun memilih susu, lalu aku meminumnya.”

Ia pun berkata, “Engkau benar-benar berada dalam fithrah. Seandainya yang kau ambil adalah khomr, tentu umatmu pun akan ikut sesat.” (HR. Muslim no. 168).

Baca Juga: Sholat Taubat (Tata Cara dan Waktu yang Tepat)

isra miraj
sumber: google image

Hikmah

Tidak mungkin sebuah kisah dihadirkan tanpa mengandung hikmah di dalamnya. Apalagi kisah seorang manusia mulia yaitu Nabi Muhammad SAW.

Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik dari perjalanan isra miraj ini.

Pertama, perjalanan ini menunjukkan kekuasaan Allah SWT yang tidak akan dimiliki makhluk. Bayangkan saja sebuah perjalanan jauh bisa ditempuh dalam waktu satu malam.

Pada saat Rasulullah SAW menceritakan kisah ini saja, banyak orang tidak percaya terlebih orang kafir Quraisy.

Saat itu, hanya satu orang yang langsung membenarkan kejadian tersebut yaitu sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Kedua, peristiwa ini menunjukkan keutamaan Nabi Muhammad SAW dibandingkan nabi-nabi yang lain.

Ini dapat dilihat dari bagaimana sikap para Nabi dalam menyambut Nabi Muhammad SAw dalam perjalan mirajnya.

Ketiga, peristiwa ini menunjukkan dengan mantab keimanan para sahabat Nabi Muhammad SAW. Banyak orang tidak percaya dengan kisah yang disampaikan Nabi SAW.

Karena menurut mereka kisah tersebut tidak masuk akan. Namun, para sahabat meyakini kebenaran kisah tersebut. Abu Bakar yang pertama kali membenarkan. Ini menjadi bukti kuatnya keimanan para sahabat khususnya sahabat mulia Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang isra miraj yang perlu kamu ketahui. Pada intinya perjalanan yang dilakukan Rasulullah SAW ini benar adanya dan mengajarkan kita banyak hikmah di dalamnya salah satunya tentang betapa agungnya kekuasaan Allah SWT.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.