Izhar Halqi: Hukum Bacaan Tajwid yang Dibaca Jelas

0
176
izhar halqi

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu ibadah yang bila dikerjakan maka pahala akan terus mengalir. Namun, membaca al-qur’an tidak ada asal baca. Harus paham hukum tajwidnya dan salah satu hukum tajwid dalam Al-Qur’an adalah izhar Halqi.

Mengapa harus membaca dengan tajwid? Karena pada dasarnya bahasa di dalam Al-Qur’an tidak sama dengan bahasa arab. Ia memiliki kaidah sendiri. Bila kamu salah membacanya maka artinya akan berbeda.

Sesimple panjang pendek bacaan suatu huruf maka artinya akan berbeda apabila kamu membaca panjang ataupun membaca pendek.

Baca Juga: Doa Khutbah Jumat beserta Rukun dan Lafadznya

izhar halqi
sumber: pexels

Kewajiban Membaca dengan Tajwid

“Tapi, bukankah ada ulama yang mengatakan bahwa hukum tajwid itu tidak wajib”.

Mari kita simak perkataan ulama tersebut, beliau bernama Syaikh bin Shalih al-Utsaimin. Beliau pernah ditanya, “apakah seorang Muslim boleh membaca Al Qur’an tanpa berpegangan pada kaidah-kaidah tajwid?”

Kemudian beliau menjawab,

“Ya, itu  dibolehkan. Selama tidak terjadi lahn (kesalahan bacaan) di dalamnya. Jika terjadi lahn maka wajib untuk memperbaik lahn-nya tersebut. Adapun tajwid, hukumnya tidak wajib. Tajwid itu untuk memperbagus pelafalan saja, dan untuk memperbagus bacaan Al Qur’an.

Tidak diragukan bahwa tajwid itu baik, dan lebih sempurna dalam membaca Al Qur’an. Namun kalau kita katakan ‘barangsiapa yang tidak membaca Al Qur’an dengan tajwid maka berdosa‘ ini adalah perkataan yang tidak ada dalilnya. Bahkan dalil-dalil menunjukkan hal yang berseberangan dengan itu.

Yaitu bahwasanya Al Qur’an diturunkan dalam 7 huruf, hingga setiap manusia membacanya dengan gaya bahasa mereka sendiri.

Sampai suatu ketika, dikhawatirkan terjadi perselisihan dan persengketaan di antara kaum Muslimin, maka disatukanlah kaum Muslimin dalam satu qira’ah dengan gaya bahasa Qura’isy di zaman Amirul Mukminin Utsman bin Affan radhiallahu’anhu.

Dan ini merupakan salah satu keutamaan beliau (Utsman), dan jasa beliau, serta bukti perhatian besar beliau dalam masa kekhalifahannya untuk mempersatukan umat dalam satu qira’ah. Agar tidak terjadi perselisihan di tengah umat.

Kesimpulannya, membaca Al Qur’an dengan tajwid tidaklah wajib. Yang wajib adalah membaca harakat dan mengucapkan huruf sesuai yang sebagaimana mestinya.

Misalnya, tidak mengganti huruf ra’ (ر) dengan lam (ل), atau huruf dzal (ذ) diganti zay (ز), atau semisal itu yang merupakan perkara yang terlarang”. (Fatawa Nurun ‘alad Darbi, 5/2, Asy Syamilah).”

Betul bahwa membaca dengan tajwid tidaklah wajib tapi ada ketentuannya yaitu “bila tidak terjadi lahn“. Nah, untuk menghindari kesalahan membaca (lahn) maka kamu perlu tahu hukum tajwid.

Dan hukum tajwid yang akan kita bahas adalah Izhar halqi.

Baca Juga: Macam-Macam Idgham

izhar halqi
sumber: pexels

Hukum Tajwid Izhar Halqi

Diambil dari sisi bahasa, izhar memiliki arti yaitu jelas. Adapun halqi memiliki pengertian yaitu kerongkongan. Sehingga makna dari izhar halqi adalah bacaan jelas yang berada di area kerongkongan.

Secara istilah Izhar Halqi adalah hukum yang terjadi dimana nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf Izhar Halqi yaitu:

Hamzah (ء), ha’ (ح), ‘Ain (ع) Ha (ه), Ghain (غ) Kha’ (خ). 

Ketika nuruf nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf-huruf tersebut maka cara membacanya adalah dengan jelas, tidak boleh disamarkan ataupun didengungkan.

Berikut contoh bacaannya yang terdapat hukum tersebut:

Contoh pertama:

قَوْمٍ هَادٍ

Dibaca: Qaumin haa din

Pada bacaan tersebut terdapat Tanwin (ـــٍــ) bertemu dengan huruf ha’ (ه). Yang mana tanwin tersebut dibaca jelas.

Contoh kedua:

يَنْعِق

ُDibaca: yan i’qu

Pada bacaan tersebut terdapat nun sukun  (نْ) bertemu dengan huruf ain (ع).

Baca Juga: Hukum Tajwid dalam Membaca Al-Qur’an Penting Diketahui

Penutup

Demikian penjelasan tentang hukum izhar halqi, salah satu hukum dalam ilmu tajwid yang perlu kamu ketahui agar tidak keliru ketika membacanya.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.