Kata Kata Bijak yang Dapat Menginspirasi Siapapun yang Membaca

0
1398
kata kata bijak

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Seringkali masalah tersebut membuat orang patah semangat. Itulah mengapa kata kata bijak menjadi penting.

kata kata bijak akan menumbuhkan semangat bagi orang-orang yang membacanya. Tatkala hilang gairah di dalam diri, maka kata kata bijak akan menumbuhkan gairah tersebut.

Terlebih kata kata bijak biasanya berasal dari tokoh-tokoh yang sudah terbukti kesuksesannya. Dan kesuksesan tersebut tidak hanya pada satu bidang.

Ada tokoh yang sukses di bidang entrepreneur, seperti Jack Ma, Sandiaga Uno, Mark Zuckerberg, Larry Page dan sebagainya.

Ada juga tokoh yang sukses di bidang profesional seperti dr. Gamal Abinsaid, Imam Teguh Saptono, Tri Rismaharini dan sebagainya.

Kemudian di bidang akademisi seperti Fithra Faisal Hastiadi, Mohammad Anies, Albert Einstein dan sebagainya.

Kata kata bijak akan menjadi sangat powerfull bila mereka yang mengatakannya.

Karena kesuksesan mereka saja sudah menjadi inspirasi terlebih ketika mereka menyampaikan kata-kata bijak.

Lidah bisa setajam pedang dan selembut sutera. Istilah ini sangat sarat menggambarkan tentang kuatnya sebuah perkataan.

Ia akan menjadi sangat tajam hingga menyakitkan hati dan bisa juga sangat lembut hingga melunakkan hati.

Kamu yang suka ngegombal artinya perkataanmu selembut sutera. Eh, tapi bisa juga setajam pedang kalau akhirnya malah PHP, hehe.

Sebuah perkataan terlebih yang bijak memiliki makna yang amat dalam dan juga memiliki dampak yang luar biasa bagi pembacanya.

Bahkan seringkali kata-kata tersebut dapat mempengaruhi mood seseorang dan menjadi iconic dari tokoh tersebut.

Baca Juga: Doa untuk Orang Tua Sebagai Amal Jariyah yang Tidak Pernah Putus

Kata Kata Bijak
sumber: unsplash.com

Beberapa Contoh Kata-Kata Bijak

Pernah dengar perkataan ini, “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dibuka bukan ditanyakan terus“?

Kata ini keluar dari mulut seorang pengusaha terkemuka bernama Bob Sadino. Kata ini sudah menjadi identik dari tokoh Bob Sadino.

Dari perkataan tersebut, Bob Sadino hendak menyampaikan bahwa sebuah bisnis tidak akan pernah ketahuan gagal atau suksesnya ketika ia tidak segera dibuka.

Ia hanya akan menjadi angan-angan apabila hanya sekedar ditanyakan dan terlalu banyak dipertimbangkan. Sehingga pesannya adalah kalau mau bisnis dieksekusi saja dulu.

Hasil? Lihat belakangan sembari melakukan perbaikan.

Mungkin kamu juga pernah mendengar perkataan ini, “Beri aku 1000 orang tua niscaya akan aku cabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda maka akan aku guncangkan dunia

Seharusnya kamu tidak asing dengan perkataan tersebut. Karena perkataan tersebut keluar dari Founding Fathers Indonesia yaitu sang proklamator Ir. Soekarno.

Dari perkataan tersebut, Presiden pertama RI tersebut hendak menyampaikan bahwa peran pemuda sangatlah penting bagi Indonesia.

Hal tersebut seharusnya menjadi pemicu semangat pemuda Indonesia untuk bisa berjuang dan berkarya bagi bangsa.

Baca Juga: Kisah 9 Tokoh Walisongo yang Menginspirasi Umat Islam

Kata Kata Bijak
sumber: google.com

Kata-Kata Bijak Tokoh Muslim

Islam adalah agama nasihat. Sebagai seorang tokoh muslim adalah wajar bila banyak kata-kata bijak yang mereka sampaikan.

Karena pada dasarnya perkataan tersebut adalah nasihat bagi siapapun. Dengan memberikan perkataan tersebut maka seorang muslim sudah melakukan dakwah/menyeru kepada kebaikan.

Ada beberapa kata-kata bijak dari tokoh Muslim.

Ali Bin Abi Thalib pernah mengatakan, “Janganlah kamu mengucapkan perkataan yang kamu sendiri tidak menyukainya jika mendengar orang lain mengucapkannya kepadamu”

Perkataan tersebut memberikan nasihat untuk melakukan introspeksi diri dan memposisikan diri sebagai orang lain yang diajak bicara.

Dengan begitu kamu bisa membayangkan apakah perkataan yang akan kamu sampaikan menyakiti orang lain atau tidak.

Bila kamu merasa bahwa apa yang kamu ucapkan tidak enak untuk didengar dan menyakitkan hati, maka lebih baik tidak perlu diucapkan.

Begitu dalam bukan nasihat dari, khalifah keempat Ali bin Abi Thalib R.A?

Kemudian dari Indonesia, ada Ustadz Adi Hidayat yang pernah menyampaikan, “Jika ada yang lalai diingatkan, karena Surga terlalu luas untuk sendirian”

Dari perkataan tersebut, Ustadz Adi Hidayat atau yang akrab disapa UAH menasihatkan tentang pentingnya untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. Serta memperingatkan terhadap kemaksiatan.

Tokoh muslim selanjutnya adalah Ustadz Abdul Somad. Ustadz yang baru menyelesaikan S3nya tersebut pernah menyampaikan sebuah perkataan yang bijak.

Beliau pernah menyampaikan, “Tidak ada kemuliaan jika engkau tidak memuliakan Ibumu. Tidak ada gunanya engkau kaya, mewah dan hebat. Ketika engkau lukai hati ibumu, engkau akan jatuh dalam genangan penderitaan, sebagaimana genangan air matanya”

Dari pesan tersebut, UAS hendak menegaskan tentang pentingnya peran seorang Ibu. Bagaimanapun suksesnya kamu di dunia tidak akan bisa untuk membayar pengorbanan seorang Ibu.

Baca Juga: Daftar Asmaul Husna dan Keutamaan Mengamalkannya

Kesimpulan

Nah, itulah kata kata bijak yang bisa membakar semangat bagi siapapun yang sedang dirundung masalah.

Memiliki masalah adalah hal yang wajar, namun akan menjadi “penyakit” apabila masalah tersebut terus dipikirkan.

Salah satu pembakar semangat adalah dengan membaca kata-kata inspiratif/bijak dari tokoh-tokoh yang memang telah menginspirasi.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.