Kerja Freelance untuk Kamu yang Dibayar Tanpa ke Kantor

0
2280
kerja freelance

Bekerja di kantor dengan waktu yang ketat dan aturan yang juga ketat tentu membosankan bahkan menjengkelkan terlebih bagi mereka generasi milenial yang sangat identik dengan keinginannya untuk merasakan kebebasan. Oleh sebab itu mulailah muncul aktivitas yang disebut kerja freelance.

Mereka adalah generasi yang kerap berpindah-pindah tempat pekerjaan karena merasa tidak nyaman dengan suasana kerjanya. Banyak diantara generasi milenial yang memutuskan bekerja di lingkungan startup karena suasananya yang lebih kondusif dan memberikan rasa kenyamanan tingkat tinggi. Banyak juga startup yang memberikan waktu yang fleksibel bagi karyawannya bahkan beberapa pekerjaan diberikan secara remote sehingga bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

Meskipun begitu banyak juga diantara mereka yang menginginkan untuk tidak terikat pada institusi atau perusahaan. Mereka adalah orang-orang yang ingin hidup dalam kondisi bebas tetapi masih bisa memanfaatkan skill yang mereka punya demi mendapatkan uang untuk kebutuhannya sehari-hari. Mereka inilah yang kemudian disebut sebagai para freelancer.

Pekerjaan sebagai freelancer sudah marak bahkan ada yang menjadikan pekerjaan freelancer sebagai pekerjaan utama.

Nah, pada artikel kali ini kita akan bahas atau kupas tuntas tentang kerja freelance.

Apa itu kerja Freelance?

Kerja Freelance

Sebelumnya mari definisikan dulu apa itu freelance. Kata freelance memiliki arti pekerja lepas. Secara definisi kerja freelance adalah seorang individu yang bekerja sendiri, tidak terikat kontrak jangka panjang dan memiliki kebebasan dalam menentukan waktu dan tempat ia bekerja.

Waktunya gimana?

waktu kerja untuk freelancer sebenarnya terbagi menjadi 2 tipe yaitu part time dan full time.

Mereka yang memutuskan untuk full time akan memanfaatkan total waktu kerja selama 40 jam/minggu sedangkan mereka yang part time biasanya akan memanfaatkan total waktu kerja paling lama 30 jam/minggu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Bisnis Online untuk Pemula

Jenis-Jenis Pekerjaan Freelancer

Ada beberapa jenis pekerjaan freelancer yang bisa kamu pilih tentunya sesuai dengan kemampuan kamu.

Penulis

Ini adalah jenis pekerjaan freelance yang paling banyak diminati. Pasalnya untuk menjadi seorang penulis yang kamu butuhkan adalah kemampuan kamu merangkai kata dan kehobian kamu dalam membaca. Kamu tidak akan bisa menulis kalau kamu tidak membaca karena menulis butuh referensi dan kamu bisa mendapatkan referensi tersebut dari membaca.

Selain yang paling banyak diminati, pekerjaan penulis juga yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan adanya tuntutan bagi perusahaan untuk memperbanyak konten di media digital yang mereka gunakan.

Buat mereka yang menggunakan website, blog writer akan menjadi yang paling dicari. Pasalnya sebuah website tidak akan bisa meraih posisi tertinggi alias page one google bila ia tidak memiliki konten. Website yang kosong tanpa adanya inputan berupa artikel akan kalah kedudukannya dengan website yang rajin diisi oleh artikel-artikel baru dan menyegarkan.

Adanya kebutuhan tersebut mendorong perusahaan untuk mencari penulis lepas untuk mengisi konten di websitenya. Nah, untuk itu penulis juga perlu memiliki pengetahuan tambahan khusus yaitu terkait dengan search engine optimization (SEO). Ini akan menjadi nilai tambah yang akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk merekrut kamu sebagai bagian dari penulis lepas mereka khusus bagian blog.

Selain itu ada juga penulis lepas yang berfokus pada konten-konten yang berada di sosmed. Pasalnya karena adanya tuntutan memperbanyak konten di sosmed maka perusahaan juga memerlukan content writer yang akan membantu mengisi konten-konten sosmed mereka yang tentunya konten yang fresh dan menarik sehingga bisa membantu perusahaan meningkatkan engagement mereka.

Guru Les Private

Pekerjaan menjadi seorang guru biasanya banyak digandrungi oleh para mahasiswa. Karena mereka adalah seseorang yang sudah terdidik dan memiliki waktu luang yang bisa digunakan untuk mengajar.

Banyak motif mahasiswa dalam menjadi guru private, namun sebagian besar menyebutkan bahwa uanglah yang menjadi faktor pemicunya.

Menjadi guru les memang tidak mudah. Karena paling tidak kamu harus memiliki dua kompetensi.

Pertama, kamu harus menguasai salah satu mata pelajaran. Ini amatlah penting, karena ketika kamu mengajar tanpa memahami mata pelajaran yang diajarkan maka kamu akan kesulitan untuk mengajar. Muridmu akan menjadi tidak percaya dengan kamu.

Kedua, kamu harus pandai berkomunikai dengan baik. Akan sangat baik apabila kamu sudah memiliki pengalaman dalam mengajar. Karena itu akan memudahkan kamu dalam menyampaikan materi yang akan dipelajari. Namun, apabila kamu belum punya pengalaman mengajar, paling tidak kamu mampu berkomunikasi dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar pelajaran yang kamu sampaikan bisa ditangkap dengan baik oleh muridmu.

Menjadi guru les private biasanya memerlukan waktu 1,5-2 jam per sesi. Adapun bayaran tergantung tingkat berapa yang kamu aja. Tentu beda tingkat beda harga. Mengajar anak SMP tidak akan sama harganya dengan mengajar anak SMA.

Meskipun hanya 1,5-2 jam fee yang ditawarkan biasanya tergolong tinggi. Ya cukuplah untuk makan sebulan kalau kamu ngajarnya tiap hari.

Penerjemah

Pekerjaan yang satu ini harus memiliki keahlian yang sangat khusus yaitu keahlian dalam menguasai sebuah bahasa. Karena tugas seorang penerjemah adalah melakukan penerjemahan atas sebuah dokumen atau file yang diberikan kepada dirinya.

Pengguna jasa ini bisa individu maupun korporasi. Adapun penawar jasa ini biasanya adalah individu.

Seorang penerjemah akan menargetkan tarif yang biasanya dilihat dari jumlah kata yang akan diterjemah. Meskipun ada juga pihak yang menentukan tarif berdasarkan jumlah halaman yang akan ia terjemahkan.

Kalau kamu memang ingin mengambil peran ini maka kamu bisa mulai dengan mempelajari dengan serius bahasa yang ingin kamu pelajari.

Fotografer

Untuk kerja freelance yang satu ini memang cukup banyak biayanya karena kamu memerlukan alat berupa kamera serta kemampuan untuk mengambil gambar yang cantik dan ciamik.

Pekerjaan untuk menjadi fotografer biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memang senang bila mengabadikan sebuah momen dan biasanya juga adalah orang-orang yang hobi jalan-jalan.

Para fotografer biasanya mendapatkan uang dari hasil gambar yang ia ambil yang kemudian dijual atau dilelang. Ada juga fotografer panggilan yang memang khusus untuk mengabadikan momen-momen tertentu sesuai dengan permintaan client.

Design Grafis

Siapa sih yang tidak memerlukan design dalam membangun sebuah bisnis, komunitas ataupun lembaga. Di era yang penuh dengan visualisasi ini, kemampuan seseorang untuk mendeliver konten yang akan disampaikan dalam bentuk design poseter yang informatif dan mudah dipahami menjadi sangat penting.

Untuk menjadi seorang designer grafis tentu tidak mudah. Terlebih kamu harus memiliki kemampuan design grafis yaitu dengan cara menggunakan aplikasi design grafis seperti photoshop, corel draw dan aplikasi sejenis lainnya.

Designer grafis juga bisa mendapatkan uang dari penjualan design ataupun lelang.

Ada beberapa website yang mengakomodir khusus para designer. Dalam website itu, biasanya akan ada lelang dari sebuah perusahaan untuk membuat design seperti logo buat perusahaannya.

Para designer akan melakukan apply dan membuat logo tersebut. Ketika logo kamu dipilih oleh perusahaan maka kamu berhak mendapatkan fee yang sudah dijanjikan. Biasanya fee atas lelang tersebut tidak main-main. Angkanya bisa berkisar di atas 5 juta rupiah sekali lelang.

Baca Juga: 6 Investasi Jangka Panjang untuk Hari Tua

Syarat Menjadi Freelancer

Kalau kamu ingin menjadi freelancer maka perlu ada syarat yang kamu harus pahami agar kamu benar-benar bisa menjadi freelancer. Apa saja persyaratan tersebut?

Memiliki Keahlian

Seorang freelancer akan menjual keahliannya yang kemudian digunakan oleh perusahaan untuk kebutuhan perusahaan tersebut. Jadi kalau kamu ingin menjadi freelancer maka pastikan bahwa kamu memiliki keahlian. Apa saja keahlian yang harus dimiliki itu tergantung pada pekerjaan freelance apa yang akan kamu pilih.

Kalau kamu memilih untuk menjadi penulis maka kamu harus belajar untuk merangkai kata dengan baik. Kalau kamu memilih untuk menjadi seorang graphic designer maka kamu perlu menguasai tools design grafis seperti photoshop, corel draw dan adobe illustrator.

Mampu mengatur waktu

Kelemahan dari freelancer adalah ketidakmampuan dalam mengatur waktu. Hal ini dikarenakan fleksbilitas waktu yang dimiliki oleh seorang freelancer membuat dirinya kadang kala tidak teratur perkara waktu. Pekerjaan yang harusnya dikerjakan pada hari itu bisa tertunda sampai hari berikutnya. Alasan sederhananya, “Tenang, masih ada waktu kok”. Kalau hal ini tidak segera diperbaiki akan membahayakan sang freelancer.

Mengenal Dunia Internet

Kebanyakan lowongan freelancer dan interaksi antara perusahaan dengan para freelancer berlangsung di internet. Dengan demikian, para freelancer perlu mengenal lebih dalam terkait dunia internet. Freelancer juga perlu untuk belajar memanfaatkan website-website penyedia dan pemberi lamaran untuk para freelancer. Kamu harus cerdas dalam mendeskripsikan dirimu di website yang kamu kunjungi agar perusahaan tertarik untuk meng-hire kamu sebagai freelancer mereka.

Mampu bertanggung jawab

Meskipun tidak terikat kontrak dengan perusahaan yang menjadi mitra si freelancer, namun bukan berarti dirinya tidak harus bertanggung jawab.

Tanggung jawab mulai dari memproses pekerjaan tersebut hingga menuntaskan pekerjaan tersebut. Meskipun freelance memiliki waktu fleksibel dalam bekerja tapi pekerjaan yang diberikan pasti memiliki deadline untuk dikerjakan. Untuk itu para freelancer perlu bertanggung jawab dengan deadline yang sudah diberikan oleh perusahaan. Jangan sampai abai terhadap deadline yang sudah diberikan. Hati-hati, karena dampaknya akan berpengaruh terhadap citra sebagai seorang freelancer.

Baca Juga: 3 Metode Transformasi Karyawan Menjadi Business Owner

Keuntungan Menjadi Freelancer

Nah dari segala penjelasan tadi tentang apa itu kerja freelance, jenis-jenis kerja freelance, dan syarat-syarat untuk bisa kerja freelance. Sekarang waktunya untuk menjelaskan apa saja sih keuntungan menjadi seorang freelancer.

  1. Mengerjakan apa yang memang menjadi keahliannya dan memiliki passion terhadap hal tersebut. Dengan demikian, seorang freelancer akan lebih bersemangat dalam bekerja karena ia mengerjakan apa yang ia suka.
  2. Bebas mengatur waktunya sehingga tidak terkekang oleh jam yang strict sebagaimana kalau kerja kantoran.
  3. Dapat mengerjakan pekerjaan dimana saja sehingga tidak perlu bermacet ria untuk ke kantor.
  4. Berpotensi mendapatkan penghasilan yang besar. Terutama bagi mereka yang mengikuti lelang dan berhasil memenangkannya. Lelang memang penuh risiko, tapi sekalipun kamu tidak menang dalam lelang setidaknya kamu bisa mengambil pelajaran dari situ.

Alternatif Selain Freelancer

Kalau kamu fokus untuk mendapatkan penghasilan dan sekiranya belum tertarik untuk mencoba menjadi freelancer karena beberapa kendala seperti belum ada keahlian atau belum bisa mengatur waktu dengan baik maka kamu maka kamu bisa mencari alternatif lain seperti investasi.

Investasi yang murah, mudah, dan halal yang bisa kamu coba adalah investasi di P2P lending syariah. Sejauh ini salah satu startup yang memiliki sistem P2P lending syariah adalah Qazwa.

Platform investasi ini menawarkan investasi dengan modal yang tidak akan membuat kantong bolong, karena kamu cukup memberikan modal investasi minimal Rp100.000.

Keuntungan atau return investasi yang ditawarkan bisa mencapai 24%.

Dengan demikian, kamu bisa mencoba investasi di P2P lending syariah sebagai alternatifmu selain kerja freelance.

Kesimpulan

Itulah penjelasan terkait kerja freelance yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa mencoba pekerjaan ini jikalau kamu memang tipe orang yang suka bekerja dalam kebebasan tanpa diatur oleh waktu dan peraturan yang ketat sebagaimana pekerja kantor.

Jika kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.