Keutamaan Bulan Ramadhan dan Bagaimana Cara Menyambutnya

0
428
keutamaan bulan ramadhan

Tidak terasa sekitar satu bulan lagi kita akan memasuki bulan yang penuh keberkahan yaitu bulan Ramadhan. Ada banyak keutamaan bulan Ramadhan yang perlu diketahui oleh umat Islam.

Mengapa harus mengetahui keutamaan?

Dengan mengetahui keutamaan, siapapun yang akan menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan akan lebih bersemangat karena ada sesuatu yang dikejar.

Sehingga menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban.

Coba bayangkan ketika seseorang tidak mengetahui keutamaan amalan yang ia kerjakan. Alhasil pengerjaan amalan tersebut hanya sekedar untuk menunaikan kewajiban.

Sayang, bukan?

Lalu, apa saja keutamaan yang bisa diraih pada Bulan Ramadhan?

Keutamaan Bulan Ramadhan
sumber: google.com

Meraih Ampunan Tanpa Batas

Salah satu keutamaan bulan ramadhan yang sangat menggiurkan tentunya bagi umat Islam adalah adanya ampunan tanpa batas dari Allah SWT.

Allah menjanjikan ampunan yang tiada batas bagi orang yang bermuhasabah dan bertaubat memohon ampunan kepada Allah SWT.

Dalam hadistnya, Rasulullah SAW bersabda, ” Man shoma romadhona imanan wahtisaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih

Artinya, barang siapa yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka semua dosanya yang lalu akan diampuni.

Ustadz Adi Hidayat,Lc.MA menjelaskan arti kata shoma dalam hadist tersebut merujuk pada waktu yaitu siang hari.

Tidak cukup siang hari, malamnya juga Allah berikan ampunan bagi mereka yang mau bermuhasabah dan bertaubat kepada Allah.

Hadist Nabi SAW, Rasulullah SAW bersabda, “Man qoma romadhona imanan wahtisaban ghofiro lahu ma taqoddama min dzambihi.”

Artinya, barangsiapa melakukan Shalat Tarawih dengan rasa iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lewat.

Ustadz Adi Hidayat,Lc,MA juga turut menjelaskan bahwa arti dari qoma merujuk pada waktu malam.

Jadi kalau shoma merujuk pada waktu siang dimana orang-orang berpuasa dan qoma merujuk pada waktu malam dimana orang-orang melaksanakan ibadah malam yaitu sholat tarawih.

Ketika seseorang melaksanakan tarawih kemudian di setiap raka’atnya ia melakukan muhasabah dan memohon ampunan kepada Allah SWT maka ampunan akan diberikan pada orang tersebut.

Baca Juga: Sholat Taubat (Tata Cara dan Waktu yang Tepat)

Pahala yang Berlipat Ganda

Keutamaan Bulan Ramadhan yang kedua adalah adanya pahala yang berlipat ganda. Pahala tersebut bahkan setara dengan 1000 bulan atau bila dikonversi ke tahun yaitu setara 83 tahun.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Qadr,

(1) إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ

(2) وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ

(3) لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

(4) تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

(5) سَلَٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ ٱلْفَجْرِ

Artinya,

Sesunguhnya kami telah menurunkanya (Al-Qur’an) pada malam qadr (kemulian) (1) Dan tahukah kamu apakah malam qadr itu? (2) Malam qadr itu lebih baik dari seribu bulan (3). Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (jibril) dengan izin tuhanya untuk mengatur semua urusan (4). Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar (5).

Umumnya amal shalih yang kita lakukan di bulan selain ramadhan bernilai 10 kebaikan. Seperti halnya ketika membaca Al-Qur’an.

Man Qara’a Harfan Min Kitabillahi Falahu Bihi Hasanah, Wal Hasanatubi Asyri Amtsaliha , La Aqulu Alif Lam Mim Harfun, Wala Kin Alifun Harfun, Walaamun Harfun, Wamiimun Harfun.

Artinya,

Barang siapa yang membaca 1 huruf saja dari kitab Allah ( Al-Qur’an ) maka baginya 1 kebajikan, dan 1 kebajikan itu akan dilipatgandakan menjadi 10 kebajikan, aku tidak berkata Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruf, Lam itu satu huruf, dan Mim itu satu huruf 

Lalu, bagaimana dengan Bulan Ramadhan? Yang jelas pahalanya lebih dari 10. Dilipatgandakan dengan jumlah yang tak terhitung. Maka sayang bila Ramadhan tidak dimaksimalkan dengan amal shalih yang banyak.

Dalam firman Allah tersebut dalam QS. Al-Qadr, tidak hanya pahala yang dilipatgandakan tetapi juga bulan turunnya malam mulia yaitu lailatul qadar. Oleh sebab itu, ada amalan yang bisa dikerjakan untuk meraih itu yaitu itikaf.

Bulan dikabulkannya Segala Doa

Siapa sih yang doanya tidak ingin dikabulkan. Setiap orang pasti memiliki hajat. Satu orang dengan orang lain memiliki hajat yang berbeda.

Hajat tersebut biasanya selalu dihadirkan pada setiap doa yang dilafadzkan setelah sholat. Sambil berikhtiar orang tersebut akan selalu menunggu kapan kiranya hajat atau doa tersebut dikabulkan.

Nah, di Bulan Ramadhan ada satu keutamaan yaitu setiap hajat atau doa pasti dikabulkan.

Sebagaimana tercantum dalam hadist Nabi SAW. Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

Artinya,

Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar, dari Jabir bin ‘Abdillah. Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (10/149) mengatakan bahwa perowinya tsiqoh (terpercaya). Lihat Jaami’ul Ahadits, 9/224.)

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan sebelum Shubuh

Keutamaan Bulan Ramadhan
sumber: google.com

Persiapan Menghadapi Bulan Ramadhan

Selain mengetahui apa saja keutamaannya untuk menyambut bulan ramadhan kamu harus memiliki beberapa persiapan.

Kalau ada tamu yang hadir pasti kamu akan mempersiapkan banyak hal, bukan? Dan persiapan tersebut tentulah persiapan yang terbaik.

Nah, ini yang datang tamunya adalah Bulan Ramadhan. Tentu persiapannya juga harus yang terbaik. Apa saja persiapan tersebut?

Pertama, banyak-banyak melakukan puasa. Amalan wajib yang dilakukan di Bulan Ramadhan adalah melaksanakan puasa.

Agar kamu terbiasa untuk melaksanakan puasa di bulan tersebut maka kamu harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak puasa di bulan sebelumnya yaitu rajab dan sya’ban.

Baca Juga: Serba-Serbi Puasa Rajab yang Perlu diketahui

Kedua, memperbanyak membaca Al-Qur’an. Bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Al-Qur’an. Salah satu amalan yang dilipatgandakan adalah amalan membaca Al-Qur’an.

Maka mulai sebelum Ramadhan biasakanlah untuk membaca Al-Qur’an. Sedikit-dikit saja dulu yang penting istiqomah.

Ketiga, menjaga fisik. Tentunya kamu tidak ingin kan menyambut tamu dalam keadaan sakit? Begitupun ketika Ramadhan tiba. Pastikan bahwa fisikmu sehat sejahtera. Sehingga Bulan Ramadhan bisa kamu sambut dengan suka cita dan dengan fisik yang bugar.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang keutamaan Bulan Ramadhan dan cara untuk menyambutnya. Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan ini. Persiapkanlah dirimu untuk menyambut bulan ini dengan sebaik-baiknya.

Kita sudah mengetahui keutamaannya dan ini seharusnya bisa menjadi motivasi untuk semangat mengerjakan berbagai amalann di Bulan Ramadhan.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here